Comscore Tracker

Gak Harus Tunggu Kaya, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bikin Orangtua Bangga

#IDNTimesLife Meski simpel, pasti mereka bangga padamu

Udah gak terhitung berapa banyak pengorbanan yang telah dilakukan oleh orangtuamu. Dan, sebagai anak yang baik, pasti ingin sekali membuat mereka bangga, kan?

Banyak yang berpikir bahwa untuk membuat orangtua bangga dan bahagia, adalah dengan menjadikan dirimu kaya raya dulu. Padahal gak harus gitu, lho. Dengan melakukan hal-hal berikut ini, sudah bisa, kok, bikin orangtuamu bangga. Yuk, simak pembahasannya!

1. Menjadi pribadi mandiri

Gak Harus Tunggu Kaya, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bikin Orangtua Banggailustrasi barista (pexels.com/cottonbro)

Satu hal yang bisa bikin orangtuamu bangga dan tenang, yakni saat melihatmu bisa mandiri. Gak harus nunggu punya rumah atau mobil dulu, kok. Sudah punya gaji, sehingga bisa memenuhi kebutuhan pribadimu saja, mereka sudah senang.

Makanya, kamu jangan bermalas-malasan. Jangan jadikan kondisi pandemik sebagai alasan untuk menyerah pada keadaan. Kalau kamu terus berusaha melamar pekerjaan, pasti bakal ada yang nyangkut. Kamu juga bisa mulai berjualan kecil-kecilan sesuai dengan hobi kamu. Jangan letih berusaha dan berdoa, ya!

2. Memiliki pertemanan yang baik

Gak Harus Tunggu Kaya, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bikin Orangtua Banggailustrasi anak perempuan sedang belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski kamu sudah dewasa, bahkan sudah berkeluarga pun, tetap saja orangtua akan mengkhawatirkanmu. Karena itulah, hati mereka ketar-ketir kalau melihatmu salah pergaulan.

Bila dilihat kamu punya teman-teman yang baik, bahkan membuatmu berubah ke arah lebih baik. Misalnya saja, dulunya kamu malas ibadah, sekarang jadi rajin. Atau dulunya kamu cuma hobi rebahan, sekarang jadi giat. Wah, itu benar-benar bikin mereka bahagia, lho!

3. Menemani mereka

Gak Harus Tunggu Kaya, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bikin Orangtua Banggailustrasi orang tua (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Beneran, deh, hal simpel seperti menemani atau mengantar mereka saat pergi, misalnya ke pasar, itu sudah bikin orangtua bangga. Karena gak semua anak mau melakukan hal itu.

Ada banyak contohnya, semakin dewasa, anak menjadi semakin jauh dari orangtua. Alasan sibuk, atau malu jika dibilang anak mami. Makanya, saat kamu gak gengsi untuk sekadar menemani mereka, perbuatan itu sangatlah berarti.

Baca Juga: Beranjak Remaja, 5 Sikapmu Ini Bikin Orangtua Pusing Tujuh Keliling

4. Saat kamu mendengarkan nasihat mereka

Gak Harus Tunggu Kaya, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bikin Orangtua Banggailustrasi anak dan ibu (pexels.com/@olly)

Orangtuamu mungkin tak sampai tamat mengenyam bangku pendidikan. Akan tetapi, bukan berarti pengetahuan mereka kalah dengan kamu yang bertitel sarjana. Karena mereka, sudah banyak makan asam garam kehidupan, ada banyak pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari nasihat-nasihat mereka.

Saat kamu benar-benar mendengarkan petuah mereka, dan mengaplikasikannya, itu bikin hati mereka sangat bangga, lho. Mereka akan berpikir, anaknya yang pintar ini, ternyata mau mendengarkan nasihat orangtuanya yang gak ‘makan’ bangku sekolahan. Bukti, kalau mereka telah membesarkan anak yang rendah hati.

5. Hubungan dengan saudara-saudaramu berjalan dengan baik

Gak Harus Tunggu Kaya, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bikin Orangtua Banggailustrasi saudara (pexels.com/Саша Лазарев)

Gak semua hubungan kakak beradik bisa berjalan dengan harmonis. Dan hal inilah yang kerap jadi sumber kekhawatiran orangtua.

Begitu senangnya mereka, ketika melihat kamu dan saudara-saudaramu bisa akur. Meski sesekali bertengkar, tapi pasti akan langsung diselesaikan. Itu adalah hadiah besar di masa tua mereka.

Dari uraian tadi, sekarang kita jadi sama-sama sadar, bahwa untuk menyenangkan orangtua gak harus tunggu sampai kamu kaya raya dulu. Dengan melakukan hal-hal tadi, itu sudah cukup bagi mereka. Siap mencoba?

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super Protektif

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya