Comscore Tracker

5 Cara Elegan Menyikapi Desakan Keluarga untuk Segera Menikah

Mereka hanya ingin melihatmu bahagia

Sebagai orangtua tentu sangatlah wajar ingin melihat anaknya memiliki pasangan. Melihatmu punya partner yang bisa menemani sisa hidup bersama membuat mereka tenang.

Namun, sayangnya tiap orang punya kenyamanan sendiri-sendiri. Sekalipun orangtua menganggap usiamu telah matang untuk berumah tangga, tapi kamu sendiri masih belum siap atau ada keinginan untuk menikmati status melajang terlebih dahulu.

Supaya perbedaan kehendak antara kamu dan orangtua gak menimbulkan friksi di hubungan kalian, ada beberapa cara elegan menyikapi desakan orangtua untuk segera menikah. Apa saja?

1. Pastikan bahwa ini memang pilihanmu

5 Cara Elegan Menyikapi Desakan Keluarga untuk Segera Menikahilustrasi memilih (pexels.com/Pixabay)

Sebelum meyakinkan orangtua kalau kamu masih ingin sendiri dulu, pastikan bahwa keputusan ini memang pilihanmu. Usahakan ada alasan yang jelas kenapa kamu belum ingin buru-buru menikah.

Apakah itu masih trauma dengan hubungan yang pernah gagal, sehingga butuh waktu memulihkan diri? Atau bisa pula ada impian yang ingin sekali kamu raih, sehingga masih sulit untuk membagi waktu dan berkomitmen di hubungan pernikahan.

Kenapa poin ini penting? Jangan sampai saat ini kamu berusaha menolak untuk segera menikah, tapi nanti jadi menyesal ketika melihat teman-teman yang seumuran sudah berumah tangga semua, sementara kamu masih sendiri.

2. Jelaskan dengan baik pada orangtua

5 Cara Elegan Menyikapi Desakan Keluarga untuk Segera Menikahilustrasi pengantin perempuan dan kedua orangtua (pexels.com/Rayhan Firmansyah)

Kendati sikap orangtua yang terkesan mendesak supaya kamu nikah buru-buru bikin kamu stres, tapi ingat kembali kalau itu mereka lakukan demi niat baik. Dengan mengingatnya, setidaknya bisa meredam emosi dan kamu pun dapat menjelaskan baik-baik pada orangtua mengenai keputusanmu.

Ungkapkan alasan kenapa kamu masih nyaman sendiri. Bila memang niatan orangtuamu baik, pasti mereka akan bisa lapang dada menerima keputusanmu, selama hal itu bikin kamu bahagia.

Baca Juga: 8 Pertanyaan Wajib Sebelum Menikah untuk Calon Suami

3. Tetap teguh dengan pendirianmu

5 Cara Elegan Menyikapi Desakan Keluarga untuk Segera Menikahilustrasi tatapan perempuan (pexels.com/Thegiansepillo)

Namanya juga berbeda pandangan, pasti orangtuamu akan berusaha memenangkan argumen supaya bisa melihat kalau segera menikah itu merupakan keputusan terbaik. Namun, kendati mereka orangtua yang sudah berkorban banyak untuk membesarkanmu, tetap saja hidupmu adalah tanggung jawab dirimu sendiri.

Bila memang kamu masih belum sreg untuk segera hidup bersama pasangan, maka tetaplah teguh dengan keputusanmu tersebut. Jangan karena merasa gak enak, akhirnya kamu mengalah dan malah bikin hidupmu gak bahagia.

4. Tetap jaga hubungan baik

5 Cara Elegan Menyikapi Desakan Keluarga untuk Segera Menikahilustrasi ibu dan anak (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada sebagian orang yang bisa menerima perbedaan pendapat dengan baik. Namun, ada pula yang butuh waktu untuk menerima keputusan yang berseberangan dengan kehendaknya. Apa pun yang terjadi nanti, ketika kamu berusaha mengomunikasikan ke orangtua, tetap jaga hubungan baik.

Jalin silaturahmi seperti sebelum-sebelumnya. Jangan akibat pendapat kalian berbeda, kamu jadi menghindari orangtua karena merasa lelah dengan pertanyaan-pertanyaannya. Hal itu bikin mereka sedih, lho.

5. Sibukkan diri dan buat dirimu bahagia

5 Cara Elegan Menyikapi Desakan Keluarga untuk Segera Menikahilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seperti telah disinggung sebelumnya, sikap orangtua yang terkadang sampai terkesan memaksa kamu segera menikah, sebenarnya dilatari niatan baik. Mereka ingin melihatmu bahagia.

Oleh sebab itu, bila kamu memang sudah putuskan untuk gak menikah dulu, maka sibukkan diri dengan hal-hal yang memang ingin kamu capai. Hal yang terpenting, bahagiakan diri sendiri sehingga orangtua bisa benar-benar yakin kalau kamu memang happy-happy aja dengan status lajangmu. Mereka pun gak khawatir jadinya.

Desakan orangtua untuk segera menikah memang bisa membuat kamu tertekan. Namun, jangan biarkan hal itu malah merusak hubungan anak dan orangtua. Sikapi dengan cara elegan sehingga hubungan baik kalian tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Adalah Orang yang Labil, Sering Gak Punya Pendirian?  

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya