Comscore Tracker

6 Ciri kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional, Selamat!

Usia matang tak menjamin seseorang sudah dewasa emosional

Selama ini masih banyak orang yang berpikir bahwa dewasa itu diukur dengan usia yang tertera di KTP. Padahal faktanya, kita sering melihat ada orang yang notabene umurnya lebih tua tapi perangainya masih kekanak-kanakan.

Ada pula masih muda, tapi perilakunya begitu matang. Tak mudah marah, apalagi marah dengan meledak-ledak saat mengalami hal yang tidak dia suka.

Di bawah ini akan dikemukakan beberapa tanda seseorang yang sudah dewasa secara emosional. Perhatikan ya, ciri-cirinya!

1. Mampu mengendalikan emosi

6 Ciri kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional, Selamat!pexels.com/@karolina-grabowska

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, orang yang emosionalnya sudah matang, tidak akan bertindak hanya karena emosi sesaat. Akhirnya timbul penyesalan.

Mereka yang telah dewasa dari segi emosi, saat menemukan hal yang tidak sesuai atau mengganggunya, berusaha tetap berkepala dingin sehingga bisa melihat dengan lebih jernih akar permasalahan.

2. Bisa menghargai perbedaan

6 Ciri kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional, Selamat!pexels.com/@shvetsa

Manusia sudah kodratnya diciptakan beragam. Keragaman itulah yang membuat kita kaya. Kaya akan budaya, nilai-nilai sosial, termasuk juga pola pikir.

Orang yang telah dewasa, akan paham hal ini. Tidak menjadikan perbedaan sebagai bahan perdebatan, apalagi permusuhan. Mampu menerima perbedaan dengan lapang dada.

Baca Juga: 6 Tanda Sederhana Kalau Kamu Sudah Jadi Pribadi yang Lebih Dewasa

3. Menerima kritikan

6 Ciri kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional, Selamat!unsplash.com/@headwayio

Orang yang emosionalnya belum matang, sangat anti kritik. Sikap ini terlahir dari keyakinan diri bahwa ia selalu benar sehingga akan mudah tersinggung dan marah apabila ada yang memberinya saran.

4. Tak memedulikan opini orang lain

6 Ciri kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional, Selamat!unsplash.com/@emilegt

Setiap kita bertanggung jawab terhadap nasib kita sendiri. Oleh sebab itu, mereka yang sudah dewasa emosionalnya, menjalani hidup menurut standarnya sendiri, bukan standar orang lain.

Apabila dia yakin yang dijalaninya itu terbaik, ia tetap kukuh, meski ditentang sana-sini. Tidak plin plan dan hanya mengikuti arus orang banyak.

5. Berani mengaku saat salah

6 Ciri kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional, Selamat!unsplash.com/@elijahhenderson

Mengakui kesalahan tak berarti kalah. Hal ini disadari oleh mereka yang telah matang sisi emosionalnya. Karena itu ketika berbuat salah, akan dengan besar hati mengakuinya, dan tidak sibuk menyalah-nyalahkan orang lain atau faktor eksternal.

6. Mampu memaafkan

6 Ciri kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional, Selamat!unsplash.com/@riccardomion

Mereka yang sudah dewasa secara emosional, lebih memilih memaafkan saat disakiti orang lain daripada menyimpan dendam. Baginya, dendam hanya akan membuatnya tidak produktif. Selalu memikirkan bagaimana membalas tindakan orang lain, sampai-sampai ia pun lupa impian dan cita-citanya sendiri.

Nah, setelah membaca paparan di atas, adakah ciri-ciri dewasa emosional sudah kamu miliki?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang Lain

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya