Comscore Tracker

5 Hak dalam Hubungan yang Wajib Kamu Dapat, Jangan Turunkan Standar!

#IDNTimesLife Pastikan pasangan telah memenuhi hakmu ini

Penyebab kamu terus bertahan di hubungan yang toksik, bahkan menoleransi sikapnya yang sudah sering melakukan kekerasan fisik, bisa disebabkan karena kamu belum tahu hak-hak dasar apa saja yang mestinya kamu dapat dalam hubungan. Padahal, untuk memenuhi hak ini, gak memerlukan effort besar, kok.

Dengan mengetahui ketika hak-hakmu dalam hubungan telah dilanggar, kamu jadi mampu bersikap tegas pada pasangan. Sekaligus memberimu gambaran, apakah dia sosok pasangan yang tepat atau nggak. Ini dia beberapa hak dasar dalam hubungan yang wajib kamu dapat!

1. Hak untuk dihargai pasangan

5 Hak dalam Hubungan yang Wajib Kamu Dapat, Jangan Turunkan Standar!ilustrasi pasangan (pexels.com/Helena Lopes)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghargai seseorang. Misalnya saja, dengan bertutur kata dan berperilaku sopan, atau mengucapkan terima kasih ketika kamu menolongnya atau memberinya sesuatu. Gak sulit, kan?

Maka dari itu, kalau sampai ada pasangan yang berlaku kasar, mengataimu dengan kata-kata kotor saat sedang bertengkar, sering membentak, padahal orangtuamu saja gak pernah melakukan itu. Hal itu pertanda, kalau dia sudah melanggar hakmu dalam berhubungan, dan bukan ciri pasangan yang baik.

2. Hak untuk beropini

5 Hak dalam Hubungan yang Wajib Kamu Dapat, Jangan Turunkan Standar!ilustrasi pasangan jalan berdua (unsplash.com/joyce huis)

Banyak orang yang bisa lebih terbuka pada teman-temannya, dibanding dengan pasangan sendiri. Giliran berhadapan dengan pasangan, selalu merasa tertekan dan gak bisa bebas beropini.

Ternyata, hal itu disebabkan ketika mendapati opinimu berbeda dengannya, reaksi pasangan benar-benar menyakitkan. Meremehkanmu, mengataimu bodoh, atau mengabaikan sama sekali alias dicuekin. Itu berarti, dia tipe pasangan yang egois dan gak bisa menerima perbedaan.

Padahal, negara aja sudah menjamin kebebasan dalam berpendapat. Masa, dia penginnya selalu benar. Emangnya dia siapa?

3. Hak untuk bisa mempercayainya

5 Hak dalam Hubungan yang Wajib Kamu Dapat, Jangan Turunkan Standar!ilustrasi wanita merenung (pexels.com/BARBARA RIBEIRO)

Gimana kamu bisa percaya padanya, kalau tiap ditanya, selalu jawabannya bohong. Yang bikin geregetan, kebohongannya itu dibalut sedemikian rupa, sampai kamu pun akhirnya memaklumi sikapnya yang hobi tipu-tipu.

Harus ada ketegasan dalam menghadapi tipe pasangan seperti ini. Karena itu hak dasarmu, lho, untuk bisa mempercayai pasanganmu sendiri. Kalau memang gak bisa terpenuhi, buat apa terus menjalin hubungan yang sama sekali gak ada rasa saling percaya akibat dia sering membual?

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Gak Berkembang Meski Sudah Lama Pacaran

4. Hak untuk merasa bebas dalam menjalani hubungan

5 Hak dalam Hubungan yang Wajib Kamu Dapat, Jangan Turunkan Standar!ilustrasi wanita tanpa senyum (unsplash.com/Riccardo Mion)

Kalau asmara yang sedang kamu jalani ternyata membuatmu harus selalu berhati-hati, berarti ada sesuatu yang gak benar. Karena sejatinya, hubungan yang sehat itu membuatmu bisa bebas bersikap dan jadi diri sendiri.

Akibat dia sering mengatur, atau ngamuk parah ketika kamu melakukan hal gak sesuai dengan standarnya, membuatmu jadi sering serba salah. Mau begini begitu, takutnya dia marah. Kamu jadi gak merasa aman berada di dekatnya.

5. Hak untuk tetap memilih keputusan sendiri

5 Hak dalam Hubungan yang Wajib Kamu Dapat, Jangan Turunkan Standar!ilustrasi di tengah hutan (pexels.com/Oziel Gómez)

Jangan terpesona dengan sosok pasangan yang hobi ngatur-ngatur. Karena hal demikian pertanda, bahwa dia sudah melewati batas dalam hubungan.

Walaupun kamu pasangannya, gak berarti kamu jadi robot yang bisa disetel semaunya. Kamu tetap berhak untuk bisa memilih keputusanmu sendiri. Lha, Tuhan sudah menganugerahimu akal pikiran, kok. Kalau gak dipakai untuk memikirkan dan memutuskan pilihan-pilihan hidup, terus buat apa?

Dengan mengetahui hak dasar yang wajib kamu peroleh dalam hubungan, semoga bisa membuka pikiran mengenai perlakuan pasanganmu selama ini. Bila ternyata sikapnya sudah melanggar hak-hak tadi, kamu jadi yakin bahwa dia bukanlah pasangan yang layak dipertahankan.

Gak perlu takut mengakhiri hubungan dengan pasangan, yang gak bisa memberimu poin-poin tadi. Kamu berharga dan layak mendapatkan yang lebih baik darinya. Jangan turunkan standar!

Baca Juga: 5 Alasan Friend Zone Kadang Lebih Baik dari Hubungan Pacaran

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya