Comscore Tracker

6 Hal yang Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah Telah Melakukannya

Tujuan hidupmu bukan untuk menyenangkan semua orang, kok!

Meminta maaf ketika kamu melakukan salah, dan timbul rasa bersalah setelahnya memang wajar. Yang tidak wajar, ketika hal yang sebenarnya sah-sah saja kamu lakukan, tapi membuatmu merasa bersalah.

Seperti beberapa hal berikut ini. Kamu gak perlu merasa bersalah ketika memutuskan sesuatu yang bisa jadi tak disenangi orang lain. Karena tujuanmu hidup di dunia ini bukan menyenangkan semua orang. Gak bakal mungkin!

Supaya bisa mengurangi beban yang kamu tanggung karena sudah merasa bersalah pada hal-hal yang gak perlu. Yuk, kita ulik hal-hal apa saja yang boleh-boleh saja kamu lakukan tanpa harus merasa bersalah!

1. Menolak ajakan untuk sosialisasi

6 Hal yang Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah Telah Melakukannyailustrasi membaca buku (pexels.com/Los Muertos Crew)

Setiap orang butuh waktu menyendiri untuk memulihkan diri. Oleh sebab itu, jangan bikin stres dirimu dengan merasa bersalah ketika menolak ajakan bersosialisasi.

Kamu gak harus punya agenda acara dengan keluarga, untuk menolak ajakan teman untuk hangout bersama mereka, agar alasannya lebih bisa diterima. Sah-sah saja, kalau kamu menolak berkumpul dengan mereka, karena kamu sekadar ingin diam di rumah sambil selonjoran baca buku ditemani teh hangat. Itu hakmu!

2. Menolak permintaan orang lain

6 Hal yang Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah Telah Melakukannyailustrasi menolak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Walaupun menolong orang itu baik, tapi ada kalanya kamu memang harus berkata tidak. Selama hal tersebut untuk melindungi dirimu sendiri, maka gak perlu merasa jadi manusia jahat karena sudah menolak permintaan tolong dari orang lain.

Kamu pasti tahu, saat dirimu dimanfaatkan, atau ketika kamu memang gak bisa melakukan, karena sudah lelah dan butuh istirahat. Di situlah hakmu untuk berkata tidak. Kalau dia marah, ya bodo amat. Terkadang, buat orang-orang yang gak tahu diri, memang kudu disikapi dengan tegas.

Baca Juga: 5 Tindakan Agar Hidupmu Gak Dihantui Rasa Bersalah

3. Ambil cuti buat liburan

6 Hal yang Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah Telah Melakukannyailustrasi pria mengambil foto (pexels.com/Hassan OUAJBIR)

Kerja keras harus, tapi jangan sampai kena penyakit tifus akibat gak cukup istirahat. Hal tersebut sama saja sudah menzalimi dirimu sendiri karena sudah memaksa jiwa raga untuk terus bekerja.

Kamu gak perlu merasa bersalah untuk ambil cuti buat liburan jika selama ini akhir pekanmu selalu terpakai lembur. Nantinya juga bermanfaat buat perusahaan, kok. Pikiranmu segar, fisikmu bugar, kerja pun jadi produktif.

4. Gak langsung membalas pesan

6 Hal yang Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah Telah Melakukannyailustrasi pria melihat HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak semua orang bisa punya waktu leyeh-leyeh dan seharian hanya mantengin HP. Ada banyak orang yang saking sibuk, sampai lupa HP diletakkan di mana. Yang paling tahu kondisimu adalah dirimu sendiri. Jadi, gak perlu merasa gak enak hati ketika kamu sering lama dalam membalas pesan.

5. Bersikap jujur pada orang lain yang sudah menyakitimu

6 Hal yang Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah Telah Melakukannyailustrasi teman bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Ada sebagian orang yang lebih memilih diam ketika disakiti, tapi ada lagi yang memilih melakukan konfrontasi langsung. Untuk yang terakhir ini, sah-sah saja kamu lakukan, lho!

Selama penyampaiannya dengan baik, tanpa marah-marah, kamu gak perlu merasa bersalah sudah frontal ke orang lain yang sudah menyinggungmu. Kalau dia jadi malah mengamuk dan gak terima, setidaknya kamu sudah berhasil mengaudit mana saja orang yang gak layak jadi orang dekatmu.

6. Pilihan kehidupan pribadimu

6 Hal yang Gak Perlu Membuatmu Merasa Bersalah Telah Melakukannyailustrasi pasangan (pexels.com/Trần Long)

Kalau banyak orang yang sudah menikah langsung memutuskan punya momongan, gak masalah buatmu. Tapi ketika kamu dan pasangan mengambil pilihan sebaliknya, yakni menunda dulu, maka gak perlu merasa bersalah.

Setiap orang punya pertimbangan sendiri-sendiri, kok. Kalau ada yang mencibir, abaikan saja. Yang penting kamu dan pasangan bahagia. Itu yang utama!

Menjadi bagian dari lingkaran sosial, terkadang memang menyusahkan. Saat kamu melakukan hal-hal yang di luar ekspektasi banyak orang, jadi sering dianggap aneh atau gak wajar. Dan ini, yang kerap membuatmu jadi merasa bersalah.

 

Kalau terus begitu, kamu jadi gak bahagia. Hidup jadi didikte orang. Oleh sebab itu, untuk hal-hal yang sudah diuraikan di atas, disikapi dengan santai saja, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Wajar tapi Sering Bikin Kamu Merasa Bersalah ke Diri Sendiri

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya