Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Buktikan Kamu Punya Attitude, Gak Minta Harga Teman!

Beberapa hal sepele ini penting untuk kamu miliki

Seseorang itu dinilai tak hanya dari rupa fisik saja. Tapi juga dari perilaku sehari-harinya. Percuma kalau kamu tampan atau cantik, tapi attitude-nya nol besar.

Memperlakukan orang lain dengan pilih-pilih, kasar ketika berhadapan dengan orang yang statusnya berada di bawah kamu, adalah sedikit contoh orang yang tak punya attitude.

Kamu tak harus melakukan hal luar biasa, kok, untuk menunjukkan kalau kamu itu punya attitude. Dari hal-hal sederhana ini saja, bisa ketahuan kamu itu kece luar dalam. Yuk, kita cek sama-sama, apa aja sih hal sederhana tersebut.

1. Kamu nggak pernah minta harga teman

5 Hal Sepele yang Buktikan Kamu Punya Attitude, Gak Minta Harga Teman!pexels.com/@amina-filkins

Masih banyak yang salah kaprah kalau teman berbisnis, maka harusnya mendapat harga diskon, atau istilahnya ‘harga teman’. Cara pandang inilah yang kerap membuat usaha yang dilakukan seseorang itu bangkrut atau sulit maju. Apalagi buat yang modalnya terbatas.

Menawarkan ke teman, bukannya untung malah buntung karena minta diskon gila-gilaan. Lha, kalau dikasih diskon besar, dia untungnya dari mana?

Tapi kamu gak begitu. Kamu sadar, jika kamu adalah teman sejati, maka harusnya bantu usaha temanmu dengan membeli sesuai dengan harganya. Itu minimal! Kalau ada rezeki lebih, malah lebih bagus lagi, kamu melebihkan pembayarannya. Hitung-hitung jadi penyemangat temanmu yang sedang merintis usaha. Betul begitu?

2. Saat teman sedang ngobrol, nggak main HP

5 Hal Sepele yang Buktikan Kamu Punya Attitude, Gak Minta Harga Teman!pexels.com/@gabby-k

Hal sederhana lain yang menunjukkan kalau kamu punya attitude, ketika ada yang sedang bicara, kamu gak malah sibuk main HP. HP kamu letakkan dulu, dan kamu fokus pada lawan bicaramu. Mendengarkannya dengan sungguh-sungguh dan memberinya pendapat ketika diminta olehnya.

Baca Juga: 5 Attitude Sederhana yang Justru Penting Diterapkan Dalam Pertemananmu

3. Saat pinjam HP teman, kamu tahu diri

5 Hal Sepele yang Buktikan Kamu Punya Attitude, Gak Minta Harga Teman!pexels.com/@edmond-dantes

Ada kalanya HP kamu tak bisa digunakan, karena baterai habis misalnya. Tentunya kamu pun pinjam HP teman.

Kalau kamu ber-attitude, kamu akan tahu diri untuk nggak geser kiri-kanan HP temanmu, atau membaca pesan-pesannya. Itu melanggar privasi orang, lho!

Dan jika kamu menumpang hotspot, kamu gak memanfaatkan untuk menonton video yang memakan kuota besar. Simpel, kan? Tapi cuma orang yang berakhlak yang akan melakukan ini, lho!

4. Saat meminjam sesuatu, segera dikembalikan

5 Hal Sepele yang Buktikan Kamu Punya Attitude, Gak Minta Harga Teman!pexels.com/Cleyder Duque

Ketika kamu meminjam sesuatu, baik itu berupa barang, apalagi uang, kamu berusaha mengembalikannya dengan tepat waktu sesuai yang kamu janjikan. Kamu bukan tipe orang yang meminjam, tapi gak dibalikin sampai tahunan, hingga berasa barang itu milikmu sendiri. Nope! Kamu jauh-jauh deh dari sikap seperti itu.

5. Kamu berusaha tak merepotkan orang

5 Hal Sepele yang Buktikan Kamu Punya Attitude, Gak Minta Harga Teman!pexels.com/@officialflavio

Tanda sederhana lain kalau kamu punya attitude yang patut diacungi jempol, keenggananmu untuk merepotkan orang lain. Kamu melatih diri untuk mandiri, dan terbiasa ketika menemui kesulitan, berusaha memecahkannya sendiri dulu, baru kalau mentok, minta tolong orang lain. Bukan tipe yang sebentar-sebentar minta tolong, padahal sebenarnya dia bisa melakukan itu, kalau niat mencari tahu caranya.

 

Bersyukurlah jika sikap-sikap di atas telah kamu jalani selama ini. Tandanya, kamu punya attitude yang patut diapresiasi!

Baca Juga: Bikin Orang Bete, Ini 5 Tanda Kamu Punya Attitude yang Buruk

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya