Comscore Tracker

Meski Sakit Tak Berdarah, 5 Hal Ini Jadi Guru Terbaik Kehidupanmu

Jangan lihat sakitnya aja, tapi renungkan hikmahnya!

Hidup memang senantiasa memberi dua sisi. Ada bahagia dan juga derita. Ada miskin, ada pula yang kaya. Ada cinta, ada pula patah hati, dan sudah sifatnya manusia ingin yang enak-enak saja.

Namun, gak selamanya hal yang bikin kamu sakit tak berdarah itu buruk. Bila mau jujur, ternyata justru sesuatu yang bikin kamu gak nyaman, marah, atau sedih, bisa menjadi guru terbaik kehidupanmu, lho. Kok, bisa?

1. Kesempatan yang lewat

Meski Sakit Tak Berdarah, 5 Hal Ini Jadi Guru Terbaik Kehidupanmuilustrasi merenung sambil mendengarkan musik (pexels.com/Thirdman)

Kesempatan sangatlah berharga. Sayangnya, gak semua orang sadar dengan nilai sebuah peluang. Itulah kenapa gak sedikit orang yang melewatkan kesempatan begitu saja.

Saat memiliki pekerjaan disia-siakan begitu saja. Tiap hari ada saja yang dikeluhkan. Bekerja asal-asalan, datang selalu telat, tapi giliran gajian semangat. Perusahaan mana yang bakal tahan dengan attitude karyawan seperti itu?

Setelah kena PHK barulah sadar kalau pekerjaan yang kemarin sering dikomentari negatif ternyata berharga banget. Baru kerasa setelah mengalami sendiri bagaimana susahnya mencari pekerjaan saat ini. Sayang, waktu tidak bisa diulang kembali.

2. Terbaring sakit

Meski Sakit Tak Berdarah, 5 Hal Ini Jadi Guru Terbaik Kehidupanmuilustrasi infus (pexels.com/Anna Shvets)

Gak ada satu pun orang yang senang terbaring sakit. Namun, terkadang Tuhan harus "menyentil" kamu dulu supaya sadar akan berharganya nikmat sehat. Saat sehat, banyak kebiasaan buruk yang dilakukan. Makan sembarangan, merokok gak kenal batas, dan berbagai gaya hidup merusak kesehatan lainnya.

Dengan merasakan sendiri gimana menderitanya saat sakit, setidaknya kamu jadi paham betapa kesehatan itu mesti dijaga baik-baik. Banyak hal yang gak bisa kamu lakukan akibat kondisi fisik gak baik-baik saja. Maka dari itu, ketika sembuh kebiasaan-kebiasaan buruk yang lalu mesti dibuang jauh-jauh.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu sedang Terjebak Ekspektasi Sendiri, Sering Kecewa!

3. Ditolak perusahaan

Meski Sakit Tak Berdarah, 5 Hal Ini Jadi Guru Terbaik Kehidupanmuilustrasi pria bersedih (pexels.com/Alex Green)

Hati siapa yang gak akan sedih ketika kamu membutuhkan pekerjaan, tapi lamaranmu berkali-kali ditolak? Wajar, kok, kalau kamu merasa kecewa. Namun, sedihnya jangan lama-lama, ya.

Dari penolakan tersebut, setidaknya kamu bisa belajar untuk lebih baik lagi. Bisa jadi surat lamaranmu mesti diperbaiki, kemampuan wawancaramu mesti ditingkatkan, dan banyak hal lainnya.

Ditolak perusahaan juga bisa memberimu pelajaran penting lain. Ketika nanti kamu diterima kerja, setidaknya kamu jadi bisa lebih mensyukurinya. Susah, lho, untuk mendapat posisi yang sudah kamu miliki ini. Maka dari itu kerjalah dengan baik dan berikan performa maksimal. Gak hanya bikin atasan senang, kamu pun pasti puas dengan hasil pekerjaan yang bagus.

4. Putus cinta

Meski Sakit Tak Berdarah, 5 Hal Ini Jadi Guru Terbaik Kehidupanmuilustrasi pasangan (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Cinta memang bisa membuat kamu bahagia bukan kepalang. Tapi, bisa juga membuatmu menderita sampai hati rasanya tersayat-sayat. Itu terjadi ketika hubungan asmaramu gagal.

Meski sakit tak berdarah, bagaimanapun kamu mesti move on. Apa yang kamu rasakan saat ini setidaknya memberimu pelajaran hidup, yaitu semua hal yang bisa membuatmu bahagia mesti diperjuangkan dan dirawat. Kegagalan cinta yang lalu dapat memberimu hikmah bagaimana cara merawat cinta agar hubungan asmara kekal nantinya.

5. Gak punya uang

Meski Sakit Tak Berdarah, 5 Hal Ini Jadi Guru Terbaik Kehidupanmuilustrasi dompet kosong (pexels.com/Nicola Barts)

Ada sebagian orang yang dilahirkan dengan privilege berupa orangtua kaya raya sehingga gak merasakan hidup susah. Namun, ada sebagian pula yang harus "kenyang" dengan makan seadanya dan bersahabat dengan kondisi dompet yang kosong melompong.

Gak perlu berkecil hati bila saat ini kondisi finansialmu berantakan. Situasi ini hanya sementara, kok. Selama kamu terus berusaha dan berdoa, masa kelimpahan itu pasti akan tiba. Saat itu, setidaknya masa-masa susah sekarang bisa mengingatkanmu untuk senantiasa bersyukur dan rendah hati. Sebab kamu dulunya pernah berada di situasi kekurangan.

Hal-hal tadi meski gak menyenangkan dan bikin sakit hati, tapi bila kamu mau merenungkannya ternyata mempunyai banyak hikmah. Justru hal-hal yang menyakitkan tadi menjadi guru terbaik untuk menjalani kehidupanmu dengan lebih bijaksana.

Baca Juga: 5 Etika jika Seseorang Ingin Berbuat Baik Padamu, Jangan Ditolak, Ya!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya