Comscore Tracker

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!

#IDNTimesLife Salah satunya gak boleh minta ‘harga teman’

Manusia merupakan makhluk sosial sehingga kehidupannya tak lepas dari pergaulan dengan orang lain. Dalam bergaul, di antaranya pergaulan dengan teman, ada etika yang perlu dipahami dan diterapkan sehingga hubungan yang terjalin baik.

Berikut ini beberapa hal yang penting untuk kamu pahami saat bergaul dengan teman, sehingga kamu mampu jadi teman yang kehadirannya selalu dirindukan, bukan teman yang malah disyukuri saat tak ada. Yuk kita simak hal apa aja.

1. Saat ditraktir 

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!unsplash.com/@spencerdavis

Ketika kamu ditraktir oleh teman, ada baiknya sadar diri dengan gak memesan makanan yang mahal. Nah, apalagi jika kamu tahu kalau temanmu itu bukanlah orang yang kaya-kaya banget. Sebisa mungkin, mintalah pendapat temanmu mana menu yang sebaiknya kamu pilih, atau langsung saja minta temanmu sendiri yang memilihkan.

2. Saat melihat foto di HP 

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!unsplash.com/@luisviol

Mungkin kamu pernah mengalami, temanmu menunjukkan foto lucu atau menarik di HP-nya langsung. Sebaiknya, hindari geser kiri-kanan sebelum minta izin. Karena kamu gak tahu apakah ada foto yang bersifat pribadi di HP-nya.

3. Ketika melakukan kesalahan 

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!unsplash.com/@goian

Teman yang baik bukanlah seorang penjilat, selalu menuruti kehendak temannya dan membiarkannya terus terjerumus dalam perilaku yang salah. Teman yang baik layaknya Neville Longbottom dalam kisah Harry Potter, gak ragu mengingatkan teman-temannya ketika mereka salah.

Namun, yang perlu disadari adalah cara mengingatkan. Jangan menegurnya di depan umum, apalagi dengan suara keras, hal itu akan membuatnya malu. Ingatkan dia dengan bahasa yang baik saat kamu sudah berdua saja dengannya.

Kalau memang ternyata dia tidak menerima teguranmu, ya itu pilihan dia. Setidaknya kamu sudah berusaha untuk menjadi teman yang baik.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Persahabatan agar Tetap Akur

4. Saat jalan-jalan 

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!unsplash.com/@iswanto

Ini kebiasaan yang sering dilakukan, padahal gak beretika. Buat kamu yang selama ini hobi meminta oleh-oleh saat teman jalan-jalan, sebaiknya hentikan mulai sekarang.

Mungkin kamu mengira itu hanya bercanda, tapi temanmu itu akan kepikiran dan bisa menimbulkan perasaan gak enak saat dia gak bisa membelikanmu oleh-oleh. Gak selamanya orang yang jalan-jalan itu karena dia punya banyak uang, bisa saja dia jalan-jalan karena ditraktir oleh keluarganya. Dengan meminta oleh-oleh, sama saja membebani temanmu.

5. Saat meminjam barang 

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!unsplash.com/@eliottreyna

Saat meminjam barang, jagalah dengan baik dan gak lupa untuk mengembalikannya. Setelah selesai kamu gunakan, sesegera mungkin kembalikan. Karena kamu gak tahu, apakah saat itu dia membutuhkannya.

6. Saat marah 

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!unsplash.com/@mikailduran

Namanya hubungan, pasti ada naik turun. Ketika ada perkataan atau perbuatan yang menyinggung perasaanmu, utarakan langsung kepadanya. Jika kamu enggan, maka diam dan perlahan maafkan dia. Itu akan membuat hatimu lega.

Semarah apa pun kamu, jangan pernah buka aib tentangnya. Kamu pun gak mau kan, ketika sedang marah dengan seseorang, lalu aibmu dibuka dan diketahui orang-orang?

7. Minta diskon 

7 Hal yang Perlu Kamu Pahami saat Bergaul dengan Teman, Jaga Etika!unsplash.com/@voneciacarswell

Berhentilah minta “harga teman” atau harga diskon pada temanmu yang sedang berjualan. Mirisnya, fenomena ini sering terjadi. Ada pula dalam bentuk minta gratisan, misalnya saat teman meluncurkan album grup band mereka atau berjualan produk tertentu.

Justru karena kamu adalah salah satu orang terdekat, selain keluarga, kamu harusnya berada dalam garda terdepan dalam mendukung usaha mereka. Alih-alih minta diskon, kalau kamu memang mampu, malah harusnya dilebihkan nominal pembayarannya. Ini akan membuat mereka semakin semangat dalam menjalankan usahanya.

Dengan minta gratisan, atau minta harga diskon, gimana mereka mau dapat untung. Jadi, buang jauh-jauh ya kebiasaan tersebut.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, maka hubungan pertemanan yang kamu jalani akan menjadi sehat. Tak ada musuh dalam selimut, atau pun perilaku yang justru menyusahkan. Temanmu pun akan bersyukur ada orang sepertimu yang menjadi bagian hidup mereka.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan agar Bertahan Lama hingga Kalian Menua

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya