Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang Berkepribadian Dewasa

Kalau ingin dewasa, jangan lakukan hal ini, ya!

Miliki umur yang tidak lagi muda gak berarti kamu telah dewasa. Dewasa lebih menyangkut perkara kematangan mental, dan ini akan tercermin dalam perilaku sehari-hari.

Gak sedikit orang yang umurnya sudah matang tapi masih saja bersikap kekanak-kanakan, salah satunya mudah sekali marah. Orang dewasa gak akan berperilaku demikian, karena bisa mengendalikan emosi dengan baik.

Lalu, apakah kamu termasuk pribadi dewasa atau belum? Nah, orang yang dewasa tidak akan melakukan hal-hal berikut ini. Jadi, coba dicek, ya!

1. Hanya rajin kalau ada yang memperhatikan

5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang Berkepribadian Dewasailustrasi atasan memberi instruksi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Di antara ciri seseorang dengan kepribadian belum matang, adalah hanya rajin kalau ada orang yang memperhatikan. Jadi, motivasinya bekerja atau melakukan sesuatu bukan karena rasa tanggung jawab atau didasarkan ketulusan hati, melainkan demi pencitraan.

Sementara orang dewasa mampu bersikap profesional. Mau ada orang atau tidak, ia akan tetap melakukan tugas yang mestinya diselesaikan. Mau dipuji atau dicela, ia akan selalu memberikan kinerja maksimal.

2. Selalu ingin dikasihani

5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang Berkepribadian Dewasailustrasi wanita sedih (pexels.com/Breno Santos)

Ciri selanjutnya dari orang dewasa, adalah pantang playing victim. Orang yang dewasa sadar betul tiap individu bertanggung jawab terhadap tindakannya masing-masing. Maka itu, kalau melakukan kesalahan tidak minta dikasihani.

Sebaliknya, orang dengan kepribadian belum matang akan selalu berharap dikasihani dan dimengerti. Hal ini yang bikin orang yang kekanak-kanakan sering membuat sekitarnya jengkel.

Orang dewasa pun meyakini tiap orang punya kekuatan untuk mengubah keadaan. Jadi, kalau ada kondisi yang gak sesuai, maka tergantung individunya untuk bertindak demi mengubah keadaan tersebut. Bukan malah minta dikasihani orang lain.

Baca Juga: 7 Tanda Shallow People, Seseorang yang Berkepribadian Dangkal 

3. Senang berdebat

5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang Berkepribadian DewasaIlustrasi teman sedang ngobrol (pexels.com/fauxels)

Apakah kamu sering berdebat untuk hal gak penting? Kalau iya, berarti kamu belum dewasa, lho. Semakin matang kepribadian seseorang cenderung gak suka berdebat. Baginya, itu hanya membuang-buang waktu dan energi.

Sebaliknya, pribadi yang masih kekanak-kanakan justru melihat perdebatan sebagai ajang eksistensi diri. Ingin menunjukkan kalau ia lebih hebat, makanya berusaha gimana pun caranya bisa menang dalam perdebatan.

4. Tidak suka penolakan dan menganggapnya personal

5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang Berkepribadian Dewasailustrasi pria menatap tajam (unsplash.com/Aminsureal)

Bagi orang dewasa, penolakan serta kekecewaan adalah fenomena biasa dalam kehidupan. Jadi, gak terlalu diambil hati. Toh, memang sudah kodratnya tiap orang berhak untuk menerima atau menolak sesuatu.

Berbeda dengan pribadi yang belum matang. Tiap kali ditolak langsung sakit hati dan menganggap hal tersebut sebagai serangan personal. Akhirnya jadi stres sendiri.

5. Ingin mendapatkan hasil bagus, tapi gak dipersiapkan dengan baik

5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang Berkepribadian Dewasailustrasi interview (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ingin bisa segera mendapatkan pekerjaan, tapi giliran dipanggil wawancara gak dipersiapkan dengan baik. Saat ditanya tentang perusahaan gak bisa menjawab karena memang sebelumnya gak mencari tahu terlebih dahulu.

Nah, hal tadi merupakan contoh dari sikap orang yang kekanak-kanakan. Ingin hasilnya baik, tapi gak dibarengi dengan usaha.

Sebaliknya, orang dewasa menyadari hukum sebab-akibat. Kalau ingin hasil baik, maka harus ada sebabnya. Misalnya, dalam kasus di atas memastikan sudah prepare sebelum interview.

Sekarang sudah tahu, ya, kalau kamu ingin jadi pribadi dewasa maka hindari hal-hal tadi. Sikap demikian termasuk kekanak-kanakan!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Hanya Dimiliki Orang Berkepribadian Tenang, Ikuti!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya