Comscore Tracker

5 Kebiasaan Receh yang Ternyata Bisa Bikin Hidup Kamu Berkualitas

Yuk, upgrade hidup jadi berkualitas dengan hal ini!

Pikiran bisa mendorong tindakan, dan tindakan yang berulang, kemudian akan menghasilkan kebiasaan. Nah, kebiasaan ini ada yang positif dan negatif. Yang negatif, bisa berdampak buruk bagi hidupmu. Sementara yang positif, dapat membuatmu memiliki kehidupan yang berkualitas.

Di bawah ini akan dibahas beberapa kebiasaan receh, tapi ternyata penting, lho. Jika kamu praktikkan, bisa mengubah hidupmu jadi berkualitas! Simak pembahasannya, ya.

1. Mengenali emosi diri

5 Kebiasaan Receh yang Ternyata Bisa Bikin Hidup Kamu Berkualitasilustrasi pria memejamkan mata (pexels.com/fauxels)

Berusaha mengenali emosi dan perasaan kamu sendiri, itu hal baik, lho! Bukan hanya sekadar iseng-iseng tak berfaedah.

Dengan lebih mengenali emosi diri, kamu jadi memahami hal-hal apa saja yang bisa jadi trigger suasana hatimu. Baik itu mood positif atau suasana hati negatif sehingga, membantumu untuk lebih bisa mengendalikan diri.

2. Berani menolak

5 Kebiasaan Receh yang Ternyata Bisa Bikin Hidup Kamu Berkualitasilustrasi wanita sedang belajar (pexels.com/Monstera)

Kebiasaan yang dimaksud di sini gak cuma kamu terbiasa untuk menolak permintaan yang kamu gak bisa penuhi, atau permintaan tolong yang kamu tahu sebenarnya hanya usaha memanfaatkanmu saja. Tapi juga menolak terhadap hal-hal yang kamu sadari akan membawa kerugian. Misalnya, menolak menunda-nunda pekerjaan.

Ada banyak orang yang menukar kesenangan sementara dengan penyesalan selamanya, akibat kesulitan untuk menolak. Makanya, hal yang positif kalau kamu punya kebiasaan yang satu ini akan membantumu memiliki hidup yang berkualitas!

Baca Juga: 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kamu Semangat Memulai Hari

3. Minum air putih

5 Kebiasaan Receh yang Ternyata Bisa Bikin Hidup Kamu Berkualitasilustrasi minum air putih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Murah meriah, gratis, dan ketersediaannya melimpah. Karena melimpah itulah, banyak orang yang gak sadar dan menyepelekan arti penting minum air putih. Malah lebih senang minum yang manis-manis.

Padahal, kebiasaan receh yang satu ini, manfaatnya gak main-main, lho. Melansir WebMD, sering minum air putih punya berbagai manfaat bagi tubuh. Antara lain sebagai berikut.

  • Menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh.
  • Mengendalikan jumlah kalori.
  • Memberi energi pada otot-otot dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Menjaga fungsi ginjal, serta sistem pencernaan.

Nah, mulai sekarang, yuk, biasakan untuk selalu minum air putih sesibuk apa pun kamu. Jangan sampai lupa! Karena kesehatan itu penting banget supaya kamu bisa beraktivitas dengan normal.

4. Menyendiri

5 Kebiasaan Receh yang Ternyata Bisa Bikin Hidup Kamu Berkualitasilustrasi pria jalan pagi (pexels.com/Rachel Claire)

Jalan-jalan pagi sendiri sambil menikmati segarnya udara pagi atau hangatnya sinar mentari. Atau di rumah sendirian hanya ditemani buku dan secangkir teh hangat adalah sebagian contoh aktivitas menyendiri yang merupakan kebiasaan baik dan patut kamu terapkan.

Dengan padatnya rutinitas yang kamu lakukan, memberi waktu menyendiri adalah pilihan bijaksana. Bisa memulihkan jiwa dan raga!

5. Menyaring sumber informasi

5 Kebiasaan Receh yang Ternyata Bisa Bikin Hidup Kamu Berkualitasilustrasi wanita melihat HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan lain yang juga perlu kamu coba, adalah menyaring informasi yang kamu akses sehari-hari. Karena gak semua informasi yang kamu peroleh, akan memberi dampak positif.

Gak perlu ragu untuk berhenti mengikuti akun-akun yang selalu memberitakan hal negatif atau gosip. Ganti dengan mem-follow akun-akun yang bisa menambah wawasan, sekaligus meningkatkan suasana hati.

Nah, itu dia beberapa underrated habits yang ternyata penting. Bila kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, bisa membuat hidupmu jadi bahagia dan berkualitas!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Membuat Wawasanmu Luas, Lho!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya