Comscore Tracker

6 Keuntungan Jadi Pribadi yang Ambisius, Gak Selamanya Negatif

Gak semua orang ambisius akan menghalalkan segala cara, lho

Kata “ambisius” memang memiliki banyak stereotip negatif. Hal ini mengingat orang yang ambisius terkadang rela menghalalkan segala cara demi meraih apa yang ia inginkan. Gak peduli langkah-langkahnya itu merugikan orang lain.

Meski begitu, gak semua orang ambisius itu pasti buruk. Justru, ada banyak hal positif atau keuntungan menjadi pribadi ambisius. Ingin tahu? Yuk, simak terus pembahasannya di bawah ini!

1. Tidak takut dengan tantangan

6 Keuntungan Jadi Pribadi yang Ambisius, Gak Selamanya Negatifilustrasi pria presentasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Hidup ini berisi berbagai masalah. Masalah, dapat dipandang dengan dua cara yang berbeda. Ada yang melihatnya sebagai suatu beban, ada pula sebagian yang melihatnya sebagai tantangan.

Orang yang berkemauan keras atau ambisius, termasuk golongan kedua. Melihat suatu problem sebagai sebuah tantangan, bahkan peluang. Jadi, ketika diberi masalah, bukannya menghindar karena takut, tapi dihadapi dengan keberanian.

2. Orang yang ambisius umumnya kreatif

6 Keuntungan Jadi Pribadi yang Ambisius, Gak Selamanya Negatifilustrasi pebisnis wanita (pexels.com/RODNAE Production)

Orang yang ambisius, biasanya keras kepala. Namun, dari sifat keras kepala inilah yang membuatnya pantang menyerah. Ketika dihadapkan pada situasi yang rumit, gak pasrah begitu saja. Melainkan berusaha dengan keras untuk cari jalan keluarnya.

Mindset positif tersebut yang menyebabkan orang ambisius, cenderung kreatif. Karena otaknya selalu dipakai untuk memikirkan solusi. Pintu satu tertutup, dicarilah pintu lain sampai ketemu jalan penyelesaiannya.

Baca Juga: 5 Nasihat Ini Penting Diingat untuk Kamu yang Ambisius

3. Kegagalan tak menghentikanmu

6 Keuntungan Jadi Pribadi yang Ambisius, Gak Selamanya Negatifilustrasi wanita mengikat rambut (pexels.com/cottonbro)

Kamu gak perlu merasa minder karena sering dipandang negatif oleh orang lain akibat memiliki ambisi yang tinggi. Justru, kamu patut bersyukur punya sifat keras kepala untuk meraih cita-cita.

Karena sifat itulah yang mendorongmu untuk terus bangkit meski dihantam dengan kegagalan berulang kali. Ambisimu yang tinggi, membuatmu gak mau berhenti sebelum berhasil menggapai mimpi.

4. Hidup jadi terarah

6 Keuntungan Jadi Pribadi yang Ambisius, Gak Selamanya Negatifilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com/George Milton)

Orang yang sama sekali enggak mempunyai ambisi, menyerahkan hidupnya pada nasib semata. Cara pandang seperti ini yang riskan bikin hidup mudah terombang-ambing dan jadi korban keadaan atau perubahan.

Sementara pribadi ambisius, sudah punya tujuan hidup. Tujuan-tujuan inilah yang membuat hidupmu jadi lebih terarah. Kamu dapat memanfaatkan waktu dengan maksimal, mampu membuat keputusan hidup yang tepat sesuai tujuan, tidak membuang-buang energi untuk hal-hal gak penting, dan banyak hal positif lain yang terjadi karena kamu punya ambisi.

5. Kerjamu gak asal-asalan

6 Keuntungan Jadi Pribadi yang Ambisius, Gak Selamanya Negatifilustrasi bersalaman (pexels.com/RODNAE Productions)

Keuntungan lain dari memiliki kepribadian yang ambisius, yakni kalau bekerja, kamu gak ada yang namanya setengah-setengah. Benar-benar maksimal. Sikapmu ini yang menyebabkan kamu dipercaya serta disenangi banyak orang. Kalau kerja, totalitas dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

6. Jarang mengeluh

6 Keuntungan Jadi Pribadi yang Ambisius, Gak Selamanya Negatifilustrasi pebisnis wanita (pexels.com/Amina Filkins)

Hal positif lain dari orang yang berkemauan keras, adalah jarang mengeluh. Kenapa? Karena pikiranmu terlalu sibuk untuk mencari solusi dari masalah, sehingga “gak sempat” untuk mengeluh.

Cara pandangmu seperti ini, membuat orang sering menunjukmu sebagai leader. Karena pembawaanmu yang tenang dan berfokus pada penyelesaian, serta sikap positif yang kemudian bisa menenangkan orang-orang di sekitar.

Dari uraian di atas, sekarang sudah sadar, ya, kalau menjadi ambisius itu gak “dosa”, kok. Ada banyak hal positif dari kepribadian dengan kemauan keras. Asalkan, tetap berada dalam koridor yang benar. Gak menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan!

Baca Juga: 5 Keuntungan dalam Karier jika Punya Intuisi dan Kepekaan yang Tinggi 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya