Comscore Tracker

Tanamkan 5 Kunci Hidup Tenang Ini agar Bebas dari Gelisah

Biar tenang, hiduplah sesuai kemampuan

Rasa takut dan khawatir merupakan hal yang wajar. Menjadi gak wajar, apabila perasaan itu senantiasa meliputi hatimu. Bagaimana hidup bisa tenang, kalau setiap hari selalu dihantui kegelisahan.

Tentu kamu mau, dong, memiliki ketenangan dalam hidup? Nah, untuk meraihnya, ada beberapa kunci hidup tenang yang dapat kamu tanamkan. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Hiduplah sesuai kemampuan

Tanamkan 5 Kunci Hidup Tenang Ini agar Bebas dari GelisahIlustrasi melihat HP (unsplash.com/Anthony Tran)

Salah satu penyebab kegelisahan yang sering menghantui banyak orang, adalah hidup bergelimang hutang. Untuk mengatasinya, cobalah hidup sesuai dengan kemampuan.

Kalau HP lama masih bisa dipakai, meski ada kendala sedikit-sedikit, ya sabar saja. Jika uangnya sudah tersedia, baru beli yang baru.

Bila motor yang dipakai saat ini masih berfungsi, paling ngadat sebentar-sebentar, ya pakai dulu aja. Sampai nanti ada rezekinya, baru beli yang baru. Bila prinsip ini sudah kamu tanamkan, kamu gak lagi didera kecemasan dengan hutang yang menumpuk.

2. Lepaskan masalah sebelum tidur

Tanamkan 5 Kunci Hidup Tenang Ini agar Bebas dari Gelisahilustrasi rileks (pexels.com/Polina Kovaleva)

Tuhan sudah begitu baik mengatur tubuh kita sehingga butuh istirahat. Kalau enggak, kebayang gak, sih, selama 24 jam otak kita bakal terus mumet dengan berbagai permasalahan hidup?

Karena itulah manfaatkan waktu istirahat dengan baik. Kalau sudah waktunya tidur, lepaskanlah sejenak berbagai beban pikiran yang hampir seharian sudah membuatmu tertekan. Ini penting supaya tidurmu berkualitas, sehingga otak pun bisa beristirahat dengan baik.

Kalau otak sudah mendapatkan istirahat yang cukup, kamu gak akan mudah stres atau khawatir yang berlebihan. Mampu berpikir dengan jernih!

Baca Juga: 5 Kunci Hubungan LDR Bebas Rasa Khawatir, Bikin Hubungan Makin Awet

3. Biasakan berpikir positif

Tanamkan 5 Kunci Hidup Tenang Ini agar Bebas dari GelisahIlustrasi pria bahagia (pixabay.com/Free-Photos)

Penyebab kenapa kamu sering sekali gelisah, karena terbiasa membiarkan pikiranmu melanglang buana ke hal-hal negatif. Alih-alih berpikir yang baik-baik, kamu selalu membayangkan yang buruk-buruk.

Kebiasaan itu sangat gak baik bagi kondisi mentalmu, lho! Supaya hidupmu tenang dan damai, maka mindset-mu perlu diluruskan. Cobalah ketika muncul pikiran negatif, geser ke arah positif. Karena bahagia tidaknya seseorang, hal itu sangat bergantung dari pikiran.

4. Memelihara sifat ikhlas

Tanamkan 5 Kunci Hidup Tenang Ini agar Bebas dari Gelisahilustrasi memejamkan mata (unsplash.com/Rodolfo Sanches Carvalho)

Ada banyak hal di dunia ini yang gak bisa kamu kendalikan. Kalau kamu gak ikhlas, hidup gak bakal tenang, karena kamu menuntut apa yang kamu mau bisa terjadi. Padahal, kamu hanyalah manusia biasa, bukan Tuhan yang punya hak prerogatif sebagai penentu kehidupan.

Bila ikhlas ini sudah kamu tanam, tiap kali mendapat hal yang gak menyenangkan, kamu gak akan bereaksi berlebihan. Karena kamu sadar, kejadian tersebut sudah di luar kontrolmu.

5. Abaikan omongan orang lain yang gak penting

Tanamkan 5 Kunci Hidup Tenang Ini agar Bebas dari GelisahIlustrasi wanita bahagia (pexels.com/Sound On)

Risiko hidup bermasyarakat, mau tak mau, suka gak suka, kamu pasti mendengarkan omongan orang lain. Kalau positif, sih, gak masalah. Yang bikin kamu mumet dan tertekan, ketika mendengarkan omongan buruk atau tak mengenakkan dari orang lain.

Agar hati damai, kamu perlu menyaring berbagai omongan yang masuk kuping. Kalau itu gak penting, atau hanyalah omongan buruk yang berusaha mengerdilkan dirimu, maka abaikan saja. Semakin kamu cuek dan hidup bahagia, semakin menderita mereka. Jadi, gak usah dipikirkan!

 

Nah, dari kelima hal tadi, mana saja yang menurutmu paling penting dilatih saat ini? Apa pun itu, yang penting dilakukan dengan konsisten, ya, supaya kelihatan hasilnya!

Baca Juga: 6 Kunci Menjadi Sukses dan Kaya, Semua Orang Bisa Melakukannya!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya