Comscore Tracker

Ingin Hidupmu Naik Kelas? Yuk, Mulai 5 Langkah Ini dari Sekarang!

Yakin, mau hidupmu begitu-begitu terus?

Kamu termasuk orang yang selalu menuliskan resolusi saat pergantian tahun? Itu bagus, lho, karena bisa membuat hidupmu jadi lebih terarah dan berkembang dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sayangnya, ada lebih banyak orang yang hanya menjadikan resolusi tersebut sebagai pajangan semata. Padahal, kalau benar-benar diusahakan, hidupmu tiap tahun bisa naik kelas, lho.

Nah, supaya kehidupanmu benar-benar naik level tiap tahunnya, yuk, mulai lakukan langkah-langkah ini dari sekarang. Simak baik-baik!

1. Lakukan evaluasi lagi terhadap resolusi yang sudah ada

Ingin Hidupmu Naik Kelas? Yuk, Mulai 5 Langkah Ini dari Sekarang!ilustrasi menulis (pexels.com/Polina Kovaleva)

Resolusi yang terus-menerus gagal diwujudkan bisa menyerang mental, menyebabkanmu merasa rendah diri, dan gak mampu untuk meraih kehidupan seperti yang kamu impikan. Padahal, bisa jadi kegagalan itu karena kamu kurang tepat menentukan resolusi.

Coba evaluasi kembali resolusi yang belum tercapai selama ini. Apakah masuk akal, jika diberi tenggat waktu satu tahun? Kalau memang dari dulu selalu gagal, boleh jadi cuma permasalahan timing-nya aja.

Mungkin kamu terlalu strict bikin deadline. Tujuan jangka panjang tapi dibuat jangka pendek. Akhirnya megap-megap dan membuatmu malas untuk berusaha meraihnya.

2. Tambah skill baru

Ingin Hidupmu Naik Kelas? Yuk, Mulai 5 Langkah Ini dari Sekarang!ilustrasi di depan laptop (pexels.com/Artem Podrez)

Saat ini kita sudah begitu dimudahkan dengan perkembangan teknologi. Dengan bermodalkan akses internet yang murah, bahkan tersedia gratis di tempat-tempat publik, kamu bisa menambah berbagai skill baru tanpa harus keluar biaya banyak.

Mau belajar masak, bisa belajar lewat tutorial video online yang jumlahnya banyak banget. Mau belajar bahasa asing, sekarang muncul banyak aplikasi di HP yang bisa kamu manfaatkan. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Sayang, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Jadi Orang Open Minded, Hidup Lebih Positif!

3. Beri kesempatan pada diri sendiri kalau kamu mampu

Ingin Hidupmu Naik Kelas? Yuk, Mulai 5 Langkah Ini dari Sekarang!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Talal Hakim)

Ngaku, deh, persoalan utama yang kerap membuat resolusimu cuma jadi pemanis di jurnal doang adalah perasaan rendah diri, kan? Khawatir akan gagal, takut diledek orang, dan berbagai pemikiran negatif lainnya.

Coba, yuk, mulai sekarang, beri kesempatan pada dirimu sendiri kalau sebenarnya kamu itu mampu. Kasih toleransi bahwa tidak apa-apa jika memang nantinya kamu gagal. Yah, setidaknya kamu gak lagi menghabiskan puluhan purnama dengan penyesalan dan rasa penasaran. Hatimu jadi lega karena sudah mencoba!

4. Hentikan victim mentality

Ingin Hidupmu Naik Kelas? Yuk, Mulai 5 Langkah Ini dari Sekarang!ilustrasi pria duduk sendiri (pexels.com/Sebastian Pociecha)

Salah satu penyebab kenapa orang sulit maju adalah victim mentality. Berpikir bahwa kamu adalah korban dari keadaan atau semesta dan nasib yang jadi penentu utama jalan hidup manusia.

Padahal, Tuhan aja menyuruh hamba-Nya berusaha. Masa, jadi manusia maunya menyerah dan pasrah saja? Makanya, sekarang cara pandang kehidupan yang keliru itu buang jauh, deh! Usaha dulu, kemudian ikhlaskan Tuhan sebagai penentunya.

5. Menghargai setiap pencapaian, meski itu kecil

Ingin Hidupmu Naik Kelas? Yuk, Mulai 5 Langkah Ini dari Sekarang!ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Matteo Vistocco)

Saat kamu bekerja, pasti senang, dong, ketika hasil pekerjaanmu diapresiasi atasan? Nah, jangan lupa untuk memberi apresiasi pada diri sendiri ketika berhasil mencapai personal goals-mu. Mengapresiasi diri sendiri gak hanya bisa membuatmu jadi semangat, tapi kalau kerap dilakukan bisa mendongkrak rasa percaya diri, lho.

Hal lain yang penting, jangan cuma melihat keberhasilan itu lewat tujuan besar atau jangka panjang. Tujuan-tujuan kecil pun patut kamu hargai. Misalnya, berhasil bangun pagi. Simpel memang, tapi sangat signifikan bagi orang-orang yang selama ini terbiasa bangun siang.

Semoga dengan langkah-langkah tadi, tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang bisa dijalani dengan cemerlang. Setiap tahunnya, kamu selalu jadi pribadi yang berbeda. Pribadi yang terus berkembang!

Baca Juga: Membebani Hidup, 5 Ciri Pasangan Parasit Ini Wajib Kamu Putusin

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya