Comscore Tracker

5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!

Hadapi dengan elegan, agar kritikan pedas berujung manfaat

Jika mau jujur, tak ada seorang pun yang senang dikritik. Apakah itu kritikan yang disampaikan dengan baik, apalagi dengan cara yang sangat nyelekit. Tapi suka atau tidak, kritikan itu penting.

Misalnya saja dalam suatu hubungan, jika tak ada saling koreksi, maka hubungan tidak akan berkembang. Yang ada malah kemunduran, karena tiap ada kesalahan, enggan untuk memberitahukan, ujung-ujungnya masalah akan menumpuk dan menimbulkan guncangan dalam hubungan percintaan.

Nah, supaya kamu mampu menghadapi kritikan orang dengan cara elegan, tanpa harus perang urat saraf, langkah-langkah ini perlu kamu terapkan. Seperti apa?

1. Berprasangka baik

5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!freepik.com/ijeab

Mungkin di antara kamu pernah menemukan, ada warganet yang mengkritik dengan cara santun, tapi langsung ditanggapi dengan tudingan macam-macam. Seperti ‘kalau gak suka, gak usah ditonton’, atau ‘kayak lo bisa aja buatnya’, dan sebagainya.

Padahal, kalau mau dipikirkan dengan jernih, gak semua kritikan dari warganet itu negatif, lho. Ada banyak orang baik di luar sana yang memang masih peduli dan ingin melihat orang lain bisa lebih baik, salah satunya lewat kritikan yang membangun.

Karena itu, berusaha untuk berprasangka baik saat mendapat kritikan. Jangan langsung ‘ngegas’. Justru lebih mengkhawatirkan kalau sebenarnya apa yang kamu lakukan masih kurang tepat, tapi tak ada orang yang mau peduli dengan memberi masukan. Akhirnya, kamu pun selalu melakukan kesalahan yang sama.

Begitu pun pada dunia bisnis. Lebih senang mana, dapat kritikan konsumen, atau konsumen yang sebenarnya tidak puas, tapi gak ngomong apa-apa, tahu-tahunya gak beli-beli lagi produkmu? Tinggal kamu aja yang bingung, kenapa ya jualan saya gak laku.

2. Bekali dengan filter

5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!freepik.com/pressfoto

Supaya kritikan yang melewati telingamu tak menusuk ke hati, kamu perlu membekali diri dengan filter. Dengan begitu, semenyakitkan apa pun kritikan yang kamu dapat, kamu bisa memilah mana kritikan yang membangun, dan mana yang tujuannya hanya menjatuhkan.

Kemudian, analisa kritikan yang membangun, hal apa yang bisa kamu ambil dan terapkan. Untuk kritikan-kritikan yang menjatuhkan dan sebenarnya gak perlu, buang saja, gak usah diambil hati atau meresponnya dengan emosional.

Biasanya yang melakukan itu memang haus perhatian. Semakin kamu menanggapi dengan emosi, semakin giranglah mereka.

Baca Juga: Susah Menerima Kritik, 5 Hal Ini Paling Gak Disukai Pisces!

3. Terima dengan lapang dada

5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!freepik.com/look-studio

Kamu tidak akan bisa menarik manfaat dari kritikan jika tidak mampu menerima dengan lapang dada. Sering kali orang mengkritik bukan bermaksud menyerang pribadimu, tapi soal kinerjamu saja.

Bersyukurlah tatkala ada yang mengkritik, artinya, masih ada orang yang peduli dan ingin melihatmu maju. Selain itu, kritikan bisa membuatmu terhindar dari besar kepala dan perilaku sombong. Hal yang acapkali jadi penyebab kejatuhan seseorang.

4. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan

5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!freepik.com/katemangostar

Saat menerima kritik, jangan hanya diam. Cobalah ajukan pertanyaan jika kamu masih belum jelas perihal kritikan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memastikan kritikan yang kamu dapat akan berbuah manfaat.

Misalnya, atasanmu menolak skrip iklan buatanmu. Tanya alasannya, sehingga kamu tahu apa saja yang mesti diperbaiki. Jangan merasa diri selalu benar, apalagi sampai menuduh atasan tak lebih paham darimu. Sikap seperti ini akan menghambat kesuksesanmu.

5. Ucapkan terima kasih

5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!freepik.com/pressfoto

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, justru kita harus bersyukur ketika ada orang yang mengkritik. Mereka telah meluangkan waktunya dan mengesampingkan perasaan tidak enaknya, demi mengkritikmu, semata-mata untuk melihatmu maju. Karena itu, ucapkan terima kasih pada mereka, kamu jadi tahu apa saja kekuranganmu.

 

Tidak ada manusia yang sempurna, akan selalu ada celah kurang dan salah. Di situlah pentingnya ada evaluasi dan koreksi, supaya kita tak mengulang kesalahan yang sama.

Jadi, mulai sekarang berhentilah selalu memandang kritikan lewat kacamata negatif dan menanggapinya secara emosional. Sikapilah dengan elegan, yaitu dengan menerapkan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman Kantor yang Licik, Gak Bisa Dipercaya

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya