Comscore Tracker

Bikin Lega, 5 Langkah Memaafkan Diri Sendiri Ini Patut Dicoba

Terus menyesali kesalahan di masa lalu gak ada gunanya

Konsep memaafkan diri sendiri bagi sebagian orang mungkin masih terasa asing. Terkadang kamu bisa bersikap begitu baik pada orang lain, tapi lupa kalau diri sendiri pun perlu diperlakukan sama. Ketika telah berbuat salah, selain minta maaf pada pihak yang telah dirugikan, perlu juga memaafkan diri sendiri karena sudah teledor.

Bila hal itu sudah kamu lakukan, dijamin hidupmu bakal jadi lebih leg. Kamu gak lagi terus menyesali yang telah lalu, apalagi sampai mengutuk diri sendiri.

Untuk membantumu mudah memaafkan diri sendiri, ada beberapa langkah yang dapat kamu tiru. Setelah melakukan semua, dijamin hidup lebih lega, deh.

1. Menerima kenyataan dengan ikhlas

Bikin Lega, 5 Langkah Memaafkan Diri Sendiri Ini Patut Dicobailustrasi memegang buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menerima dengan ikhlas bahwa kamu pernah teledor, gegabah, dan egois sehingga melakukan kesalahan. Tanpa penerimaan, kamu akan terus menghukum diri sendiri. Padahal, sikap itu gak ada gunanya.

Dengan terus mengutuk diri sendiri, apakah keadaan akan berbalik? Tentu tidak. Makanya, supaya kamu bisa segera menata hidupmu kembal, terima kenyataan bahwa kamu pernah berbuat kesalahan.

2. Percaya di balik kesulitan pasti ada hikmahnya

Bikin Lega, 5 Langkah Memaafkan Diri Sendiri Ini Patut Dicobailustrasi pria sedang muram (pexels.com/Alena Darmel)

Masalah yang timbul akibat kegagalan atau kekeliruan pasti gak akan berakhir sia-sia kalau kamu mau mengambil hikmah di balik itu. Anggap saja yang kamu alami sekarang sebagai cara untuk menempa kamu jadi pribadi lebih baik.

Misalnya, hubungan asmaramu gagal. Padahal, kamu tahu dia adalah sosok yang baik. Akan tetapi, akibat keegoisanmu yang masih tinggi, dia pun akhirnya memilih pisah.

Terus menyesali gak ada gunanya, kan? Maka yang bisa kamu lakukan hanyalah belajar dari kejadian lampau. Memang sakit ketika ditinggal oleh pasangan yang kamu cinta. Akan tetapi, tanpa dia meminta pisah, mungkin kamu masih akan terus egois.

3. Fokus pada masa sekarang

Bikin Lega, 5 Langkah Memaafkan Diri Sendiri Ini Patut Dicobailustrasi wanita memegang bunga (pexels.com/HONG SON)

Hidup akan terasa suram apabila kamu gak bisa move on dari masa lalu. Kejadian yang telah lewat gak bisa kamu putar ulang untuk diperbaiki, kan?

Untuk itu, yang bisa kamu lakukan hanyalah fokus pada saat ini. Sudah tahu rasanya melakukan kesalahan, maka sekarang harus lebih menjaga sikap dan tindakan supaya gak kembali pada kekeliruan yang sama.

Baca Juga: 5 Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Demi Kebaikanmu Juga!

4. Menyadari gak ada manusia yang sempurna

Bikin Lega, 5 Langkah Memaafkan Diri Sendiri Ini Patut Dicobailustrasi sedang merenung (pixabay.com/Free-Photos)

Kalau bisa memilih, pasti pengin hidup kamu lurus-lurus saja tanpa ada masalah. Gak pernah melakukan kekeliruan apa pun, sehingga citra baikmu gak akan pernah tercoreng.

Masalahnya, manusia sudah kodratnya gak ada yang sempurna. Sudah berhati-hati bersikap saja bisa juga terpeleset. Jadi, jangan berekspektasi bahwa kamu gak akan pernah berbuat salah. Hal itu hanya akan membuatmu kecewa, lho.

5. Latih diri bersikap positif

Bikin Lega, 5 Langkah Memaafkan Diri Sendiri Ini Patut DicobaIlustrasi pria bahagia (pixabay.com/Free-Photos)

Sulit memaafkan diri sendiri bisa terjadi dalam bentuk kepikiran terus dengan yang sudah kamu perbuat. Sikap demikian akan menghambat kebahagiaan yang kamu rasakan.

Berpikir terus-menerus mengenai kesalahan masa lalu termasuk pemikiran negatif. Langkah ampuh untuk mengatasinya adalah dengan membiasakan diri berpikir positif. Selain itu, bisa juga dengan menyibukkan diri pada aktivitas-aktivitas produktif, sehingga kamu gak sempat untuk berpikir negatif.

Menyesali perbuatan salah di masa lalu itu penting supaya kamu sadar, sehingga gak mengulanginya lagi. Hanya saja, terus mengutuk diri itu gak baik. Semoga dengan tips tadi bisa membantumu untuk lebih mudah memaafkan diri sendiri, ya.

Baca Juga: 5 Tips Self Love untuk Millennials, Bikin Hidup Lebih Bahagia!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya