Comscore Tracker

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!

Jangan patah semangat dalam mengejar keberhasilan ya

Ketika apa yang kamu harapkan belum terwujud, tentu ada banyak emosi negatif yang kamu rasakan. Sedih, kecewa, tak jarang diselingi rasa marah muncul karena apa yang kamu sudah bayangkan selama ini belum bisa diraih.

Setiap orang yang punya harapan atau impian pasti akan pernah merasakan kegagalan. Di situlah letak nikmatnya menggapai cita-cita yakni bagaimana kamu melalui fase jatuh bangun untuk meraih yang kamu mau.

Sayang rasanya, kalau kegagalan yang pahit itu hanya berakhir sia-sia. Nah, supaya gagalmu jadi bermakna, ada beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk mengubah kegagalan jadi keberhasilan. Let's take a look!

1. Cari tahu penyebab kamu gagal supaya bisa dijadikan evaluasi agar hal yang sama gak terulang lagi

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi sedang merenung (unsplash.com/Jason Strull)

2. Cara ampuh menaklukkan kegagalan adalah dengan mencobanya terus. Lama-lama, kegagalan itu juga bakal lelah sendiri

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!Ilustrasi "you got this" (unsplash.com/Prateek Katyal)

3. Tetap pertahankan sikap positif karena berpikir negatif hanya akan bikin kamu semakin terpuruk

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi pria tersenyum (unsplash.com/Taylor Grote)

4. Hindari menyalahkan orang lain karena sikap demikian bukanlah mindset orang sukses. Kamu gak bakal maju dengan mindset seperti itu

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi teman bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

5. Imajinasi memang penting. Akan tetapi, melakukan tindakan jauh lebih utama. Berkhayal saja gak akan mengubah impianmu jadi nyata

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi rebahan (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Trauma Akibat Kegagalan

6. Minta bantuan orang yang lebih ahli supaya kamu bisa belajar dan meminimalisir kegagalan di kemudian hari

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi diskusi (pexels.com/Laura Tancredi)

7. Apresiasi keberhasilan kecil, sesederhana berhasil bangun pagi karena apresiasi diri ini penting untuk menjaga mood positif kamu

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

8. Bersikap lebih terbuka terhadap kritikan. Bisa jadi kegagalan yang lalu bisa dihindari, jika saja kamu mau mendengar saran

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi bicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

9. Ingatkan diri untuk bersabar karena impian besar gak mungkin tercapai hanya dalam waktu semalam

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi memejamkan mata (pexels.com/THIS IS ZUN

10. Sudah terlanjur tercebur, basah sekalian. Kalau kemarin masih setengah-setengah, sekarang saatnya all out! 

10 Langkah Ubah Kegagalan Jadi Keberhasilan, Jangan Berakhir Sia-sia!ilustrasi pria sedang bekerja (pexels.com/fauxels)

Kegagalan itu memang pahit. Tapi, kamu perlu bersyukur lho karena sudah mencicipi kepahitan itu. Hal ini berarti kamu termasuk golongan yang tidak tinggal diam atau pasrah saja dengan keadaan. Kamu punya impian yang berusaha diwujudkan sampai-sampai mencecap apa yang namanya kegagalan. Itu patut diapresiasi, lho!

Semoga poin-poin tadi bisa jadi pembakar semangat supaya kamu termotivasi melangkah kembali. Jangan trauma dengan kegagalan, ya!

Baca Juga: 5 Momen Bukti Squidward Juga Bisa Berhasil, Tak Selalu Gagal

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya