Comscore Tracker

5 Cara Menghargai Privasi Orang Lain, Jangan Sembarang Unggah Foto!

Batasan privasi orang lain beda-beda, jangan disamakan, ya

Kehadiran media sosial yang membuat jalur informasi bisa tersebar dengan begitu cepat, memberi impak serius. Salah satunya, banyak orang yang kemudian sulit untuk menjaga privasinya sendiri, maupun menghargai privasi orang lain.

Yang jarang orang sadari, privasi adalah hak setiap individu, dan wajib dihormati. Dan ada beberapa cara untuk menghargai privasi orang lain. Lakukan ini, kamu gak hanya akan disukai orang lain karena bisa memberi rasa aman, tapi juga dihormati balik. Ingin tahu tipsnya? Let's check it out!

1. Jangan kepo terhadap kehidupan pribadi orang lain

5 Cara Menghargai Privasi Orang Lain, Jangan Sembarang Unggah Foto!ilustrasi bicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Setiap orang punya batasan nyaman masing-masing. Bila kamu gak masalah untuk menceritakan perihal pribadimu ke siapa pun, bukan berarti orang lain pasti berlaku sama.

Karena banyak pula yang merasa risi bila harus bercerita tentang persoalan pribadinya, kecuali dengan orang yang benar-benar dekat, misalnya keluarganya sendiri. Maka dari itu, jangan terlalu kepo dengan urusan orang lain, sekalipun mereka adalah temanmu sendiri. Jika memang temanmu itu sudah siap dan merasa nyaman bercerita, tanpa kamu paksa-paksa segala, nanti juga bicara.

2. Tidak menggugat keputusan orang lain

5 Cara Menghargai Privasi Orang Lain, Jangan Sembarang Unggah Foto!ilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS production)

Setiap orang berhak mengambil keputusan sendiri akan hidupnya. Sekalipun keputusan yang dia ambil berbeda dengan apa yang kamu anggap paling tepat untuknya, belajarlah untuk menghormatinya.

Menggugat keputusan orang lain, padahal enggak ada sangkut pautnya denganmu, bisa menandakan kalau kamu pribadi egois. Ingin memaksakan apa yang kamu anggap benar, ke kehidupan orang lain. Padahal, yang kamu anggap benar itu belum tentu tepat untuknya.

3. Jangan sembarang unggah foto

5 Cara Menghargai Privasi Orang Lain, Jangan Sembarang Unggah Foto!ilustrasi dua wanita selfie (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada baiknya, sebelum kamu mengunggah foto orang lain, minta izin terlebih dahulu. Karena gak semua teman bersedia dipajang fotonya di media sosial. Ada pula sebagian orang yang benar-benar menjaga privasinya.

Gak perlu merasa tersinggung ketika ada temanmu yang keberatan diunggah fotonya di media sosial yang bisa dilihat publik. Ingat, manusia memang sudah diciptakan dari sananya berbeda-beda. Maka cara pandang dan sikapnya pun jangan harapkan bakal sama semua. Sebagai teman yang baik, hormati saja keinginannya.

Baca Juga: 5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Kurang Disukai Orang-orang di Sekitarmu

4. Gak menyebarkan chat pribadi

5 Cara Menghargai Privasi Orang Lain, Jangan Sembarang Unggah Foto!ilustrasi wanita memegang HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Namanya pesan pribadi, maka jadikan itu konsumsi pribadi. Jangan dibuat menjadi konsumsi publik. Apalagi jika informasi tersebut berisi hal-hal sensitif.

Karena sekali lagi, hal yang kamu anggap biasa saja, mungkin bagi temanmu, itu persoalan yang gak mau dia umbar. Jadi, pastikan kalau mau menyebarkan chat pribadi, minta izin dulu, ya!

5. Tidak membuka HP orang lain tanpa izin

5 Cara Menghargai Privasi Orang Lain, Jangan Sembarang Unggah Foto!ilustrasi pria sedang kesal (pexels.com/Griffin Wooldridge)

Saat ini, HP sudah sangat personal. Karena di dalamnya gak hanya berisi aplikasi lucu-lucuan saja. Banyak pula data-data pribadi yang penting, atau malah urusan yang berkaitan dengan pekerjaan dan bersifat rahasia.

Maka dari itu, sekalipun kamu bisa mengakses HP teman, misalnya kamu meminjam HP temanmu untuk menelepon seseorang. Ya sudah, dipakai untuk menelepon saja. Jangan lihat-lihat galeri atau membuka-buka aplikasi lain yang ada di HP-nya. Itu benar-benar gak sopan dan termasuk sudah melanggar privasi, lho!

Saling menghormati adalah syarat mutlak supaya hubungan interpersonal berjalan dengan lancar. Salah satunya, dengan menghargai privasi orang lain.

Orang gak akan suka denganmu, apabila terlalu ingin tahu dengan urusan orang lain, apalagi sampai mengumbar hal yang jadi rahasia. Citramu bakal tercoreng karena dikenal sebagai orang yang gak bisa dipercaya!

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kita Dapatkan Jika Selalu Menghormati Orang Lain

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya