Comscore Tracker

5 Pengingat Sederhana Saat Hidupmu sedang Tak Baik-baik Saja

Meski gagal berkali-kali, cinta keluarga padamu tetap utuh!

Hidup ini tak selalu mulus layaknya jalan besar di Jakarta saat lebaran. Kegelisahan akan masa depan yang tak pasti, penantian jodoh yang belum juga hadir, serta berbagai kegagalan yang bertubi-tubi, terkadang membuatmu lelah sendiri dengan hidup ini.

Agar kamu tak terus terpuruk dengan keadaan dirimu yang sedang tak baik-baik saja, di bawah ini beberapa pengingat sederhana sehingga kamu bisa segera melihat cercah harapan dan kembali bersemangat menyongsong hari. Yuk, disimak bersama!

1. Meski pencapaianmu tak se-wah mereka, bukan berarti kamu tak berguna

5 Pengingat Sederhana Saat Hidupmu sedang Tak Baik-baik Sajaunsplash.com/@rosiefraser

Rasa tak berguna dalam diri terkadang hadir dengan tiba-tiba. Melihat pencapaian ‘wah’ teman-teman seusia, ada yang sudah menikah dan miliki keluarga bahagia, ada yang kini telah jadi bos di perusahaannya sendiri, dan membandingkannya dengan kegagalan yang baru saja kamu alami, semakin menguatkan perasaan kalau kamu manusia yang tak punya kemampuan apa-apa.

Yang perlu kamu ingat, nilai dirimu tak mutlak dilihat dari seberapa banyak anak-anakmu, seberapa mewah rumahmu, atau seberapa tinggi pangkatmu. Kamu sudah berharga dengan apa adanya kamu.

Yang sering membantu saat teman sedang kesulitan, yang selalu murah senyum saat berpapasan dengan tetangga, yang suka mentraktir keponakan saat kamu sehabis gajian. Kebaikan hatimu yang tulus dari hati terdalam, membuat kamu dirasa istimewa di mata mereka. Dan tanpa kamu sadari, itu adalah pencapaian yang juga berharga.

2. Kamu pun telah menorehkan banyak kemenangan selama hidupmu

5 Pengingat Sederhana Saat Hidupmu sedang Tak Baik-baik Sajapexels.com/@anastasiya-gepp-654466

Ketika kamu sedang berada dalam kondisi terpuruk, sering kali lupa bahwa masa down-mu sekarang, hanya secuil kisah dari berbagai kemenangan kecilmu yang telah kamu raih selama hidup ini.

Bisa melanjutkan sekolah, bahkan hingga masuk universitas, adalah prestasi juga. Bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-hari dari hasil keringatmu adalah kemenangan pula.

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Agar Kamu Bisa Manfaatkan Hidup Sebaik Mungkin

3. Rasa cemas, ketakutan, atau ragu tunjukkan hidupmu yang komplit!

5 Pengingat Sederhana Saat Hidupmu sedang Tak Baik-baik Sajaunsplash.com/@alex_boyd

Kalau emosi di dunia ini hanya berisi bahagia saja, niscaya kamu tak mampu menghargai betapa berharganya senyuman. Berbagai kesulitan yang kamu alami, membuatmu jadi bisa benar-benar memaknai apa itu bahagia.

Rasa cemas, ketakutan, kekhawatiran terhadap perkara masa depan, serta ragu yang menyelimuti langkahmu, membuat hidupmu jadi komplit. Penuh dengan warna dan dinamika. Jadi, kenapa nggak dinikmatin aja?

4. Kesulitan adalah cara Tuhan menempamu jadi manusia yang kuat

5 Pengingat Sederhana Saat Hidupmu sedang Tak Baik-baik Sajapexels.com/@officialflavio

Rasanya panik dan sedih ketika kamu di-PHK. Tapi setelah kamu pikir-pikir, kalau bukan karena itu, mungkin saat ini kamu masih saja betah dengan pekerjaan yang sebenarnya tak membuatmu benar-benar bahagia.

Dari peristiwa yang tak mengenakkan itulah, memaksamu putar otak bagaimana supaya dapur tetap ngebul. Dan itu yang mengarahkan pada bisnismu yang sekarang.

Saat kita ditimpa kesulitan, memang susah untuk melihat hikmahnya. Tapi percayalah, Tuhan itu Maha Baik. Kesulitan yang Ia berikan, pasti dimaksudkan untuk membuatmu kuat.

5. Kamu masih memiliki orang-orang yang kamu sayangi

5 Pengingat Sederhana Saat Hidupmu sedang Tak Baik-baik Sajapexels.com/@askar-abayev

Walau keadaanmu saat ini sedang tak baik-baik saja, tapi jika kamu mau menyelami lebih dalam, ada banyak hal yang patut kamu syukuri. Salah satunya, keluarga yang selama ini selalu menyayangi kamu.

Meski kamu mengalami berbagai kegagalan, cinta mereka tak berubah. Di mata mereka, kamu tetaplah seorang anak yang tak ternilai harganya.

 

Seberat apapun masalah yang saat ini kamu hadapi, ingatlah bahwa itu hanya sementara. Akan tiba waktunya ketika kamu tersenyum menengok ke belakang, mengingat momen-momen ini. Di mana kamu tak menyerah dan mampu bangkit lagi.

Baca Juga: 5 Pengingat Saat Kamu Merasa Jenuh dan Ingin Menyerah dengan Hidupmu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya