Comscore Tracker

Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombong

Sudah tahu perbedaannya?

Karena beda tipis, orang yang percaya diri sering disalahartikan dengan memiliki sifat sombong. Padahal keduanya berbeda. Jika percaya diri timbul dari keyakinan serta penghargaan atas kemampuannya, justru sombong lahir karena perasaan insecure atau tidak percaya diri terhadap apa yang dimiliki.

Supaya bisa membedakan antara mana yang sombong, mana yang percaya diri, kita telisik lebih jauh masing-masing bedanya, yuk!

1. Kebutuhan membanding-bandingkan

Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombongpexels.com/@pashal

Orang yang sombong biasanya inferior. Karena itu ia sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Lihat temannya lebih cantik, ia akan berusaha dengan segala upaya untuk menjadi jauh lebih cantik.

Lihat tetangganya punya mobil mewah, ia pun akan ikutan membeli mobil mewah. Meskipun harus susah payah membayar cicilannya.

Ini yang membuatnya tampak bahagia dari luar, tapi menderita dari dalam. Karena hidupnya sibuk untuk mengejar standar orang.

Hal ini tidak terjadi pada orang-orang yang percaya diri. Walaupun terlihat arogan, mereka gak suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.

Keinginan untuk menjadi lebih baik dari rivalnya tentu ada, tapi itu bukan jadi hal utama. Bukan menjadi lebih baik dari orang lain yang mendorongnya maju, melainkan bagaimana untuk bisa lebih baik dari dirinya yang kemarin.

Orang yang pede juga tidak silau dengan kemewahan. Kalau pun ia membeli barang mewah, karena memang dia butuh atau dasarnya suka. Bukan untuk mengikuti tren, apalagi mendapat pengakuan dari orang sekitar.

2. Cara memperlakukan orang lain

Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombongfreepik.com/yanalya

Hal yang paling jelas terlihat antara orang yang beneran percaya diri, dengan pede jadi-jadian alias sombong, adalah bagaimana ia memperlakukan orang lain.

Orang yang percaya diri memahami, bahwa tiap manusia itu berharga. Ini yang membuatnya tidak membeda-bedakan dalam memperlakukan orang lain. Kepada siapa pun, ia menghormati, meski pada orang yang jabatannya sangat jauh di bawah dia.

Beda halnya dengan orang sombong. Giliran dengan bos atau mereka yang berpangkat, sikapnya manis mengalahkan gula. Tapi giliran berhadapan dengan OB, satpam, atau bawahannya sendiri, langsung deh keluar sifat aslinya. Jeruk nipis aja masih kalah asam dengan sikapnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi Boomerang

3. Cara berpikir

Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombongfreepik.com/katemangostar

Walaupun antara orang sombong dan pede, sama-sama pandai berbicara. Tapi ada perbedaan dari cara mereka berpikir.

Orang yang sombong tidak senang ketika diberi saran. Kalaupun ia dengarkan, tidak benar-benar niat untuk dipakai. Hal ini disebabkan keyakinan dirinya bahwa ia yang paling bisa dan paling benar.

Beda halnya dengan orang percaya diri. Meski ia yakin dengan kemampuannya, ia pun sadar diri bahwa dirinya bukan Tuhan yang Maha Tahu. Masukan dari orang-orang sekitar sangat penting demi upaya perbaikan sehingga ke depannya bisa terus berkembang.

4. Sikap saat berbuat salah

Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombongpexels.com/@ketut-subiyanto

Bagi orang yang sombong, kesalahan ibarat aib. Itulah kenapa, mereka paling benci jika terjadi kesalahan, dan tidak mau mengakui. Dengan kepandaian lidahnya, justru kesalahan ditimpakan pada orang lain. Biasanya orang yang memiliki status di bawah dia.

Beda dengan orang yang percaya diri. Ia menyadari, tiap manusia ada kekurangan dan kelebihannya. Karena itu selalu ada kemungkinan berbuat salah. Jadi tak perlu malu untuk mengakui kesalahan, yang penting bagaimana kesalahan itu tidak diulang lagi ke depannya.

5. Saat berbicara

Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombongfreepik.com/freepik

Orang yang percaya diri, meskipun jago ngomong, tapi ia tidak mendominasi pembicaraan. Ia pun senang mendengarkan opini dan pemikiran orang lain. Toh, bisa menambah wawasan.

Berbeda dengan orang sombong yang egonya setinggi langit. Ia akan selalu berusaha menyetir pembicaraan ke arah dirinya. Tujuannya tidak lain tidak bukan, demi mendongkrak popularitas maupun agar diakui bahwa ia lebih kaya, lebih tampan, lebih cantik, dan lebih lainnya.

 


Dari pemaparan di atas, sekarang udah tahu kan bedanya antara orang pede dengan orang sombong? Semoga gak akan keliru lagi. Kalau kamu sendiri, termasuk yang mana nih?

Baca Juga: Ingatlah 5 Hal Ini supaya Kesuksesan Gak Lantas Membuatmu Sombong

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya