Comscore Tracker

Sering Diremehkan? 5 Sikap Ini Sebaiknya Kamu Hindari Mulai Sekarang

Pastikan kamu melakukan apa yang sudah dijanjikan

Setiap orang pasti ingin dihormati. Bukannya gila hormat, hanya saja dihargai adalah kebutuhan emosional mendasar yang mesti dipenuhi mengingat manusia tercipta sebagai makhluk sosial.

Bila saat ini kamu merasa sering diremehkan, maka ada beberapa hal yang mesti kamu evaluasi. Bisa jadi, perangaimu sendiri yang mendorong orang lain jadi meremehkanmu.

Ingin tahu sikap apa saja yang sebaiknya kamu hindari supaya gak lagi diremehkan orang lain? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Merendahkan diri sendiri dan menyanjung orang lain tinggi-tinggi

Sering Diremehkan? 5 Sikap Ini Sebaiknya Kamu Hindari Mulai Sekarangilustrasi mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang lain akan respek kepadamu apabila kamu pun bisa menghargai diri sendiri. Memuji orang lain memang bagus, hal itu sebagai wujud apresiasi atas usaha yang dilakukan olehnya.

Akan tetapi, dengan catatan bukan disertai dengan merendahkan diri sendiri. Tak perlu silau dengan prestasi orang lain. Kamu pun bila mau bisa, kok, seperti mereka. Asalkan, ada kemauan kuat dan bersedia menjalani dengan sabar setiap prosesnya.

2. Miliki sikap gampang menyerah

Sering Diremehkan? 5 Sikap Ini Sebaiknya Kamu Hindari Mulai Sekarangilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau diperhatikan, orang-orang sukses biasanya memancarkan aura karismatik yang bikin orang-orang kagum hanya dengan melihatnya. Sebab, orang yang sukses sudah kenyang makan asam garam kehidupan. Berbagai tantangan yang menghantam berhasil mereka lalui dan gak membuat mereka gentar.

Orang akan respek pada mereka yang gak mudah menyerah, karena kepribadian seperti itu jarang adanya. Sebaliknya, kamu akan gampang diremehkan apabila sebentar-sebentar pasrah. Ketemu hambatan sedikit, langsung menyalahkan nasib. Dibenahi, ya!

Baca Juga: 5 Mindset yang Justru Menghambat Potensimu, Harus Segera Dibenahi!

3. Sikap penakut, ke mana-mana mesti ditemani

Sering Diremehkan? 5 Sikap Ini Sebaiknya Kamu Hindari Mulai Sekarangilustrasi ketakutan (freepik.com/master1305)

Penyebab lain kenapa kamu jadi diremehkan akibat sifat penakut yang terus dipelihara. Kendati sudah dewasa, tapi jiwamu masih kekanak-kanakan. Ke mana-mana mesti ada teman.

Cobalah untuk memberanikan diri menjadi mandiri. Latih dirimu melakukan apa-apa sendiri, sehingga kamu gak selalu bergantung pada orang lain. Ketika kamu sudah bisa nyaman melakukan hal sendirian, orang akan melihatmu sebagai sosok yang percaya diri.

4. Kamu mau aja disuruh-suruh

Sering Diremehkan? 5 Sikap Ini Sebaiknya Kamu Hindari Mulai Sekarangilustrasi stres di tempat kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Sikap ini biasanya dialami oleh tipe people pleaser. Merasa ingin membantu dan menyenangkan semua orang, serta gak enakan untuk menolak, bikin kamu mau aja disuruh-suruh.

Justru sikap demikian membuat orang jadi gak respek, lho. Ada fakta kehidupan penting yang mesti kamu sadari, yakni gak semua orang itu baik. Banyak orang yang selfish dan gak tahu diri. Sehingga, kamu mesti melindungi diri dengan cara membuat batasan. Jangan selalu mengiyakan terhadap apa pun permintaan orang lain.

5. Kamu terlalu sering membuat janji yang gak ditepati

Sering Diremehkan? 5 Sikap Ini Sebaiknya Kamu Hindari Mulai Sekarangilustrasi menunggu (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Integritas seseorang bisa dilihat dari bagaimana kamu memperlakukan ucapan. Orang yang berintegritas gak main-main mengucap janji. Apa yang dijanjikan, maka itulah yang dilakukan.

Sikapmu yang sering menggampangkan janji yang telah dibuat membuat orang jadi malas untuk mendengarkan perkataan yang keluar dari mulutmu. Mereka tahu, kamu tukang mengumbar janji, makanya ucapanmu jadi diremehkan.

Semoga dengan membaca uraian tadi bisa menjadi bahan evaluasi diri. Kamu gak lagi melakukan hal-hal tadi, sehingga orang lain pun jadi respek terhadapmu.

Baca Juga: 5 Sikap Orang Tua yang Membentuk Anak Jadi Penakut

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya