Comscore Tracker

Supaya Gak Dibilang Lebay, Hindari deh Posting 5 Hal Ini di Medsos! 

Jangan demi pengakuan, malah kehilangan respek orang sekitar

Kata lebay sering digunakan untuk menunjukkan perilaku seseorang yang berlebihan atau norak. Hal tersebut bisa dari segi penampilan, gaya bicara, dan lain-lain. Misalnya, ada orang yang baru ke luar negeri. Setiap jam, tujuh hari seminggu, 30 hari sebulan, itu aja yang diomongin. Sampai orang bosan mendengarnya. Boleh sih mengungkapkan kebahagiaan, tapi gak harus gitu juga kali.

Dalam bermedia sosial, banyak juga ditemui orang yang berperilaku lebay. Sesuatu yang seharusnya tidak diposting, malah diumbar. Nah, supaya kamu gak sampai dibilang lebay, hindari deh posting hal berikut ini di media sosial kamu.

1. Terkait hubungan intim 

Supaya Gak Dibilang Lebay, Hindari deh Posting 5 Hal Ini di Medsos! pexels.com/@cottonbro

Apa yang terjadi di dalam kamar tidur antara kamu dan pasanganmu adalah hal privat. Jangan malah diumbar. Gak usah dibagikan ke khalayak ramai posisi apa yang paling disuka suami kamu, atau panggilan kesayangan saat kamu sedang berhubungan intim. Gak ada faedahnya kok.

Selain menimbulkan ketidaknyamanan terhadap followers kamu, hal itu juga bisa menyebabkan kamu kehilangan respek dari pasanganmu.

2. Selfie saat berciuman 

Supaya Gak Dibilang Lebay, Hindari deh Posting 5 Hal Ini di Medsos! pexels.com/@evelina-zhu

Emang sih, saat orang sedang dimabuk asmara, dunia terasa indah dan ingin agar seluruh dunia tahu kalau kalian saling mencinta. Tapi gak harus sampai posting selfie sambil berciuman. Tak hanya membuatmu terlihat norak, hal itu juga bisa menyinggung teman atau keluargamu yang masih sendiri.

Bukannya hendak menakuti, lho. Tapi dilansir Independent, Dr. Nikki Goldstein, seorang pakar hubungan dan seksolog dari Australia menuturkan bahwa pasangan yang sering membagikan momen mereka di medsos, sering kali sedang mencari kepastian tentang hubungan mereka dari orang lain. Dengan kata lain, mereka tidak merasa insecure dalam hubungan mereka.

Lagian, jika momen-momen intimate kamu dan dia selalu di-share, di mana lagi letak istimewanya. Seharusnya hal tersebut jadi momen-momen berharga yang hanya bisa kalian nikmati berdua.

3. Selfie saat menghadiri acara pemakaman 

Supaya Gak Dibilang Lebay, Hindari deh Posting 5 Hal Ini di Medsos! pixabay.com/carolynabooth

Bermedia sosial boleh, tapi jangan sampai melanggar etika dan melunturkan nilai-nilai sosial. Ada tempat atau momen yang sangat harus dihindari untuk melakukan selfie. Contohnya saat menghadiri pemakaman. Setega itukah, orang lagi berduka, kamu malah selfie. Hati nuraninya ketinggalan di mana ya.

Baca Juga: Mau Kece Jadi Kocak, 13 Alis Paling Lebay ini Dijamin Bikin Ngakak

4. Screenshot percakapan pribadi 

Supaya Gak Dibilang Lebay, Hindari deh Posting 5 Hal Ini di Medsos! pixabay.com/itechirfan

Namanya juga percakapan pribadi, jadi ya sifatnya pribadi. Bukan untuk konsumsi publik. Mungkin ada satu dua orang yang akan nge-likes saat kamu posting tangkapan layar percakapan pribadimu.

Tapi percaya deh, kamu sudah kehilangan kredibilitas dari banyak orang. Orang jadi was-was untuk menyampaikan hal pribadi ke kamu. Karena kamu sudah dikenal sebagai orang yang suka mengumbar hal pribadi ke internet.

5. Struk belanja 

Supaya Gak Dibilang Lebay, Hindari deh Posting 5 Hal Ini di Medsos! pixabay.com/alexas_fotos

Gak ada yang larang ketika seseorang ingin memamerkan harta kekayaannya, misalnya mobil mewah atau barang belanjaan yang harganya mahal. Bagi sebagian orang, hal tersebut sebagai wujud menghadiahi diri sendiri karena sudah berjuang keras untuk mencapai posisi yang sekarang.

Tapi, gak harus pamer struk belanja juga kali. Orang tahu kok kamu kaya, jadi gak harus sharing sampai mendetail gitu. Justru bukan respek yang didapat, kamu malah dibilang norak dan OKB (Orang Kaya Baru).

Media sosial memang seperti lapak pribadi. Tiap orang berhak untuk posting apa pun yang dia mau. Namun, seperti halnya dalam hubungan sosial di dunia nyata, hubungan di dunia maya pun tetap memiliki norma dan etika. Jangan karena dalih kebebasan berekspresi, kamu mengabaikan norma-norma tersebut dan berperilaku seenaknya.

Jadi, perlakukan lah media sosial sewajarnya. Tak perlu berperilaku lebay. Kamu sudah istimewa kok, tanpa perlu pengakuan dari warganet.

Baca Juga: Drama Queen, 5 Zodiak yang Dikenal Paling Dramatis dan Suka Lebay

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya