Comscore Tracker

Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Konsentrasi, Gak Hilang Fokus

Jangan begadang, ya!

Dalam melakukan pekerjaan apa pun, fokus sangatlah penting. Makanya, kalau kamu sulit sekali berkonsentrasi, gampang teralihkan oleh hal-hal di luar tugas, selain bisa menurunkan produktivitas, hasil kerja pun jadi gak maksimal.

Untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Apa saja? Mari simak!

1. Detoksifikasi HP

Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Konsentrasi, Gak Hilang Fokusilustrasi wanita sedang kerja (pexels.com/Christina Morillo)

Saat ini, HP paling sering menjadi sumber penyebab kamu gampang banget kehilangan fokus. Lagi asyik-asyik kerja, tiba-tiba ada bunyi notifikasi. Mau mengabaikan, takutnya ada hal penting. Yang tadinya berniat cuma cek notifikasi doang, ternyata malah lanjut chatting.

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan bila ingin fokus, yakni detoksifikasi HP. Banyak cara yang dapat kamu lakukan. Misalnya, menaruh HP di tempat yang susah dijangkau, seperti di laci yang sudah kamu kunci rapat. Bisa pula dengan mematikan notifikasi, uninstall aplikasi, membatasi screen time, dan cara-cara lainnya. Yang penting, interaksimu dengan HP hanya di luar jam kerja.

2. Buat to do list

Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Konsentrasi, Gak Hilang Fokusilustrasi membuat to do list (pexels.com/Karolina Grabowska)

Di antara penyebab kamu mudah kehilangan fokus, karena merasa kalau tugas-tugasmu sedikit dan bisa di-handle. Hal tersebut diakibatkan, kamu gak membuat daftar tugas apa aja yang mesti dilakukan.

Beda halnya bila sebelum memulai hari, kamu sudah membuat daftar pekerjaan apa aja yang mesti diselesaikan. Dari situ, bisa ketahuan kalau kamu gak punya waktu untuk santai-santai di jam kerja. Tugasmu bejibun! Kesadaran diri inilah yang bisa mendorongmu untuk lebih fokus bekerja, dan gak memedulikan hal lain di luar pekerjaan.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Konsentrasi saat Belajar, Jadi Lebih Semangat!

3. Kelompokkan tugas berdasarkan prioritas

Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Konsentrasi, Gak Hilang Fokusilustrasi to do list (pexels.com/Ivan Samkov)

Satu sisi, kesadaran diri kalau tugasmu banyak bisa mendorongmu untuk lebih berkonsentrasi. Tapi, di sisi lain malah bisa mengakibatkan kurang produktif, yakni bila kamu merasa kewalahan, dan akhirnya jadi menunda-nunda pekerjaan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengelompokkan tugas berdasarkan prioritas. Lakukan dulu satu tugas yang memang penting dan mendesak, gak perlu memikirkan tugas lain yang menunggu. Kalau sudah selesai, lanjut ke satu tugas berikutnya.

Dengan melakukan pekerjaan secara terorganisir, selain tugas cepat selesai, baik pula untuk kondisi mental. Karena tiap selesai satu tugas, kamu akan merasa bangga sudah berhasil mengerjakannya. Hal tersebut bisa mendongkrak kepercayaan dirimu, lho!

4. Jangan begadang

Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Konsentrasi, Gak Hilang Fokusilustrasi tidur di atas laptop (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Percuma saja kamu sudah membuat to do list sesuai dengan skala prioritas. Sudah pula menyembunyikan HP di tempat yang sulit dijangkau. Tapi, malam harinya kamu kurang tidur akibat begadang. Gak bakal produktif juga nantinya!

Kenapa? Karena tubuh itu bukanlah mesin yang bisa kamu atur seenak hati dengan menyala-matikan tombol. Supaya tubuh bisa berfungsi normal, sehingga dapat berkonsentrasi dan berpikir jernih, maka tubuh perlu dipenuhi kebutuhannya, salah satunya istirahat yang cukup.

5. Penuhi nutrisi seimbang

Terapkan 5 Hal Ini untuk Tingkatkan Konsentrasi, Gak Hilang Fokusilustrasi sarapan (pexels.com/Flo Dahm)

Seperti telah disinggung sebelumnya, untuk bisa berfungsi dengan baik, tubuh perlu dipenuhi kebutuhannya. Selain mesti cukup tidur, tubuh juga perlu asupan dengan nutrisi seimbang.

Biasakan sarapan di pagi hari, agar kamu gak lemas saat beraktivitas. Kalau kamu melewatkan sarapan, pasti sulit konsentrasi, karena tubuhmu lapar.

Coba terapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, agar kamu gak mudah kehilangan fokus. Kemampuan konsentrasi meningkat, maka pekerjaan bisa cepat diselesaikan, sehingga waktu istirahatmu pun jadi lebih banyak. Kamu jadi punya banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal lain yang menyenangkan, lho!

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja agar Pikiran Gak Buyar 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya