Comscore Tracker

5 Langkah Membuatmu Termotivasi Kembali saat Ingin Menyerah

Coba, diingat kembali alasan dibalik impianmu itu

Hidup dengan mengikuti apa yang kita inginkan memang gak gampang. Ada banyak aral rintangan yang membenturkan keinginan. Sampai akhirnya, kamu kehilangan motivasi di tengah jalan, dan rasanya ingin menyerah saja. Mungkin ini memang sudah takdir, pikirmu.

Merasa jenuh, down, itu manusiawi, kok. Asalkan, jangan biarkan kondisi sulit tersebut membuatmu membuang semua hasil jerih payahmu selama ini. Yuk, temukan motivasimu kembali, supaya semangatmu membara lagi!

1. Evaluasi lagi sekelilingmu

5 Langkah Membuatmu Termotivasi Kembali saat Ingin Menyerahilustrasi teman (pexels.com/Keira Burton)

Ketika kamu berada di titik terendah, pastinya akan sangat membantu apabila ada support system yang bisa mengingatkan impian-impianmu, sekaligus mendorongmu untuk meraihnya. Dengan begitu, kamu jadi bisa termotivasi lagi.

Sebaliknya, bila lingkunganmu negatif, yang terjadi malah sebaliknya. Mereka akan memberimu seribu alasan kenapa sebaiknya kamu berhenti. Maka dari itu, kamu perlu evaluasi kembali lingkungan sekelilingmu. Jaga jarak terhadap mereka yang sering membuatmu rendah diri atau merasa senang ketika kamu menyerah.

2. Ingat kembali “why”-nya

5 Langkah Membuatmu Termotivasi Kembali saat Ingin Menyerahilustrasi orangtua (pexels.com/Steshka Willems)

Di tengah jalan, ada kalanya kamu terlupa, alasan penting kenapa kamu mempunyai impian yang saat ini sedang kamu usahakan. Coba ingat-ingat lagi.

Apakah itu karena kamu ingin merasakan kepuasan batin untuk berhasil mewujudkan sesuatu yang tampak mustahil, apakah itu karena kamu ingin melihat senyum semringah orangtuamu ketika berhasil membawa mereka untuk pergi umrah, bisa pula, karena kamu ingin punya rumah sendiri, atau berbagai alasan lain. Jangan lupakan itu!

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Kembali Termotivasi, Lawan Rasa Malasmu!

3. Tempel impianmu di dinding

5 Langkah Membuatmu Termotivasi Kembali saat Ingin Menyerahilustrasi membaca buku (pexels.com/Los Muertos Crew)

Visualisasi sangatlah penting dalam upaya menggapai cita-cita. Dari situ, kamu selalu diingatkan apa tujuanmu, sehingga bisa fokus meraihnya. Selain itu, dengan membayangkan bagaimana nanti ketika kamu sudah menggapainya, dapat mendorong suasana hatimu jadi lebih baik.

Sebaiknya, kalau kamu punya impian, jangan cuma disimpan di kepala. Tapi tuliskan, atau tempel di dinding di mana kamu akan sering melihatnya. Ini cukup efektif untuk jadi pengingat ada impian yang sedang menunggu untuk kamu wujudkan.

4. Fokuskan diri pada progress

5 Langkah Membuatmu Termotivasi Kembali saat Ingin MenyerahIlustrasi pria sedang bekerja (pexels.com/Burst)

Kamu akan mudah stres, kalau perhatianmu sangat terfokus pada hasil. Apalagi untuk jenis impian yang butuh waktu lama mencapainya. Bisa membuatmu terengah-engah dan gampang menyerah, kalau hanya mengharapkan result segera.

Daripada memfokuskan diri pada hasil, cobalah alihkan fokusmu pada proses. Bagaimana caranya, agar prosesmu mengalami kemajuan. Dengan melihat kemajuan proses, kamu akan sadar, bahwa ternyata sudah sejauh ini, lho, berbagai upayamu. Jadi, sayang banget kalau harus berhenti di tengah jalan.

5. Pecah ke dalam tujuan-tujuan kecil

5 Langkah Membuatmu Termotivasi Kembali saat Ingin Menyerahilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/RODNAE Productions)

Gagal berkali-kali memang bisa menyebabkan demotivasi. Langkah yang bisa kamu lakukan, mengevaluasi kembali bagaimana tujuanmu selama ini. Mungkin saja, kamu membuat target yang terlalu besar. Makanya, jadi sulit diwujudkan.

Coba pecah target yang besar itu ke goals yang lebih kecil dan secara logika, bisa kamu raih. Ini cukup efektif untuk melatih konsistensi dan kedisiplinan, serta akan mendongkrak rasa percaya dirimu, tiap kali tujuan kecil itu berhasil diraih.

Setiap orang sebenarnya punya potensi tak terbatas. Apa yang kamu pikirkan, pasti bisa diraih, selama kamu gigih. Dengan kegigihan, yang mustahil pun bisa terwujud. Jadi, jangan menyerah, ya. Semoga tips tadi bisa membuatmu semangat lagi!

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang agar Kamu Termotivasi untuk Mau Bekerja Keras

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya