Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Terapkan agar Gak Dicap Tukang Ngerepotin Orang

#IDNTimesLife Akan membuatmu gak disukai, lho!

Sebagai makhluk sosial, manusia gak akan lepas membutuhkan pertolongan orang lain. Pasti ada saatnya hal tertentu yang tak bisa kamu kerjakan sendiri sehingga diperlukan bantuan dari orang sekitarnya.

Hal itu memang lumrah, namun yang tak bisa dimaklumi ketika meminta tolong itu sudah dijadikan kebiasaan, sampai-sampai kamu pun terkenal tukang ngerepotin orang.

Nah biar gak begitu, hal berikut ini perlu kamu terapkan supaya gak sebentar-sebentar minta tolong orang lain. Apa saja?

1. Berusaha untuk mandiri

5 Hal yang Perlu Kamu Terapkan agar Gak Dicap Tukang Ngerepotin Orangpixabay.com/id/users/free-photos-242387

Sebelum minta tolong, pastikan dulu bahwa kamu memang gak bisa untuk melakukannya sendiri. Berusaha dulu cari tahu solusinya, misalnya mencari caranya lewat google. Jangan sedikit-sedikit minta tolong tetangga atau teman. Gak ada usaha sama sekali untuk berusaha mandiri.

Sekali dua kali mungkin bisa dimaklumi, tapi kalau sudah jadi habit, orang pun jadi sebal padamu. Apalagi, hal yang kamu lakukan itu sudah termasuk memanfaatkan orang lain. Itu bukanlah hal terpuji, lho!

2. Sadari bahwa yang punya masalah bukan kamu saja

5 Hal yang Perlu Kamu Terapkan agar Gak Dicap Tukang Ngerepotin Orangunsplash.com/@carolinahdzz

Berhentilah merasa jadi orang paling menderita sedunia. Masalah-masalah kecil yang sebenarnya bisa kamu selesaikan sendiri, apabila kamu tidak berlebihan dalam bereaksi, harusnya tak perlu sampai membuat semua orang sampai turun tangan.

Ingat lho, yang punya masalah bukan kamu saja. Bisa jadi saat kamu minta tolong teman atau keluarga, mereka itu sebenarnya juga sedang dalam situasi sulit.

3. Sifat malas bisa bikin hidupmu gak bermutu

5 Hal yang Perlu Kamu Terapkan agar Gak Dicap Tukang Ngerepotin Orangpexels.com/@cottonbro

Sifat malas itu jangan dipelihara, karena hanya akan merugikan dan membuat hidupmu gak bermutu. Senang mengandalkan orang lain karena malas mencari jalan penyelesaian sendiri, membuat hidupmu gak berkembang.

Berusaha mencari tahu sendiri, memang lebih repot dibanding tinggal menyuruh orang dengan alasan minta tolong. Tapi jika kamu lakukan sendiri, kamu akan menambah pengetahuan baru. Dan sewaktu-waktu masalah itu terjadi lagi di masa depan, kamu sudah tahu cara penyelesaiannya.

Baca Juga: 5 Sifat Buruk Ini Harus Diperbaiki Kalau Mau Jadi Pasangan yang Baik

4. Orang lain gak suka diandalkan terus-terusan

5 Hal yang Perlu Kamu Terapkan agar Gak Dicap Tukang Ngerepotin Orangunsplash.com/@jasonyoder

Pada dasarnya orang itu egois. Hanya saja, ada sebagian orang yang mampu menekan egoismenya sehingga tidak mementingkan diri sendiri dan mau bantu sekitarnya.

Tapi kalau orang sudah baik padamu, jangan dimanfaatkan. Kalau dia sudah gak suka dan akhirnya mengekspresikan ketidaksukaannya, kamu sendiri yang rugi. Dia bisa gak peduli padamu lagi.

5. Persiapkan dengan matang

5 Hal yang Perlu Kamu Terapkan agar Gak Dicap Tukang Ngerepotin Orangpexels.com/@knownasovan

Saat ingin melakukan sesuatu, sebisa mungkin persiapkan dengan matang jauh-jauh hari sebelumnya. Misalnya ketika ingin bepergian, pastikan semua yang diperlukan sudah tersedia. Jangan pas mau pergi baru repot mempersiapkan, akhirnya minta bantuan sana-sini supaya cepat kelar.

Dalam berinteraksi sosial, kita perlu banyak introspeksi. Apakah perilaku sehari-hari kita telah membuat orang lain tidak suka. Dan sering merepotkan orang, padahal sebenarnya bisa kamu lakukan, adalah salah satu hal yang perlu kamu hindari. Jadi, jangan dilakukan lagi ya!

Baca Juga: Waduh, 7 Sifat Buruk Ini Ternyata Bisa Diwariskan secara Genetis!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya