Comscore Tracker

Bisa Bikin Kamu Stres Sendiri, 5 Tips Atasi Sering Berpikir Negatif!

#IDNTimesLife Bisa membuat hidupmu suram

Pemikiran-pemikiran negatif jika terus dibiarkan dengan liar, bisa membuat hidup jadi berantakan. Selain membuat dirimu jadi konstan dilanda stres dan kecemasan, pemikiran yang negatif juga bisa membuatmu selalu melihat sisi buruk saat ingin menjajal hal baru.

Dampaknya, hidupmu jadi stagnan, gak maju-maju. Terlalu takut keluar dari zona nyaman sehingga membuat hidup jadi terasa suram.

Untuk mengatasinya, di bawah ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar gak terus didera pemikiran negatif. Apa saja?

1. Hindari sikap perfeksionis

Bisa Bikin Kamu Stres Sendiri, 5 Tips Atasi Sering Berpikir Negatif!pexels.com/@olia-danilevich

Saat melakukan sesuatu, kita memang gak boleh sembarangan dan asal saja. Perlu adanya perencanaan yang matang, sehingga bisa meminimalkan kegagalan.

Namun jangan sampai kamu jadi perfeksionis, menuntut semuanya sempurna. Gak akan bisa! Kalaupun kamu berhasil menyusun dengan sesempurna dan sedetail mungkin, dan ternyata hasilnya masih juga gagal, hal ini membuatmu jadi rentan terkena stres yang berlarut-larut. Akibat ekspektasi sudah terlalu tinggi.

Di sisi lain, terlalu menuntut kesempurnaan juga bisa membuatmu kurang gercep. Kebanyakan memikirkan rencana supaya bisa sempurna, sampai akhirnya didahului oleh kompetitor. Akhirnya yang rugi kamu sendiri, kan?

2. Pahami pola berpikirmu

Bisa Bikin Kamu Stres Sendiri, 5 Tips Atasi Sering Berpikir Negatif!pixabay.com/free-photos

Tiap orang pastilah pernah dikuasai perasaan negatif. Dan pemicunya pun bermacam-macam. Jadi, kenali pola berpikirmu, kapan saja pikiran negatif itu biasanya muncul. Sehingga kamu mampu mencegah pikiran negatifmu jadi gak terkendali.

Misalnya, pikiran negatif selalu muncul saat kamu ingin melamar pekerjaan. Datang deh monolog negatif dalam otakmu.

"Ah, yang kemarin aja gak dapat panggilan, palingan yang ini hasilnya juga sama." atau

"Gak mungkinlah keterima, soalnya itu perusahaan besar dan yang melamar pasti banyak."

Kalau kamu sudah tahu polanya, kamu bisa pikirkan kira-kira hal apa yang bisa membuatmu memutuskan untuk mengabaikan pikiran negatif itu dan tetap melangkah. Misalnya saja dengan menyiapkan ‘amunisi’ berupa berbagai statement dari mereka yang sudah pengalaman cari kerja, bahwa kirim aja lamaran sebanyak-banyaknya, nanti juga bakal ada yang nyangkut.

Hal itu bisa jadi semacam support system kamu ketika pikiran negatif menyerang, sehingga kamu mampu melawannya.

3. Lakukan meditasi

Bisa Bikin Kamu Stres Sendiri, 5 Tips Atasi Sering Berpikir Negatif!pexels.com/@karolina-grabowska

Dengan melakukan meditasi, melatihmu untuk mampu mengenali diri sendiri serta emosi atau pikiran-pikiran yang ada di benakmu. Dengan menerima bahwa emosi negatif itu pun bagian dari dirimu, tunjukkan bahwa kamu adalah manusia, kamu bisa menyikapinya dengan lebih bijaksana.

Kamu sadar, yang pegang kendali hidupmu adalah kamu sendiri. Meski pikiran negatif itu berkecamuk, kamu yang putuskan untuk bertindak sesuai dengan pikiran negatif tersebut, atau memilih jalur sebaliknya.

Baca Juga: 5 Zodiak Rentan Stres di Minggu Keempat Maret 2021, Aries Jangan Egois

4. Biasakan untuk bersyukur

Bisa Bikin Kamu Stres Sendiri, 5 Tips Atasi Sering Berpikir Negatif!unsplash.com/@johnn21

Dengan membangun kebiasaan bersyukur, hatimu jadi tenang dan jadi merasa cukup dengan apa yang kamu punya. Karena biasanya pikiran negatif itu bisa timbul karena kamu berusaha menyamakan hidupmu dengan standar orang lain.

Padahal tanpa kamu sadari, ada orang lain di luar sana yang justru iri dengan apa yang kamu punya saat ini. Jadi, perbanyak syukur, ya!

5. Fokus pada kekuatanmu

Bisa Bikin Kamu Stres Sendiri, 5 Tips Atasi Sering Berpikir Negatif!pexels.com/@olly

Orang yang kamu lihat tampak hebat dan sempurna itu, kalau mengenal lebih dalam lagi, pasti akan ditemukan kekurangannya. Karena sudah begitu suratannya, tiap manusia ada kekurangan, tapi ada juga kelebihan.

Daripada terus melihat kelebihan orang lain dan menunjuk kekurangan diri sendiri, mending pusatkan saja perhatianmu pada sisi kuat dirimu. Selain bisa membuat suasana hatimu jadi lebih baik, melihat sisi positifmu juga bisa dongkrak rasa percaya diri sehingga gak rentan terserang pemikiran negatif.

Mudah-mudahan tips tadi bisa membuatmu bisa lebih menikmati hidup ini karena tak selalu dikungkung dengan pikiran yang negatif!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Stres Dampak Stres pada Laki-Laki Lebih Parah

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya