Comscore Tracker

5 Tips Elegan Menghadapi Orang yang Sering Meremehkan Kamu

Dibawa santai aja, mereka akan diam sendiri saat lihat bukti

Dalam bersosialisasi, ada kalanya hati harus-benar dibentengi. Karena, tak semua orang bisa bersikap dengan baik, malah menyakiti hati.

Sebagai contoh, sikap meremehkan. Entah maksudnya disengaja ingin membuatmu rendah diri atau memang mereka melakukannya tanpa sadar.

Tapi tetap saja sikap meremehkan ini jika tak disikapi dengan tepat, akan bisa menghancurkan rasa percaya diri dan membuatmu takut melangkah meraih impian besar.

Oleh karena itu, cobalah terapkan tips berikut ini ketika menghadapi orang yang sering meremehkan kamu. Ini tipsnya!

1. Tenangkan diri

5 Tips Elegan Menghadapi Orang yang Sering Meremehkan Kamupexels.com/@kelvin809

Reaksi yang umum diberikan orang ketika diremehkan adalah menyerang balik dengan amarah. Tapi tahu gak sih, hal itu malah bikin puas orang yang sudah meremehkanmu. Karena bisa terlihat bahwa kendali emosimu tidak begitu baik dan gampang terhasut omongan.

Jadi, yang perlu kamu lakukan saat diremehkan, coba tenangkan diri. Tarik napas perlahan dan selalu ingat, jika kamu berhasil tak menanggapinya dengan emosi, artinya kamu menang.

Karena orang yang sering mengecilkan orang lain adalah bukti ada hal yang membuatnya insecure, sehingga meremehkan jadi jalan mereka untuk menyembunyikan insecurity yang ada. Semakin kamu tak peduli dengan omongannya, semakin kecewalah mereka.

2. Teruskan langkahmu

5 Tips Elegan Menghadapi Orang yang Sering Meremehkan Kamupexels.com/@olly

Orang yang senang meremehkan, merasa bahwa dirinya lebih tahu karaktermu dibandingkan kamu sendiri. Padahal, tak ada yang lebih mengenal dirimu sendiri selain kamu!

Karena itu, biarkan saja mereka terus mengoceh bahwa usahamu akan gagal, gak usah bermimpi yang muluk-muluk, kalau emang susah ya susah aja. Terserah mereka ingin mengoceh apa.

Teruskan aja langkahmu jika kamu anggap itu benar. Semakin mereka keras bicara dalam meremehkanmu, semakin besar rasa malu yang akan mereka tanggung saat kamu telah berhasil menunjukkan hasil dari keputusanmu.

Baca Juga: Harus Berubah! 5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbiasa Meremehkan Orang Lain

3. Tingkatkan skill

5 Tips Elegan Menghadapi Orang yang Sering Meremehkan Kamuunsplash.com/@anthonytran

Terkadang, di balik hinaan ada hikmah yang bisa kamu ambil. Boleh jadi usahamu hingga sekarang belum membuahkan hasil karena ada yang harus diperbaiki.

Terus tingkatkan skill sampai kamu ahli dengan bidang yang kamu geluti, dan meraih apa yang kamu inginkan. Hinaan yang bagi orang lain membuat terpuruk, malah berhasil kamu ubah jadi motivasi untuk terus melangkah sampai berhasil!

4. Tunjukkan lewat bukti

5 Tips Elegan Menghadapi Orang yang Sering Meremehkan Kamuunsplash.com/@tamarabellis

Balas dendam paling elegan sekaligus paling memuaskan terhadap orang yang meremehkan adalah ketika kamu berhasil mencapai apa yang selama ini selalu mereka ocehkan.

Tak perlu banyak kata, tak perlu mengeluarkan energi, cukup fokuskan perhatianmu pada pencapaian yang ingin kamu raih. Ketika mereka melihat keberhasilanmu, akhirnya mereka mingkem sendiri.

5. Jaga jarak

5 Tips Elegan Menghadapi Orang yang Sering Meremehkan Kamupexels.com/@elizaveta-dushechkina-2099536

Tak bisa dipungkiri, diragukan terus-terusan memang bisa membuat kamu sering mempertanyakan diri sendiri, apakah saya bisa? Nah, supaya itu tidak sampai terjadi, ada baiknya jaga jarak dengan orang tipe negatif yang senangnya meremehkan dan menjatuhkan orang.

Gak perlu merasa bersalah untuk tidak dekat-dekat dengan orang toksik seperti ini. Percaya deh, menjauhi mereka akan berdampak baik bagi kesehatan jiwa raga.

 

Kita tidak bisa mengatur bagaimana seharusnya orang bersikap pada kita. Karena akan selalu ada orang-orang yang senang melihat lainnya menderita. Abaikan saja mereka dan jangan biarkan omongan menyakitkan jadi penghalangmu untuk mencapai sukses yang kamu impikan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Dilakukan saat Orang Lain Meremehkan Mimpimu, Semangat!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya