Comscore Tracker

5 Tips Simpel Bikin Hidupmu Jadi Tenang, Jauhi Drama dan Gosip!

Drama cukup dijadikan hiburan, jangan bawa ke dunia nyata

Sudah kodratnya, hidup itu penuh liku-liku. Namun, ketika kamu menjalaninya dengan ketenangan, maka masalah yang tampak besar pun, bisa terlihat kecil. Sebaliknya, saat diri jauh dari kedamaian, persoalan sepele bisa jadi tampak rumit dan berbelit.

Untuk mendapatkan ketenangan hidup, sehingga kamu bisa menjalani aktivitas tiap hari dengan lebih damai, ada beberapa tips simpel yang bisa kamu terapkan. Apa saja?

1. Merelakan yang gak bisa kamu kendalikan

5 Tips Simpel Bikin Hidupmu Jadi Tenang, Jauhi Drama dan Gosip!ilustrasi cowok makan es krim (pexels.com/Reead)

Kamu bukan Tuhan, jadi berhentilah bertindak seolah-olah kamu bisa mengendalikan semua hal. Karena sikap seperti itu, hanya akan menggerogoti kebahagiaan.

Menyadari bahwa kamu manusia yang punya keterbatasan, akan membantumu untuk bisa lebih ikhlas menerima berbagai kejadian yang gak sesuai harapan. Ketika hati sudah ikhlas, hidupmu jadi jauh lebih tenang, dan akan lebih mudah untuk mencari penyelesaian.

2. Mendengarkan kata hati

5 Tips Simpel Bikin Hidupmu Jadi Tenang, Jauhi Drama dan Gosip!ilustrasi pria merenung (pexels.com/Pixabay)

Orang lain boleh-boleh saja memberi saran. Akan tetapi, yang perlu disadari, kamu adalah aktor utama dalam kisah perjalanan hidupmu sendiri.

Maka dari itu, coba dengarkan kata hati, ketika kamu dilanda bimbang dalam mengambil keputusan. Hati biasanya tahu, mana yang lebih tepat untukmu. Tapi mesti ingat, kamu wajib bertanggung jawab terhadap pilihanmu sendiri.

Baca Juga: Bikin Hidupmu Tenang dan Damai, Ini 5 Manfaat dari Hidup Sederhana

3. Menjaga jarak dengan orang-orang negatif

5 Tips Simpel Bikin Hidupmu Jadi Tenang, Jauhi Drama dan Gosip!ilustrasi bicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Pikiran negatif bisa menular. Sebagai contoh, saat baru bangun tidur, kamu begitu bersemangat. Sampai kantor, bertemu dengan rekan kerja yang hobi ngeluh.

Coba deh, perhatikan, apakah kamu masih tetap bersemangat, atau semangatmu jadi redup? Pasti sedikit banyak, kepalamu jadi mumet. Maka dari itu, kamu perlu selektif dalam memilih lingkaran orang terdekat.

Pilihlah orang-orang yang asyik diajak berjuang. Kalian bisa saling menguatkan satu sama lain. Bukan tipe yang malah merusak suasana hati, dan membuat suram pandanganmu terhadap masa depan.

4. Jauhi gosip dan drama

5 Tips Simpel Bikin Hidupmu Jadi Tenang, Jauhi Drama dan Gosip!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Matt Hardy)

Drama itu cuma asyik saat ditonton sebagai hiburan. Ketika sudah dibawa dalam kenyataan, bisa bikin hidupmu runyam.

Hindari lingkungan yang senang gosip dan drama. Karena hal tersebut hanya akan membuat hari-harimu gak pernah tenang. Hidup jadi gak produktif, akibat energi dan waktumu terbuang sia-sia karena selalu terlihat dalam gosip dan drama yang gak penting.

5. Jangan membanding-bandingkan diri

5 Tips Simpel Bikin Hidupmu Jadi Tenang, Jauhi Drama dan Gosip!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Vlada Karpovich)

Kalau kamu sering membanding-bandingkan kehidupanmu dengan teman-teman atau orang di sekitar, sebaiknya mulai sekarang dihentikan, deh. Karena sikap seperti itu sama saja dengan menjahati diri sendiri, lho.

Setiap orang punya jalan hidup masing-masing. Gak adil, jika kamu menyamaratakan, padahal kondisinya beda-beda. Ini hanya akan menguras energi dan membuang-buang waktu. Mood-mu jadi rusak, kepercayaan dirimu jadi hancur, semangatmu jadi turun, dan banyak hal buruk lain yang terjadi, akibat kamu sering membandingkan diri.

 

Ikuti tips sederhana di atas, dan lihatlah apa yang terjadi. Hidupmu jadi jauh lebih tenang dan damai!

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Bikin Hidup Lebih Tenang dan Bahagia, Buktikan!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya