Comscore Tracker

Hati-hati Lho, 5 Topik Obrolan Ini Bisa Bikin Image Kamu Jadi Buruk

#IDNTimesLife Penting buat meningkatkan citra positifmu

Tercipta sebagai makhluk sosial, membuat manusia tak bisa hidup benar-benar sendirian dan tidak bergantung dengan orang lain. Se-introvert-nya orang, pasti akan ada kebutuhan untuk bisa saling berinteraksi dengan lainnya.

Saat bercerita atau ngobrol dengan orang lain, harus diperhatikan pula nih topik obrolannya. Karena apa yang kita katakan bisa mencerminkan hati kita. Jangan sampai, topik obrolan yang kita pilih malah memberi image buruk dan membuat orang lain jadi tidak suka.

Untuk itu, kamu perlu tahu kalau topik-topik di bawah ini sebaiknya dihindari saat berinteraksi dengan orang lain.

1. Ghibah 

Hati-hati Lho, 5 Topik Obrolan Ini Bisa Bikin Image Kamu Jadi Burukfreepik.com/peoplecreations

Ghibah atau dikenal pula dengan gosip adalah membicarakan keburukan orang lain. Biasanya topik ini emang paling seru jadi bahan obrolan. Tapi hati-hati lho, orang-orang baik biasanya malah gak suka kalau apa yang kamu bicarakan selalu tentang keburukan orang.

Selalu membicarakan hal negatif orang lain tak akan membuatmu jadi terlihat baik, justru sebaliknya. Ini menunjukkan kalau kamu tipe orang yang menikam dari belakang. Dan hal tersebut bisa membuat orang di sekitarmu was-was, apakah suatu saat nanti mereka pun akan jadi korbanmu, dibicarakan dengan buruk di belakang mereka.

Jika kamu tetap mempertahankan kebiasaan ini, janganlah heran jika orang-orang di sekitarmu pun serupa. Senang membuka aib orang lain, termasuk aib yang kamu punya.

2. Keluhan 

Hati-hati Lho, 5 Topik Obrolan Ini Bisa Bikin Image Kamu Jadi Burukfreepik.com/karlyukav

Salah satu keuntungan punya teman adalah bisa dijadikan tempat curhat sehingga meringankan beban yang kita tanggung. Tapi, jangan jadikan curhat sebagai kebiasaan, sebentar-sebentar mengeluh. Tiap ngobrol selalu aja tentang masalah atau hal-hal negatif yang dialami.

Bukan berarti kamu gak boleh curhat ya. Tapi, jangan dilakukan sering-sering, tiap masalah, sekecil apa pun itu diumbar ke sana-kemari. Sekali dua kali mungkin bisa mengundang simpati, tapi keseringan, orang jadi tidak peduli.

Perlu disadari, yang punya masalah bukan kamu aja. Tiap orang punya masalah dengan kadar dan jenisnya sendiri. Kalau mereka diam, bukan berarti hidupnya lurus-lurus aja, adem-ayem aja. Mungkin dengan diam membuat mereka lebih tenang dalam mencari solusi.

3. Diri sendiri 

Hati-hati Lho, 5 Topik Obrolan Ini Bisa Bikin Image Kamu Jadi Burukpexels.com/@fauxels

Pernahkah saat kamu curhat, terus dikomentarin “aku malah lebih parah lagi lho”, atau seperti “aku juga kayak gitu”. Mau ngomongin apa pun, selalu balik ke “aku”. Gimana perasaanmu? Pasti sebal kan ya, berasa nih orang gak peduli banget sih.

Nah, kalau kamu gak suka digituin, jangan lakukan hal yang sama ketika berbicara dengan orang lain. Berikan orang lain kesempatan untuk mengemukakan opininya atau masalahnya. Berusaha mendengarkan dia, dengan begitu, orang pun akan senang ngobrol dengan kamu karena kamu bukan tipe narsis yang maunya selalu membicarakan diri sendiri.

Baca Juga: Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!

4. Menghakimi 

Hati-hati Lho, 5 Topik Obrolan Ini Bisa Bikin Image Kamu Jadi Burukpixabay.com/free-photos

Kadang kala, orang ingin curhat bukan untuk mencari solusi, tapi lebih kepada mengeluarkan beban hati dan meyakinkan diri bahwa ia tidak sendiri. Jadi, sebaiknya hindari sikap menghakimi orang lain, apalagi jika masalahnya belum benar-benar kamu ketahui.

Bukannya malah meringankan bebannya, malah membuat ia tambah sedih. Sering melakukan ini, bisa membuatmu dijauhi karena siapa pun itu gak akan suka dihakimi tanpa tahu situasi yang melandasi. Kamu pun gak mau kan kalau bertukar posisi?

5. Lebay 

Hati-hati Lho, 5 Topik Obrolan Ini Bisa Bikin Image Kamu Jadi Burukfreepik.com/cookie-studio

Topik obrolan lain yang bisa membuat image kamu jadi buruk adalah segala sesuatu yang lebay. Misalnya, “duh, kepalaku pusing banget deh udah tiga hari ini, apa aku kena kanker ya”. Waduh, aware terhadap kesehatan memang perlu, tapi gak ekstrem gitu juga kali.

Atau membicarakan kemungkinan alasan kenapa kamu besok dipanggil meeting dengan manajer. Langsung deh mikirnya yang nggak-nggak, akan ditegur lah, bakal dipecat lah. Padahal manajer memanggil kamu meeting untuk membicarakan proyek baru.

Sering lebay kayak gini bisa membuat lelah pendengarnya. Mereka pun lama-lama jadi melipir pelan-pelan untuk menghindarimu karena tak ingin mendengarkan hal fantastis lain yang akan keluar dari mulut kamu.

Menghindari topik-topik di atas mungkin membuat hidupmu tampak lebih datar karena tak ada drama yang tak perlu. Tapi percaya deh, itu akan meningkatkan image personal kamu. Kamu tidak akan dikenali sebagai biang gosip, drama queen, dan sebagainya. Dengan sendirinya, akan menarik teman lain yang serupa, serupa positifnya. Seru kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Alami saat Gak Tuntas Curhat pada Pasangan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya