Comscore Tracker

Anti Kesepian, 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini Siaga Menemanimu 

Hari-harimu jadi seru MAXimal! #IniBaruGokil

Kalau dulu bisa dengan bebas hangout bareng teman dan pergi ke luar rumah kapanpun kamu mau, sekarang interaksi sosial sudah beralih ke virtual. Yang dulunya bisa tatap muka, sekarang cuma bisa melihat kawan via online saja. Perubahan yang cukup signifikan ini bikin kamu merasa stuck dan parahnya lagi yaitu merasa kesepian.

Gak enak banget gak sih guys kalau selama di rumah saja yang aktivitasnya cenderung monoton masih harus melawan kesepian juga? Nah, tergantung kamu nih mau kalah sama rasa sepi atau mencari referensi biar gak gabut lagi.

Buat kamu yang sudah mulai kehabisan tontonan dan bingung membunuh kesepian, ada banyak aplikasi baca buku gratis yang bisa kamu manfaatkan. Coba salah satunya di bawah ini deh. Kamu pasti merasa ada yang nemenin!

1. Wattpad 

Anti Kesepian, 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini Siaga Menemanimu aplikasi baca buku Wattpad (instagram.com/wattpad)

Siapa nih dari kamu yang doyan banget baca novel? Nah, Wattpad ini sudah terkenal banget lho di Indonesia. Bahkan, beberapa karya yang terkenal di Wattpad sudah naik ke layar lebar.

Berasal dari Kanada, di sini kamu bisa menemukan bacaan dengan genre apapun sesuka kamu secara gratis. Pemakaiannya juga gampang, tinggal download aplikasinya di App Store atau Play Store, terus registrasi lewat email, deh!

Hebatnya lagi, di aplikasi ini kamu bukan hanya disuguhkan berbagai bacaan gratis, tapi kamu juga bisa menulis ceritamu sendiri. Tepat banget buat kamu yang hobi nulis, nih! Langsung deh cek ombak lewat pasar Wattpad.

Ada aplikasi dark mode yang bisa kamu pakai waktu mau baca di malam hari dan fitur chat yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan pembaca dan penulis lainnya. Keren gak?

2. Storial 

Anti Kesepian, 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini Siaga Menemanimu aplikasi baca buku Storial (instagram.com/storialco)

Selain Wattpad, ada juga Storial yang memungkinkan penggunanya untuk menulis buku digital. Pastinya, di sini kamu juga bisa membaca buku apapun yang kamu mau sesuai selera.

Aktivitasmu di rumah saja pasti lebih beragam dengan kayanya pilihan buku yang kamu baca. Bukan hanya membunuh kesepian, kamu juga bisa memperluas wawasan dengan membaca.

Menariknya, di sini ada fitur AudioStory di mana kamu bisa menikmati setiap cerita yang ada versi audio. Cocok banget buat kamu yang sudah kelelahan WFH atau sekolah dari rumah tapi masih pengen baca buku. Ngebantu banget!

Baca Juga: 5 Kelebihan Membeli Buku Bekas, Stop Beli Buku Bajakan!

3. iPusnas 

Anti Kesepian, 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini Siaga Menemanimu ilustrasi seseorang sedang main HP (unsplash.com/Laura Chouette)

Berita baik buat kamu yang suka banget ke perpustakaan, ada aplikasi iPusnas yang dikelola oleh Perpustakaan Nasional. Nah, di sini sistemnya beneran kayak perpus offline karena kamu bisa meminjam buku manapun yang kamu mau dengan batasan waktu 3 hari. Selain itu, ada fitur yang menyambungkan ke media sosial supaya kamu bisa share buku apa aja yang lagi kamu baca.

Aplikasinya gak dipungut biaya sama sekali, kamu cuma butuh modal kuota dengan jaringan internet yang stabil biar aktivitas membacamu gak terganggu. Coba deh pakai Smartfren GOKIL MAX yang punya harga tergokil karena mulai dari Rp30.000-an aja.

Selain itu, hanya dengan Rp70.000 kamu sudah bisa dapetin kuota sebesar 36 GB yang bisa dipakai di semua aplikasi, lho! Plus, ada Extra Kuota 70 GB dari jam 01.00-05.00 WIB. Cocok banget buat kamu kaum begadang, nih!

Nah, soal jaringannya nih, mau baca 1 sampai 10 buku tiap hari aman banget dengan kecepatan internet yang bikin kalem. Koneksinya stabil, kuota sultan ini bikin kamu nyaman anti kesepian meski harus di rumah aja. Belinya juga gampang, pesan di toko resmi Smartfren di GrabMart atau di marketplace kesayangan kamu. Tetap aman gak perlu keluar rumah, tapi hiburan tetap jalan dong! Gokil MAXimal gak sih guys?

Cobain deh, baca buku digital pakai Smartfren GOKIL MAX. Siap-siap ketagihan dan gak bisa berhenti!

4. Kindle 

Anti Kesepian, 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini Siaga Menemanimu aplikasi baca buku Kindle Amazon (instagram.com/amazonkindle)

Salah satu produk dari perusahaan teknologi Amazon, Kindle ini cukup terkenal di kalangan anak-anak muda. Bukan hanya aplikasi baca buku saja, di sini pengguna juga bisa membeli buku yang diinginkan. Selain itu, ada berbagai fitur menarik seperti kamus, notes, maupun highlight. Aplikasi ini gratis dan bisa diunduh di App store atau Google Play.

Bisa juga di-install di PC ataupun Mac, Kindle bisa jadi salah satu refrensi kamu yang kesepiaan saat di rumah saja. Anti-nganggur dan anti-boring, solusi tepat buat aktivitas kamu lebih variatif!

5. Sweek 

Anti Kesepian, 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini Siaga Menemanimu ilustrasi seseorang sedang main HP (unsplash.com/Tamara Bellis)

Mirip dengan Wattpad dan Storial, di Sweek pengguna bisa mengunggah tulisannya sendiri selain dari membaca buku yang sudah ada. Di sini, kamu busa bisa bergabung dengan komunitas global dan berinteraksi dengan penulis maupun pembaca lainnya.

Bisa kamu install melalui Play Store atau App Store, aplikasi yang cukup mudah digunakan ini gak bakalan bikin kamu bingung waktu memakainya. Tinggal pilih mana yang lagi pengin kamu baca, langsung deh nikmati cerita kesukaan kamu dan tenggelam bersama waktu!

Selain lebih simple karna bisa baca lewat gadget, semua aplikasi di atas ini gratis yang bikin kamu bisa leluasa memilih bacaan sesuai selera kapanpun. Mau baca horor, komedi, drama, sampai thriller semuanya bisa tergantung selera dan mood kamu aja. Bisa digunakan di Android maupun iOS, jangan baca sambil rebahan karena nanti mata kamu rusak guys!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Kamu Baca 

Laura Astrellia Photo Verified Writer Laura Astrellia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya