Comscore Tracker

5 Pola Pikir yang Harus Kamu Miliki Demi Keuangan Stabil

Bantu #IndonesiaPulih dengan survive diri sendiri dulu, yuk!

Memiliki keuangan yang stabil tentu menjadi impian semua orang. Tapi, hal ini jelas membutuhkan usaha dan kedisiplinan yang gak sebentar untuk mendapat hasil yang diinginkan. Lupakan statementmasa muda waktunya foya-foya”, mulai ubah pola pikir boros dan ceroboh supaya masa depanmu nanti bisa lebih baik.

Di masa pandemik seperti ini, penting banget lho buat kamu memiliki pola pikir cerdas dalam mengatur keuangan. Hasilnya nanti bisa kamu nikmati sendiri, berikut ini tips dari IDN Times yang bisa kamu jalani. Jangan sampai kamu bersenang-senang sekarang, tapi susah kemudian, ya!

1. Membuat laporan keuangan pribadi adalah suatu kewajiban terhadap diri sendiri

5 Pola Pikir yang Harus Kamu Miliki Demi Keuangan Stabililustrasi financial planning (unsplash.com/firmbee.com)

Kalau dulu kamu sama sekali gak kepikiran dan bingung uangmu lari ke mana saja, sekarang mulailah biasakan diri untuk buat laporan keuangan pribadi. Meski kelihatan sepele, ini penting banget lho supaya kamu bisa nge-track pemasukan dan pengeluaran kamu itu untuk apa saja.

Dari laporan itu, bakalan ketahuan apa saja yang sudah kamu beli. Nah, dari situ kamu bisa belajar untuk stop membeli barang yang gak terlalu penting tapi fungsinya gak ada. Laporan keuangan pribadi juga membuat kamu lebih ‘sadar diri’ apakah kamu termasuk milenial yang boros atau tidak.

2. Menabung sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit

5 Pola Pikir yang Harus Kamu Miliki Demi Keuangan Stabililustrasi seseorang sedang menabung (unsplash.com/Annie Spratt)

Meski sedang masa sulit, jangan lupakan untuk tetap menabung meski hanya sedikit. Nah, prinsip menabung yang jangan sampai kamu lupakan, tiap dapat pemasukan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menabung dulu, bukan bayar tagihan dulu.

Jadikan ini gaya hidup yang nantinya bakal membuatmu terbiasa untuk menabung. Percaya, deh, tabungan ini bakalan bermanfaat banget buat kamu di masa mendatang!

Baca Juga: 5 Harapan Rakyat pada Pemerintah untuk Atasi Pandemik

3. Gaya hidup tidak menunjukkan tingkat kemakmuran seseorang

5 Pola Pikir yang Harus Kamu Miliki Demi Keuangan Stabililustrasi seseorang sedang berkebun (unsplash.com/Engin Akyurt)

Hanya karena kamu tidak membeli suatu barang, bukan berarti kamu tidak mampu. Gaya hidup sama sekali tidak menentukan tingkat kemakmuran seseorang. Yang lebih penting adalah kamu tahu apa yang kamu butuhkan dan punya kontrol diri untuk tidak mengeluarkan uang dengan ceroboh.

Gunakan sistem reward pada diri sendiri. Misalnya, kamu harus mendapat nilai bagus dulu di kelas atau berhasil jajan sedikit selama seminggu, baru kamu boleh memberikan reward kecil untuk diri sendiri. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa bertanggung jawab dan membiasakan diri kalau hak bisa kamu dapatkan setelah melakukan kewajiban. 

4. Diskon besar-besaran dan promo adalah pengecoh

5 Pola Pikir yang Harus Kamu Miliki Demi Keuangan Stabililustrasi diskon (unsplash.com/Tamanna Rumee)

Lebih banyak waktu di rumah saja, pasti screen time kamu juga lebih sering, kan? Nah, di sini kamu butuh lebih berhati-hati. Jangan sampai terkecoh dengan diskon atau promo yang ditawarkan berbagai toko online yang akhirnya membuatmu boros gak karuan.

Kamu harus bisa membedakan mana barang yang kamu inginkan dan mana barang yang kamu butuhkan. Di masa sulit seperti ini, setidaknya bantu #IndonesiaPulih dengan bantu dirimu sendiri pulih perkara finansial. Ingat, menyesal itu datangnya pasti belakangan, lho!

5. Masa muda yang baik dilihat dari seberapa bisa kamu bertanggung jawab

5 Pola Pikir yang Harus Kamu Miliki Demi Keuangan Stabililustrasi masa muda dan masa tua (unsplash.com/Manuel Peris Tirado)

Menikmati penghasilan sendiri tentu merupakan hal penting, tapi tidak dengan menguras penghasilan itu sendiri. Kamu tetap bisa bersenang-senang dengan memiliki keuangan yang stabil juga, kok. Gunakan kesempatan selama di rumah untuk lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang. 

Misalnya, pilih provider yang lebih murah dari yang kamu pakai sekarang untuk memotong pengeluaran, bisa juga dengan mencuci baju sendiri dibanding bayar laundry, serta mematikan listrik dan air selama tidak digunakan. Kalau masa depan kamu lebih baik dan keuangan kamu lebih stabil, dijamin kamu juga pasti lebih bisa bahagia, deh!

Biasakan dirimu memiliki semua pola pikir di atas dalam mengatur keuangan. Mumpung di rumah saja, ini saatnya kamu untuk berhemat, bukan malah berselancar di berbagai toko online dan membuatmu makin boros gak karuan. Dengan memiliki mindset yang benar, cara kamu bertindak pasti gak akan sembarangan. Gak bakalan, tuh kamu bokek lagi di akhir bulan!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kehilangan Harapan

Laura Astrellia Photo Verified Writer Laura Astrellia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya