Comscore Tracker

5 Ciri Orang yang Sebenarnya Ingin Menjatuhkan Dirimu, Waspada!

Pernah bertemu dengan orang seperti ini?

Dalam menjalani relasi dengan sesama manusia, dirimu pasti tak selalu menemui orang yang menyukaimu. Sebaik apa pun kamu, pastinya ada saja orang yang tak suka sama kamu. Masalahnya juga, dirimu tak bisa mengontrol rasa tidak suka orang lain terhadapmu. Karena perasaan orang lain itu adalah hal yang berada di luar kendalimu.

Maka dari itu, kamu pun tidak bisa mencegah hal apa saja yang akan dilakukan orang yang tak menyukaimu. Tapi, kalau kamu sekiranya menyadari lima hal ini, sebenarnya orang tersebut berniat untuk menjatuhkan dirimu, lho. Apa saja? 

1. Membicarakan keburukanmu saat sedang bersama orang banyak

5 Ciri Orang yang Sebenarnya Ingin Menjatuhkan Dirimu, Waspada!ilustrasi berbicara (pixabay.com/janeb13)

Ciri yang pertama adalah dirinya sangat suka membicarakan kesalahan atau kekurangan dirimu saat bersama orang banyak. Kalau sedang berdua, dirinya hanya diam dan tak banyak berkomentar. Namun saat sedang kumpul bersama rekan kerja atau atasan, dia pasti membicarakan keburukan dirimu. 

Walau memang ada kekurangan darimu, pastinya lebih bijak jika itu diutarakan berdua saja. Apalagi sifatnya tidak merugikan banyak orang juga dan orang lain tak perlu tahu tentang itu. Tapi karena memang dirinya mau menjatuhkan, alhasil kamu selalu jadi bahan sasaran di depan orang banyak. 

2. Melaporkan setiap tindakan yang kamu lakukan ke orang yang berkuasa

5 Ciri Orang yang Sebenarnya Ingin Menjatuhkan Dirimu, Waspada!ilustrasi pimpinan (pixabay.com/StockSnap)

Misalnya saja kamu bekerja seperti biasa di kantor. Tapi ada satu orang yang tak menyukai dirimu sehingga dia selalu mengawasi gerak-gerak dirimu. Setiap yang kamu lakukan pasti diamati, sehingga saat kamu ada celah sedikit, langsung dia laporkan ke atasan atau orang yang punya kuasa mengenai kinerjamu. 

Hal ini tentunya sudah sangat menunjukkan bahwa dirinya itu mau menjatuhkan dirimu. Apalagi persaingan dalam dunia kerja atau pendidikan itu mau tidak mau harus diakui ada. Cari muka sama atasan selalu jadi cara terakhir buat mendapatkan posisi tertentu. 

Baca Juga: 5 Ciri Orang-orang yang Wajib Ada dalam Hidupmu

3. Selalu melebih-lebihkan atau mengurangi isi pembicaraan dirimu ke orang lain 

5 Ciri Orang yang Sebenarnya Ingin Menjatuhkan Dirimu, Waspada!ilustrasi gosip (pixabay.com/HND)

Tergantung topiknya apa dulu. Kalau misalnya yang kamu ucapkan itu fakta, dia pasti berusaha buat mengurangi apa yang kamu sampaikan ke orang lain. Tapi kalau yang kamu bilang itu masih berupa opini, dia akan melebih-lebihkan bahkan menggiring opini supaya kamu terlihat buruk.

Biasanya orang seperti ini akan berlagak baik di depanmu. Kemudian saat kamu sudah nyaman menceritakan semuanya, maka dia akan menceritakan hal berbeda ke orang lain. Kamu tentunya harus berhati-hati sama orang semacam ini. 

4. Tak menyalahkan langsung, tapi suka menggiring publik untuk menyalahkan dirimu

5 Ciri Orang yang Sebenarnya Ingin Menjatuhkan Dirimu, Waspada!ilustrasi menuding (pixabay.com/Tumisu)

Jadi orang yang ingin menjatuhkan dirimu itu tidak selalu terang-terangan menjatuhkan dirimu dengan menggunakan dirinya sendiri. Terkadang orang yang sudah gak suka itu bisa sangat licik menggunakan cara yang lebih bahaya buatmu. Mereka akan menggiring opini publik supaya publiklah yang akan menyalahkan dirimu.

Ketika kamu diserang satu orang mungkin itu tak akan jadi masalah buatmu. Tapi ketika dirimu diserang oleh banyak pihak karena opini yang diatur satu orang saja, mungkin itu akan membuat mentalmu sedikit syok. Hal inilah yang justru jadi tujuan orang yang diam-diam ingin menjatuhkan dirimu. 

5. Ingin dapat pujian dengan menjelekkan kinerjamu

5 Ciri Orang yang Sebenarnya Ingin Menjatuhkan Dirimu, Waspada!ilustrasi berbicara (pixabay.com/NoSufferSociety)

Di dunia perusahaan, terkadang untuk mendapat posisi tertentu kamu tak harus pandai dalam bidang ilmu tertentu. Salah satu cara lainnya adalah dengan menjelekkan kinerja orang lain, supaya dirimu yang dapat spotlight dari atasan. Cara ini terbukti bisa membawa seseorang ke posisi tertentu.

Jadi, jangan lengah sedikit pun saat kamu berada di posisi yang memang jadi incaran banyak orang. Karena bisa jadi, ketika dirimu punya titik lemah, itu yang akan diserang orang yang secara sembunyi-sembunyi ingin melengserkan dirimu.

So, apakah kamu pernah menemui ciri-ciri di atas di diri teman atau rekan kerjamu? Kalau iya, jangan lupa untuk mulai berhati-hati dari sekarang. Kamu memang tak bisa menghentikan niat jahat seseorang. Tapi setidaknya dirimu bisa mengantisipasi efek negatif yang akan terjadi. 

Baca Juga: 5 Ciri Kalau Dirimu Orang yang Keras Kepala, Sering Banget Ngeyel!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya