Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Penampilanmu Tak Menarik

Apa aja, sih, yang bisa kamu lakukan?

Penampilan sering kali menjadi pembahasan yang dinilai sensitif. Ini semua karena seseorang memiliki keindahannya sendiri, tetapi dunia seolah sudah membuat standar dari penampilan fisik yang menarik haruslah demikian. 

Padahal, banyak juga beberapa kasus yang menghebohkan publik karena pelakunya adalah orang yang berpenampilan menarik. Orang yang merasa dirinya tak menarik pun sering sekali merasa insecure.

Nah, ketika dirimu sedang ada di situasi seperti ini, berikut ada tips lima hal yang mungkin bisa kamu lakukan.

1. Teguhkan dirimu untuk menerima diri apa adanya

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Penampilanmu Tak Menarikilustrasi kebahagiaan (pixabay.com/Pezibear)

Orang bisa bilang kamu tak menarik. Tapi, jangan sampai kamu menanamkan hal itu di dalam mindset kamu. Satu-satunya orang yang berhak menentukan bagaimana kamu adalah diri kamu sendiri.

Hindari banyak bergaul dengan orang yang suka merundung penampilan fisik kamu. Bergaulah dengan orang yang memang murni bersahabat tanpa memandang siapa dan bagaimana kamu. Jadi, teguhkan dirimu bahwa kamu bisa menerima diri apa adanya, ya. 

2. Tingkatkan perawatannya, bukan untuk merubahnya 

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Penampilanmu Tak Menarikilustrasi perawatan (pixabay.com/graceie)

Orang cenderung akan mencari cara supaya bisa tampil menarik. Hal ini adalah wajar. Apalagi jika sudah memasuki usia yang bertambah dewasa.

Tapi, penting ditanamkan agar kamu lebih fokus untuk merawatnya, bukan mengubahnya. Tak hanya bagi perempuan, dewasa ini juga sudah banyak, kok, produk perawatan bagi pria yang terjangkau dan sangat mudah didapatkan. Pastikan untuk menyesuaikan kebutuhan perawatan kamu dengan produk yang akan kamu gunakan, ya. 

Baca Juga: Meski Bukan Segalanya, 5 Manfaat Menjaga Penampilan Diri

3. Buat komitmen untuk rajin berolahraga

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Penampilanmu Tak Menarikilustrasi olahraga (pixabay.com/StockSnap)

Banyak orang yang masih belum tahu manfaat olahraga. Yang mereka tahu adalah olahraga hanya membuat tubuh lelah dan keesokan harinya badan akan pegal-pegal. Padahal, olahraga itu baik sekali untuk menjaga penampilan fisik dan menunjang kesehatan.

Selain itu, rutin berolahraga tentunya juga membantu menjaga penampilan fisik yang prima, lho! Nah, memiliki kondisi fisik yang selalu prima ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu.

4. Meningkatkan soft skill

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Penampilanmu Tak Menarikilustrasi belajar (pixabay.com/455992)

Meningkatkan penampilan fisik saja tidaklah cukup. Kamu perlu meningkatkan soft skill kamu juga. 

Dengan demikian, value kamu di mata orang lain akan meningkat meski kamu merasa diri tidak semenarik itu. Bahkan, belakangan banyak orang yang sudah tak mementingkan penampilan fisik dalam mencari pasangan karena lebih mementingkan kualitas dan kapasitas otaknya, lho. 

5. Jangan menganggap semua orang menilai dirimu buruk 

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Penampilanmu Tak Menarikilustrasi kecewa (pixabay.com/hamedmehrnik)

Yang terakhir ini bikin kamu sedikit merefleksikan diri. Coba kamu pikirkan kembali, apakah kamu orang yang sering menilai diri sendiri buruk selama ini? Padahal, orang lain sebenarnya tidak berpikir demikian. Pikiran orang lain tidak menyukaimu hanya ada di dalam kepalamu saja.

Terkadang, musuh terbesar kita memang adalah diri sendiri. Orang lain kadang tak berpikir bahwa kamu buruk secara penampilan. Namun, kamu sendiri yang merasa kurang dapat perhatian dari orang lain. Maka dari itu, nilai di dalam dirimu perlu ada yang di-upgrade

Percayalah, setiap manusia itu pasti tak akan merasa puas dengan penampilannya. Maka dari itu, mengenal rasa cukup itu penting untuk menjalani kehidupan yang lebih tenang. Yuk, coba upgrade diri dan lebih mencintai diri sendiri mulai dari sekarang!

Baca Juga: 5 Alasan Kita Gak Perlu Minder Hanya karena Penampilan Fisik

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya