Comscore Tracker

5 Hal yang Bukan Solusi saat Memiliki Banyak Masalah Hidup!

Jangan keliru dan justru menambah masalahnya #IDNTimesLife

Dalam hidup ini, memiliki masalah adalah hal yang sangat lumrah. Badai tidak akan berlalu. Badai satu akan digantikan dengan badai lainnya. Ketika kamu mengharapkan masalah selesai, berarti kamu siap untuk meninggalkan dunia ini. Karena saat masih hidup, masalah adalah bagian dalam kehidupan. 

Nah, saat menghadapi masalah respon orang bisa berbeda-beda. Namun, jangan sampai lima hal ini dilakukan sebagai solusi dari permasalahan kamu. 

1. Menikah atau cari pasangan hidup

5 Hal yang Bukan Solusi saat Memiliki Banyak Masalah Hidup!Ilustrasi pernikahan (pixabay.com/Atlantios)

Orang sering berpikir dengan punya pasangan hidup, mungkin saja beban hidupmu akan berkurang. Misalnya kamu kesulitan ekonomi, kemudian berharap dengan menikah pasangan bisa membantu kesulitan ekonomimu. Namun, pada praktiknya biaya hidup sebagai pasangan jauh lebih besar. 

Sehingga jangan sampai lupa, dalam hubungan juga ada masalah internal. Jangan menambah masalah untuk mencari solusi masalah yang sebelumnya. Jika tidak, hidupmu akan terkesan ribet sendiri. 

2. Bunuh diri 

5 Hal yang Bukan Solusi saat Memiliki Banyak Masalah Hidup!Ilustrasi kesedihan (pixabay.com/sreza24595)

Tak dapat dimungkiri kadang seseorang bisa terlintas dalam pikirannya untuk mengakhiri hidupnya. Karena kamu tidak bisa menilai seberapa berat beban hidup seseorang. Namun, jangan sampai hal ini dipraktikkan. Karena, tentu dalam ajaran agama mana pun, Tuhan tidak menyukai perbuatan ini.

Sehingga, kedamaian pun tak akan tercipta untukmu sampai kapan pun. Jadi, ketika sudah terlintas untuk melakukan hal ini, sebaiknya segera hubungi teman, kerabat terdekat atau psikolog untuk berkonsultasi. 

3. Merusak diri lewat hal-hal negatif 

5 Hal yang Bukan Solusi saat Memiliki Banyak Masalah Hidup!Ilustrasi mabuk (pixabay.com/rebcenter-moscow)

Orang sering salah kaprah ketika hendak menyelesaikan masalah namun dengan cara merusak diri sendiri. Seperti narkoba, minum alkohol, dsb. Padahal, semua masalah itu pasti ada solusinya tanpa perlu merusak diri sendiri. Pasalnya akan ada efek samping dari kegiatan tersebut yang harus kamu tanggung di kemudian hari. 

Masalahmu tidak bisa menghancurkan masa depanmu, saat dirimu memutuskan untuk bisa mencari solusinya. Bukan malah mencari pelampiasan dan menganggap sekalian menghancurkan diri sendiri. Coba sadari itu!

Baca Juga: 5 Ayat Al-Qur'an untuk Menenangkanmu Saat Hadapi Ujian Hidup

4. Sembunyi dari masalah atau menganggap seolah tak terjadi apa-apa

5 Hal yang Bukan Solusi saat Memiliki Banyak Masalah Hidup!Ilustrasi tertidur (pixabay.com/Free-Photos)

Bersikap santai boleh dan malah sangat dianjurkan saat ada masalah datang. Namun, jangan lantas menganggap masalah itu seperti tidak ada. Bersikap tenang dan berusaha berpikir jernih supaya dapat solusi yang terbaik. Bukan malah lari dari masalah dan membiarkannya reda seiring waktu.

Karena semakin banyak masalah yang ditumpuk, maka kebahagiaan akan sulit didapatkan. Selesaikan masalah sesegera mungkin, supaya semua bisa berjalan dengan normal kembali. 

5. Menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi 

5 Hal yang Bukan Solusi saat Memiliki Banyak Masalah Hidup!Ilustrasi membentak (pixabay.com/Ashish_Choundary)

Tuhan adalah sosok yang sangat sering disalahkan saat kamu mengalami masalah. Mungkin karena sosoknya yang tak kelihatan dan pernah menolak untuk disalahkan. Beda sekali jika menyalahkan manusia. Namun, ketika kamu menganggap Tuhan dari sisi manusiawi, maka dirimu akan terus merasa tidak adil.

Cobalah berpikir bahwa setiap masalah pasti ada nilai pelajaran. Jangan selalu menyalahkan Tuhan. Datanglah kepada Dia, dan berserah untuk mohon petunjuk. Bukan untuk melampiaskan kemarahan. 

Jadi, masalah itu tetap harus dihadapi dan diyakini memang akan terjadi sepanjang hidup. Namun, jika kamu memiliki kacamata yang positif, maka pasti bisa mengambil hikmah dan pelajaran hidup dari sebuah masalah. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Dipenuhi Tekanan Batin, Coba Deh!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya