Comscore Tracker

Bimbang Passion Vs Orangtua? Ini 5 Tips Menghadapinya!

Perdebatan bakat dan restu orang tua, gimana dong?

Guys, siapa sih orang yang berperan besar dengan adanya kita hari ini? Orang tua bukan? So, orang tua adalah orang yang berjasa banget untuk hidup kita. 

Namun, bagaimanapun orang tua juga manusia, yang kadang tak bisa memahami pola pikir anak - anaknya sepenuhnya. Mereka tak luput pula dari kesalahan dan akhirnya menimbulkan anggapan bahwa terlalu mengekang. Apalagi kalau sudah masalah masa depan anak, seringkali mereka gak setuju dengan pilihan hidupmu. Nah, berikut 5 tips untuk mengatasi keadaan tersebut.

1. Lakukan dulu kewajibanmu sebaik mungkin

Bimbang Passion Vs Orangtua? Ini 5 Tips Menghadapinya!thehealthymommy.com

Kewajiban dasar seorang anak adalah sekolah yang benar! Gak usah pintar lah jika memang kamu rasa pendidikan formal bukan passionmu. Jangan suka bolos, bikin masalah dan lain sebagainya.

Hanya itu saja. Karena kamupun harus menyadari pendidikan formal penting untuk memasuki dunia kerja nantinya. Sehingga selesaikan dulu TK, SD, SMP, dan SMA mu terlebih dahulu. Kalau bisa berprestasi, kenapa tidak? 

2. Jangan pernah membicarakan masalah masa depan dengan emosi

Bimbang Passion Vs Orangtua? Ini 5 Tips Menghadapinya!minq.com

Selanjutnya ketika memasuki masalah penentuan jurusan kuliah, atau apa yang mau dilakukan selanjutnya setelah selesai SMA, kamu mulai mengajukan keinginanmu, yang walau kamu tau orang tuamu kurang menyukainya. 

It's okay. Tapi jangan tersulut untuk berbicara sambil emosi membara. Bukannya mengerti, orangtuamu hanya akan menganggap kamu sebagai anak yang belum dewasa dan pilihanmu itu hanya sebagai egomu bukan masa depanmu.

3. Sesekali lakukan apa yang menjadi passionmu namun dilarang tanpa sepengetahuan mereka

Bimbang Passion Vs Orangtua? Ini 5 Tips Menghadapinya!pixabay.com/philm1310

Nakal sedikit bolehlah. Asalkan memang di tahap ini kamu meyakini bahwa kamu bisa bertanggungjawab atas pilihanmu itu. Berapa banyak artis yang awalnya tidak disetujui orang tua namun akhirnya sukses? 

So, kamu sah - sah saja tidak memberi orang tua mu terlebih dahulu saat kamu dalam usaha mengejar passion kamu. Namun, ingat di taraf ini kamu sudah dewasa dan bisa bertanggungjawab atas pilihanmu. 

Baca Juga: Sudah Lakukan 5 Hal Ini Demi Bisa Hidup Sesuai Passion Tanpa Ragu?

4. Berikan bukti nyata bahwa pilihanmu adalah yang tepat

Bimbang Passion Vs Orangtua? Ini 5 Tips Menghadapinya!wanderlustworker.com

Apa sih yang dibutuhkan oleh orang yang merendahkan kita, passion kita? Hanya bukti nyata. Tidak cukup hanya berkata aku suka bidang ini, namun kamu harus buktikan kesukaanku inilah yang membawa sukses datang di hidupku. 

Sehingga orang tuamu akan merasa bahwa kamu adalah benar anak yang hebat karena mampu berjuang dan berhasil walau tanpa sepengetahuan atau support finansial dari mereka. Tunjukkan buktinya, okay

5. Tetap jaga hubunganmu dan jangan lupa kodratmu sebagai anak

Bimbang Passion Vs Orangtua? Ini 5 Tips Menghadapinya!businessinsider.com

Sudah sukses ataupun kamu masih merintis passionmu yang sempat tak disetujui orang tua, namun bukan berarti kamu dapat memutuskan hubunganmu dengan mereka. Bagaimanapun mereka yang membuatmu ada di dunia ini.

Jangan lupa kodratmu sebagai anak, yang harus hormat dan menyayangi mereka. Jika memang kamu sudah berusaha mengikuti keinginan mereka dan kamu gagal, setidaknya kamu berhas menjadi anak yang menghormati orang tuanya. 

Nah, guys intinya masalah bakat dan izin orang tua ini harus diselesaikan dengan baik dan dengan kepala dingin. Yakin deh, kalau memang kamu punya tekad yang kuat, orang tuamu akan mensupportmu mungkin bukan sekarang namun suatu hari nanti. Semangat ya. 

Baca Juga: Bingung Mau Bisnis Apa? 6 Tanda Passion Cocok Dijadikan Bisnis

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya