Comscore Tracker

Jika 5 Hal Ini Bisa Kamu Terima, Hidupmu Dijamin Bahagia!

Semua pilihan ada di tanganmu, mau coba?

Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang mengeluh sulit untuk bahagia. Masalah hidup di zaman millennial dianggap lebih berat, semenjak orang-orang lebih mengutamakan mental health-nya. Padahal, masalah hidup itu akan selalu ada. Hanya saja bagaimana kamu mengelolanya, yang bisa membuat kebahagiaan itu bisa dirasakan.

Karena hidup hanya sekali, maka dari itu berikut adalah lima hal yang harus bisa kamu terima supaya bisa bahagia. Namun, semua itu kembali kepada dirimu. Karena bahagia merupakan keputusan diri sendiri. 

1. Masa lalu 

Jika 5 Hal Ini Bisa Kamu Terima, Hidupmu Dijamin Bahagia!ilustrasi kesedihan (pixabay.com/Jupilu)

Yang pertama harus kamu terima adalah masa lalu. Karena masa lalu itu tidak bisa disesali dan tidak bisa diubah. Oleh karena itu, jika kamu tak bisa menerima masa lalu, maka hidup pun akan tidak bahagia. Bagaimana kamu bisa menata masa depan, sedangkan masa lalu saja masih tidak bisa diterima?

Sepahit apa pun masa lalu, jangan membawanya hingga ke masa sekarang. Karena masa lalu hanya bisa dijadikan pelajaran. Bukan sebagai alasan untuk menyesal dan meratapi. Kehidupan di masa sekarang bisa saja berubah ketika kamu bisa menerima masa lalu.

2. Keadaan hidup sekarang

Jika 5 Hal Ini Bisa Kamu Terima, Hidupmu Dijamin Bahagia!ilustrasi kebahagiaan (pixabay.com/Pexels)

Yang bisa kamu usahakan adalah kehidupan sekarang. Mungkin banyak orang yang usianya sama denganmu, tetapi keadaannya tidak sama. Tidak apa, karena kehidupan seseorang tidak ada yang sama dan harus sama. Kalau kamu sudah bisa menerimanya, maka usaha untuk terus berkembang juga akan meningkat. 

Ketimbang hanya meratapi hidup dan tidak berusaha apa pun. Justru kehidupanmu saat ini yang bisa kamu kendalikan. Jangan berfokus sama masa lalu dan jangan terlalu khawatir sama masa depan. Fokus dulu sama kehidupan sekarang dan kembangkan yang kamu bisa. 

Baca Juga: 6 Bahaya Jika Kamu Sering Berpura-pura Bahagia  

3. Orang datang dan pergi dalam kehidupanmu

Jika 5 Hal Ini Bisa Kamu Terima, Hidupmu Dijamin Bahagia!ilustrasi keluarga (pixabay.com/StockSnap)

Hal lainnya adalah bahwa orang-orang datang dan pergi dalam kehidupanmu. Tak ada yang abadi dan yang akan bertahan dalam kehidupanmu. Termasuk keluarga dan juga pasangan kelak. Jadi, kamu harus bisa belajar merelakan apa pun yang hilang dari kehidupanmu. Karena jika hal ini tidak bisa kamu terima, maka hidup pun akan merasa susah dan tidak bahagia. 

Jaga dan hargai siapa yang masih ada di sekitarmu. Relakan dengan ikhlas ketika memang waktunya dia pergi. Memang sulit untuk dicoba. Tetapi, larut dalam kesedihan pun tak akan mengubah apa yang memang sudah hilang. Akhirnya kekuatan memang harus diserahkan saat sedang kehilangan. 

4. Tidak semua usaha yang dilakukan akan membuahkan hasil

Jika 5 Hal Ini Bisa Kamu Terima, Hidupmu Dijamin Bahagia!ilustrasi kesedihan (pixabay.com/1388843)

Manusia memang bisa berusaha. Tetapi katanya, semuanya tergantung sama Tuhan. Ada banyak hal yang memang tidak bisa kamu kendalikan sebagai manusia. Mau kaya atau setinggi apa pun status sosialmu, tetap saja dirimu memiliki keterbatasan dalam setiap rencana yang kamu punya.

Maka dari itu, berusahalah untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa kamu sudah mencoba. Jangan lantas terlalu berharap bahwa semua hal yang diusahakan akan selalu berbuah manis. Terkadang, waktu juga menentukan semuanya. 

5. Kekuranganmu

Jika 5 Hal Ini Bisa Kamu Terima, Hidupmu Dijamin Bahagia!ilustrasi kesedihan (pixabay.com/goodinteractive)

Yang terakhir dan mungkin paling sulit dilakukan karena sering diingkari adalah menerima kekurangan. Bahwa dirimu tidak sempurna dan ada kekurangan. Sering kali manusia terlalu sombong untuk mengakui kekurangan yang dimiliki. Segala upaya dilakukan untuk menampilkan kesan yang sempurna. 

Alhasil, hidupnya hampa dan merasa sangat sulit bahagia. Karena biasanya orang yang menyembunyikan kekurangan hidup dari pujian orang lain. Ketika orang tidak memuji, maka rasa kepercayaan dirinya hilang begitu saja. 

Jadi, sudah jelas ya bahwa bahagia adalah keputusan diri sendiri. Kelima hal di atas berhubungan langsung sama kehidupan kamu sehari-hari. Cobalah untuk mempelajari satu per satu, supaya tidak kaget. Semangat, ya! Kalian berharga. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Menghambat Kamu Bahagia, Pesimis dan Gak Bersyukur

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya