Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Orang yang Jutek, Jangan Dibalas Emosi!

Sering gak, sih, ketemu sama orang demikian?

Manusia adalah makhluk sosial, yang artinya tidak bisa hidup sendiri tanpa berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, setiap hari pastinya kamu akan berinteraksi dengan orang lain. Walau dengan adanya teknologi membuat intensitas berinteraksi secara langsung jadi berkurang, tapi nyatanya interaksi tatap muka pasti akan tetap ada.

Entah dengan teman, rekan kerja, bahkan orang yang baru dikenal. Dengan berbagai sikap dan karakter, ada saja orang yang bersikap jutek kepadamu. Lantas, bagaimana cara bijak untuk menyikapinya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini. 

1. Jangan pernah bosan untuk memberi senyuman dan menyapa duluan

5 Cara Menghadapi Orang yang Jutek, Jangan Dibalas Emosi!ilustrasi wawancara (pixabay.com/styles66)

Walau ini terdengar aneh, sulit, dan sakit untuk dilakukan, tetapi ini adalah langkah awal untuk bisa menaklukkan hati orang yang jutek. Meski setiap kali bertemu kamu disambut dengan tatapan sinis, perlakuan yang tidak mengenakkan, tetaplah tersenyum dan sapa kalau terpaksa bertemu.

Ini juga bisa mendamaikan hatimu sendiri, lho. Karena dirimu sudah melakukan hal yang memang selayaknya dilakukan oleh sesama manusia ketika berinteraksi satu sama lain. Jangan balik jutekin orang yang sudah jutek, jika memang tak menginginkan adanya perselisihan di dalam hubungan. 

2. Jika tak begitu perlu, jangan dulu berurusan dengannya 

5 Cara Menghadapi Orang yang Jutek, Jangan Dibalas Emosi!ilustrasi pertemanan (pixabay.com/dkatana)

Selanjutnya jika memang kamu tak begitu harus berhubungan dengannya, maka usahakan untuk jangan dulu berinteraksi dengannya. Walau kamu tetap harus bersikap ramah dan friendly, tetapi untuk bisa mengubah hati seseorang itu perlu waktu. Sebaiknya hindari dulu kalau harus berinteraksi dengannya.

Ini juga berguna buat kamu supaya tidak terus-terusan memendam rasa marah karena perlakuan jutek orang lain tersebut. Sehingga rasa kesal, sakit hati, dan sebagainya, itu bisa dilewati terlebih dahulu. Sekali lagi, jika memang kondisi memungkinkan, jangan dulu berinteraksi dengannya. 

Baca Juga: 6 Alasan Lebih Baik Healing dari Masa Lalu Sebelum Mulai Hubungan Baru

3. Jangan pernah turunkan standar sikap yang kamu miliki 

5 Cara Menghadapi Orang yang Jutek, Jangan Dibalas Emosi!ilustrasi hubungan pertemanan (pixabay.com/principe-sad)

Standar sikap yang seperti apa? Standar sikap yang memang mewajibkan kamu untuk memperlakukan semua orang itu dengan sama. Walau pada praktiknya, banyak sekali orang yang hanya baik kalau orang lain itu baik. Sedangkan kalau tidak, maka sikapnya bisa lebih buruk.

Memang ini memerlukan latihan untuk melatih kesadaran diri supaya bisa bersikap sama kepada semua orang. Mau dibaikin atau dijutekin, kamu tetap harus memegang standar yang dimiliki. Dengan demikian, sejatinya nilai dirimu itu lebih tinggi dibandingkan orang yang selalu jutek sama orang lain. 

4. Cari momen untuk memberinya sesuatu 

5 Cara Menghadapi Orang yang Jutek, Jangan Dibalas Emosi!ilustrasi belanja (pixabay.com/borevina)

Misalnya saja ketika kamu ulang tahun, kemudian memberi sesuatu kepada teman-temanmu. Jangan lupa juga buat memberi orang yang jutek ini. Anggap saja dia sama seperti teman yang lain juga. Dengan demikian, kamu menunjukkan bahwa dirimu tidak memiliki dendam atau rasa marah atas perlakuan dirinya selama ini.

Orang yang jutek karena memang belum mengenal orang lain, biasanya akan sedikit luluh jika diberikan sedikit perlakuan manis ini. Kalau memang dia malah menolak atau sama saja sikapnya kepadamu, memang kamu harus menerima bahwa dirinya memang memiliki luka hati atau iri terhadap dirimu. 

5. Tak perlu menceritakan keburukan dirinya kepada orang lain secara berlebihan 

5 Cara Menghadapi Orang yang Jutek, Jangan Dibalas Emosi!ilustrasi ekspresi (pixabay.com/Pexels)

Saat kamu merasa kesal, wajar saja kalau dirimu ingin menceritakan rasa kesal itu kepada orang lain. Namun, jangan berlebihan sampai semua orang harus tahu sikap buruknya itu. Lebih baik membiarkan orang lain tahu sendiri sikapnya yang jutek itu dari pandangan mereka sendiri, bukan kamu yang menceritakan.

Masalahnya tidak semua orang itu memang orang yang diplomatis. Bisa saja mereka malah menceritakan itu kepada orang yang bersangkutan dan mengadu domba dirimu dengan orang yang jutek tadi. Hubungan bisa semakin kacau, bukan?

Sikap jutek memang bisa muncul karena belum terlalu mengenal, iri, atau memiliki kesakitan hati. Nah, sebaiknya kamu tetap memperlakukan mereka dengan sama. Jika memang bisa menghindar itu lebih baik. Tapi jika tidak, lima langkah di atas kiranya bisa membantumu dalam menghadapi orang jutek itu. 

Baca Juga: 6 Harapan yang Jangan Pernah Kamu Gantungkan pada Pasangan

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya