Comscore Tracker

5 Ciri Orang yang Mencintai dan Menghargai Dirinya, Kamu Gimana? 

Wajib dicoba dan diterapkan, nih #IDNTimesLife

Dalam mengarungi kehidupan, kamu seolah dihadapkan dengan dua pribadi ada yang ada dalam dirimu. Fisik dan juga rohani. Kamu juga pastinya akan melibatkan hati nurani saat menentukan sesuatu. Maka dari itu, kadang proses konflik batin sendiri sering terjadi. Hal ini pula yang akan memengaruhi kebahagiaan. 

Saat kamu bisa menerima diri sendiri, maka rasanya akan mudah dalam menjalani kehidupan. Berikut ini adalah lima ciri orang yang sangat mencintai dan menghargai diri sendiri. 

1. Tidak kenal istilah bucin

5 Ciri Orang yang Mencintai dan Menghargai Dirinya, Kamu Gimana? ilustrasi pasangan (pixabay.com/Ogutier)

Mereka yang mencintai diri sendiri sadar betul, secinta apa pun dengan orang lain, dirinya adalah hal yang penting untuk dicintai juga. Bukannya hanya memberikan segala perhatian kepada orang lain. Mereka juga tak akan mengemis cinta dari orang lain. Jika tidak berjalan dengan baik, ya sudah.

Demikianlah orang yang punya rasa cinta yang besar terhadap diri sendiri. Jadi jangan pernah mengharapkan dia mengerti rasanya di-PHP. Sebab, mereka tidak akan menganggap hal itu adalah masalah serius. 

2. Yakin benar bahwa dirinya berharga walau banyak kekurangan 

5 Ciri Orang yang Mencintai dan Menghargai Dirinya, Kamu Gimana? ilustrasi di rumah saja (pixabay.com/DizzyRoseblade)

Mereka sadar dirinya tidak sempurna. Ada banyak kekurangan dalam dirinya. Namun, itu tidak menjadi sebuah fokus utama dalam hidupnya. Baginya, kelebihan juga harus dilihat. Sebab, jika kita hanya melihat sesuatu hal dari sisi negatifnya saja, maka selamanya akan negatif terus.

Berbeda jika bisa melihat dirinya dari sisi yang positif. Maka dari itulah, pentingnya berdamai dengan diri sendiri, supaya dirimu tidak jadi pribadi yang justru menghakimi diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Love yang Bantu Hidupmu Lebih Positif

3. Omongan negatif orang tentang dirinya sama sekali tak didengarkan 

5 Ciri Orang yang Mencintai dan Menghargai Dirinya, Kamu Gimana? ilustrasi pria macho (pixabay.com/Olichel)

Sekeras apa pun pendapat orang lain yang ingin menjatuhkan, hal itu tak berpengaruh kepada orang yang mencintai diri sendiri. Sebab, mereka berpikir bahwa yang kenal mereka adalah dirinya sendiri. Orang tak dapat menyetir ke mana mereka harus berpikir karena hidupnya adalah tanggung jawab pribadi.

Selama tidak merugikan orang lain, mereka tidak akan sungkan hidup dengan cara sendiri. Sebab, dia pun tak akan mengusik hidup orang lain. Keren banget, bukan?

4. Selalu ingin mengembangkan dirinya 

5 Ciri Orang yang Mencintai dan Menghargai Dirinya, Kamu Gimana? Ilustrasi bermain gadget (pixabay.com/Pexels)

Berhubungan dengan kelebihan yang dimiliki, justru orang yang cinta diri sendiri akan sangat mengembangkannya. Sekecil apa pun potensi yang ada dalam diri sendiri, pasti ingin dia coba. Walau sudah mencintai diri sendiri, seseorang tetap ingin membuat dirinya semakin lebih baik.

Jadi jangan heran, walau lingkungan sekitarnya mungkin ada yang tidak baik, mereka tidak akan terpengaruh sedikit pun. Karena mereka sudah sadar bahwa hidupnya harus lebih baik daripada kemarin. 

5. Mudah merasa bahagia dan bersyukur 

5 Ciri Orang yang Mencintai dan Menghargai Dirinya, Kamu Gimana? Ilustrasi pria selfie (pixabay.com/Zazu70)

Yang terakhir adalah mereka sangat mudah bahagia dan bersyukur. Bahkan untuk hal-hal sepele sekali pun, mereka sudah sangat bahagia. Misalnya, menang kompetisi kecil, disapa orang lain, dibalas chat-nya oleh orang yang disayang, dan lainnya. Mereka sadar, bahwa apa pun harus disyukuri karena hidupnya berharga. 

Hal ini tentunya akan membuat orang tersebut memiliki pemikiran hidup tak mudah namun bukan berarti jadi alasan buat tak mampu bahagia. Coba bayangkan, betapa enaknya hidup seperti itu.

Terlepas dari latar belakangmu, kamu harus berdamai dengan diri sendiri. Tak akan ada orang lain yang bisa mencintai dirimu dengan sungguh-sungguh, selain kamu sendiri. Maka dari itu, cobalah terima dirimu apa adanya. Jangan fokus pada kelemahan namun fokus pada kelebihan sekecil apa pun itu. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada Diri Sendiri

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya