Comscore Tracker

Jangan Baper! Orang Bisa Lihat Kualitasmu Hanya dari 5 Hal Simpel Ini

Bukan gak boleh liat dari covernya, lho!

Rasanya pepatah jangan menilai orang dari luarnya aja sangat dilematis. Masalahnya kadang output seseorang pasti adalah input dari dalam diri mereka, walau mungkin gak semuanya demikian. Namun, jangan baper dulu ya, ketika orang itu bisa lho menilaimu dari lima hal simpel berikut ini. Apa aja, ya?

1. Ketepatan waktu saat janjian atau yang udah disepakakati

Jangan Baper! Orang Bisa Lihat Kualitasmu Hanya dari 5 Hal Simpel Inipixabay.com/nastya_gepp

Jangan suka molor ya, guys. Sebagus apapun pekerjaanmu tapi kalau sama waktu kamu sering korupsi, yakin deh gak akan ada yang bakal respek sama kamu. Pasalnya, gak akan ada yang suka sama orang yang suka telat.

Kalau janjian jam 8 ya ada baiknya kamu sampai sebelum jam tersebut. Sudah tahu macet ya berangkat lebih awal dong. Itu akan jadi poin orang dalam menilaimu, dan berguna juga kalau kamu ada rencana buat tinggal di luar negeri. 

2. Tutur bahasa dan gaya saat berbicara

Jangan Baper! Orang Bisa Lihat Kualitasmu Hanya dari 5 Hal Simpel Inipixabay.com/steveriot1

Memang banyak bahasa gaul dari berbagai macam kalangan. Namun kamu harus tahu waktu, kondisi dan dengan siapa kamu berbicara. Jangan samakan setiap kondisi lingkungan dengan menggunakan seenaknya bahasa sendiri.

Sebaiknya jika belum terlalu dekat pun, jangan deh menggunakan bahasa sok gaul. Kalau sudah dekat dan tahu satu sama lain, terserah deh kalau kamu mau pakai bahasa mars sekalipun. 

Baca Juga: Agar Gak Gampang Baper dalam Menjalani Hidup, Coba Lakukan 5 Hal Ini!

3. Penampilan, hati-hati banget!

Jangan Baper! Orang Bisa Lihat Kualitasmu Hanya dari 5 Hal Simpel Inipixabay.com/StockSnap

Oke kamu gak boleh 100% nilai orang dari penampilannya. Tapi kamupun harus tau dong situasi dengan penampilan kamu. Lucu dong kalau kamu pakai kaos tidur buat datang ke gathering perusahaan kamu? Ya gak salah kalau orang menilai kamu dengan sebelah mata. Setidaknya kamu harus tau outfit apa yang pantas buat sebuah acara. Jangan over, tapi juga jangan nelangsa amat, guys

4. Orang-orang yang dekat denganmu

Jangan Baper! Orang Bisa Lihat Kualitasmu Hanya dari 5 Hal Simpel Inipixabay.com/StockSnaps

Nah akhirnya kamupun jadi tau pentingnya memilih orang yang bisa ada di sekitarmu. Percaya deh, siapa temen bermain kamu itu bisa memberikan orang sedikit gambaran tentang sosok kamu.

Jadi janganlah main sama yang suka berbuat kriminal. Kalau tujuannya buat mengedukasi sih gak apa. Kamu malah bakal dikagumi. Tapi kalau sampai kamu juga terlibat aksi serupa, wah ya pantes orang gak mau dekat-dekat sama kamu. 

5. Perbuatanmu di media sosial

Jangan Baper! Orang Bisa Lihat Kualitasmu Hanya dari 5 Hal Simpel Inipixabay.com/Averyanovphoto

Nah, karena kamu hidup di zaman teknologi, maka gak heran orang juga bisa menilai kamu dari postingan kamu di medsos. Jadi kamu harus hati-hati. Gak masalah kalau kamu suka bagikan pengalaman traveling. Tapi jangan suka bagikan mengkritik kalangan tertentu, membahas isu yang sensitif, dan sebagainya.

Soalnya itu bisa membuat orang salah pengertian sama kamu. Bahkan HRD zaman sekarangpun akan ngecek akun medsos calon pelamar kerja. Makanya, bijaklah dalam posting di medsos kamu.

Jadi intinya, bukan kamu akan dinilai 100% dari kelima hal di atas. Tapi di sini kamu juga harus menerima orang akan melihat kamu pertama kali dari kelima hal tersebut. Jadi, supaya gak ada salah paham, ayo coba perbaiki jika kamu merasa ada yang kurang dari hal-hal di atas.

Baca Juga: 5 Sifat Lily Collins dalam Serial 'Emily in Paris' Ini Patut Ditiru

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya