Comscore Tracker

Awas! 5 Hal yang Dianggap Biasa tapi Bisa Menghancurkan Citra Dirimu

Kesan pertama adalah segalanya

Guys, kamu pastinya pernah memasuki tahapan awal sebuah fase kehidupan, bukan? Misalnya pertama masuk sekolah, kuliah, dan kerja. Nah, biasanya kesan dirimu ini akan terlihat dari bagaimana kamu bersikap dan bertindak. Pastinya seseorang akan mulai menilai dirimu dari apa yang kamu tampilkan pertama kali.

Karena kesan pertama ini penting banget buat perjalanan kehidupanmu di fase itu, maka hindari yuk lima hal yang bisa bikin citra dirimu hancur berikut ini.

1. Terlambat hadir dan suka molor

Awas! 5 Hal yang Dianggap Biasa tapi Bisa Menghancurkan Citra Dirimupixabay.com/JillWellington

Jangan remehkan waktu, ya! Entah kamu masih mendaftar atau sudah diterima di sebuah instansi, saat sudah ada jadwal datang, kamu gak boleh telat. Orang akan langsung kehilangan respect mereka jika kamu baru pertama saja sudah terlambat. Usahakan datang lebih awal minimal 30 menit sebelum acara. Tunjukkan bahwa kamu profesional dan tepat waktu. 

Gak hanya itu, korupsi waktu juga akan membuat kesan dirimu itu buruk. Misal, harusnya jam 8 udah mulai kerja, kamu malah sibuk sarapan, mainan gadget, dll. Itu namanya korupsi waktu kerja. Baiknya, kamu hindari deh!

2. Berpenampilan yang tidak adaptif

Awas! 5 Hal yang Dianggap Biasa tapi Bisa Menghancurkan Citra Dirimupixabay.com/BLACK17BG

Ayo, belajar berpenampilan buat event-event tertentu, ya. Jangan pakai jeans untuk acara formal. Dan jangan pakai kemeja kalau kamu tau orang gak akan berpakaian formal. Makanya kamu harus tahu, kapan harus berpakaian rapi dan kapan harus santai. Salah kostum memang terkesan sepele, namun orang lain akan menilai penampilan luar terlebih dahulu, jadi jelilah dalam berpenampilan.

Baca Juga: 6 Tips untuk Ciptakan First Impression yang Memikat, Gampang Banget!

3. Tidak bisa mengontrol sikap tertentu darimu

Awas! 5 Hal yang Dianggap Biasa tapi Bisa Menghancurkan Citra Dirimupixabay.com/chiplanay

Sikap tertentu ini adalah sikap yang gak mudah kamu kontrol saat terbawa suasana. Misalnya saja, tertawa hingga terbahak-bahak, latah, terlalu banyak menggerakkan anggota tubuh saat bicara, dsb. Sikap-sikap seperti ini akan berbahaya jika kamu ingin melamar dalam sebuah acara formal. Gak lucu, 'kan saat kamu diwawancara terus kamu latah di tengah-tengah wawancara?

4. Kurang memperhatikan tata bahasa saat ngobrol atau nge-chat seseorang

Awas! 5 Hal yang Dianggap Biasa tapi Bisa Menghancurkan Citra Dirimupixabay.com/moisemarian
Jika kesan pertamamu itu melalui chatting, ini lebih sulit karena kamu gak bisa bertatap muka secara langsung dan bahasa chat kadang suka membuat salah paham. Kamu di sini harus jeli, apakah lawan bicaramu ini orang penting atau orang yang masih seumuran dan tujuan chat-nya gak terlalu penting.
 
Biasakan ucapkan salam, kata sapaan (pak, bu, mas, mbak, dsb) kalau belum tahu namanya, dan jangan lupa sampaikan terimakasih, boleh formal atau informal seperti (thanks, thx, tks). Tunjukkan bahwa kamu tahu tata krama walau melalui chatting.

5. Gak fokus pada alur pembicaraan sehingga sering gak nyambung

Awas! 5 Hal yang Dianggap Biasa tapi Bisa Menghancurkan Citra Dirimupixabay.com/alda2
Ketika sedang berbicara dengan lawan bicara, pastikanlah kamu mengikuti arah pembicaraan. Hilangkan dulu pikiran-pikiran yang gak penting dan fokus pada topik obrolan. Kalau sampai gak nyambung, kamu bisa saja dinilai gak kompeten dan bisa-bisa kesan pertamamu hancur.
 
Hati-hati, ya! Kesan pertama inilah yang akan menentukan nasib kamu selanjutnya. Karena hal pertama darimu akan sedikit memberikan gambaran siapa dirimu sebenarnya di mata orang lain. Bijaklah dalam bersikap, ya. 

Baca Juga: 7 Tips Membangun Kesan Positif saat Pertama Bertemu Orangtua Pasangan

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya