Comscore Tracker

5 Kalimat Basa-basi yang Menyinggung Privasi, Disaring Makanya!

Niatnya mau ngobrol, tapi malah nyakitin

Pernah gak sih dalam suatu suasana kamu bingung mau ngajak lawan bicaramu apa? Sering kali basa-basi juga diperlukan supaya ada topik pembicaraan di antara kalian berdua. Namun, sering juga gak menyaring basa-basi apa yang mau kamu katakan kepada orang tersebut sehingga dia bisa aja sakit hati karena lima kalimat ini. 

1. "Kok kamu sekarang iteman, kurusan atau gendutan?"

5 Kalimat Basa-basi yang Menyinggung Privasi, Disaring Makanya!pixabay.com/Pexels

Baru ketemu, mungkin udah dalam waktu yang lama, seneng gak kira-kira kamu ditanyain kalimat gitu? Niatnya, sih cuma basa-basi aja. Supaya ada topik obrolan. Tapi bisa gak sih gak membahas tentang perubahan fisik? Apakah fisik dia itu ganggu buat kamu? Makanya, kalau mau sekadar basa-basi mending cari topik lain. 

2. "Kok masih sendiri aja nih, jomlo terus ya?"

5 Kalimat Basa-basi yang Menyinggung Privasi, Disaring Makanya!pixabay.com/Free-Photos

Kalau gak nyerang fisik kemudian nyerang kehidupan asmara. Padahal, ini juga bukan urusan kamu dalam menilai harus sendiri atau berpasangan dari orang tersebut. Jangan sekali-kali deh kamu bahas ini. Kamu gak tahu latar belakangnya dia. Kamu juga gak berhak buat menilai hidup dia hanya karena belum ada pasangan. So, be wise!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Jadi Malas Basa-basi Sama Orang Lain

3. "Kok sekarang kerjanya begitu"

5 Kalimat Basa-basi yang Menyinggung Privasi, Disaring Makanya!pixabay.com/Free-Photos

Kerjanya begitu dalam hal apa nih? Kalau kamu hanya menilai orang dari apa kerjaannya sekarang, tanpa tau apa sih latar belakang sekarang dia bekerja yang mungkin gak sementereng dari kerjaannya dulu. Bisa diganti kok kalau kamu memang mau tau kondisinya. "Gimana kerjaan kamu sekarang, udah enjoy?" lebih baik, 'kan?

4. "Kok jadi jualan, emang lagi butuh uang?"

5 Kalimat Basa-basi yang Menyinggung Privasi, Disaring Makanya!pixabay.com/nastya_gepp

Bisa saja kamu menemukan orang yang dulunya kerja kantoran, malah sekarang jualan. Maybe, dia baru awal merintis, makanya gak terlihat keren sama sekali. Namun, jika terpaksa mau nanya keputusan dia, jangan ada embel-embel lagi butuh uang. Karena kamu juga gak akan memberi kan, kalau ternyata dia butuh.

Lebih bijak tanya motivasi dia jadi pengusaha. Orang malah akan lebih senang menanggapinya daripada kamu menyinggung kehidupan finansialnya. 

5. "Kapan mau punya anak?"

5 Kalimat Basa-basi yang Menyinggung Privasi, Disaring Makanya!pixabay.com/smpratt90

Orang udah nikah udah punya pasangan, juga gak akan lepas dari pertanyaan yang kadang menjengkelkan. Kapan mau punya anak. Misalnya aja memang udah nikah lama dan belum dikaruniai anak. Ya, udah jangan basa-basi dengan pertanyaan ini. Apalagi kamu udah tau nih, mereka juga udah usaha buat punya anak. Orang akan sedih tau kalau kamu nanya hal ini.

Jadi, bukannya kamu bisa bilang kalau kamu hanya bercanda atau basa-basi. Kamu harus tau juga dong kesensitifan sebuah pertanyaan. Jangan sebut orang baperan, lantas kamu bisa bertanya seenaknya. Ayo, lebih bijak, ya.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Orang-orang yang Gampang Illfeel

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya