Comscore Tracker

Jika 5 Kebiasaan Ini Dikurangi, Kamu Pasti Banyak Temannya!

Menjadi manusia yang lebih positif lagi 

Dalam kehidupan ini, hubungan sosial antara manusia itu mutlak diperlukan. Kamu tentunya tidak bisa hidup seorang diri. Walau kamu tipe orang yang sulit bergaul, bukan berarti kamu tak ingin punya teman, bukan? Maka dari itu, dalam setiap fase hidup seperti sekolah dan bekerja pasti membuatmu harus memiliki pertemanan. 

Nah, tapi dalam hubungan sosial kadang ada beberapa sikap yang tak disukai oleh kebanyakan orang. Namun, jika kamu bisa membuang lima kebiasaan ini, maka temanmu pasti banyak. 

1. Menunggu disapa oleh orang lain

Jika 5 Kebiasaan Ini Dikurangi, Kamu Pasti Banyak Temannya!ilustrasi teman (pixabay.com/naassomz1

Kita sebagai orang Indonesia terbiasa dengan kegiatan saling menyapa. Walau mungkin kamu belum terlalu kenal orang tersebut atau sudah tahu namanya tapi belum terlalu dekat, tak ada salahnya menyapa duluan. Orang pada dasarnya sangat suka eksistensinya diakui oleh orang lain. Contohnya dengan disapa oleh orang.

Maka dari itu, biasakan mulai dari sekarang sapalah orang terlebih dahulu. Jika tak tahu namanya, cukup dengan ucapan "selamat pagi, siang, malam, halo, dsb". Hal ini akan membuka peluang untuk mendapatkan teman. 

2. Pelit dalam hal senyuman 

Jika 5 Kebiasaan Ini Dikurangi, Kamu Pasti Banyak Temannya!Ilustrasi misterius (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Sama halnya dengan sapaan, senyuman juga merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Jadi, rasanya bukan hal yang aneh jika melemparkan senyum kepada orang meski baru kenal. Karena ini menunjukkan diri kamu terkesan low profile dan supel. Sehingga orang tak akan ragu untuk melakukan komunikasi denganmu. 

Terkadang bukan orang lain yang cuek, namun kamunya yang membuat citra diri terkesan dingin, karena jarang senyum. Sehingga mana ada orang yang akan mau menjalin hubungan denganmu? Yang ada takut jadinya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berada di Lingkaran Pertemanan yang Kurang Tepat

3. Maunya didengarkan, namun tak bisa jadi pendengar yang baik

Jika 5 Kebiasaan Ini Dikurangi, Kamu Pasti Banyak Temannya!Ilustrasi pertemanan (pixabay.com/Pexels)

Tentunya ini berlaku saat sedang terjadi obrolan. Memang sifat manusia itu selalu ingin didengar. Namun, jangan lupa untuk jadi pendengar yang baik juga. Jangan selalu meminta waktu orang lain untuk curhat, namun ketika orang lain curhat kamu malah sibuk sendiri dan terkesan tak mendengarkan. Apalagi kemudian lantas men-judge orang tersebut.

Orang sejatinya hanya perlu didengar. Mereka rata-rata sudah tahu apa yang perlu dilakukan. Hanya memang rasanya lebih lega jika bisa menceritakan apa yang dirasa kepada orang lain. 

4. Malu dengan latar belakang sendiri 

Jika 5 Kebiasaan Ini Dikurangi, Kamu Pasti Banyak Temannya!Ilustrasi masalah karier (pixabay.com/BLACK17BG)

Malu dengan latar belakangmu malah akan membuat dirimu terkesan hidup dalam dunia halu. Misalnya, karena takut tak ada yang mau berteman, kamu jadi pura-pura kaya dan bak sosialita. Padahal, penghasilan pas-pasan. Akhirnya kamu sendiri yang repot dan akan terlihat sangat fake di mata orang lain. 

Maka dari itu, tak perlu menyembunyikan apa pun saat ingin berteman. Semakin kamu terlihat fake, orang malah akan menjauh dan memilih tak berteman dengan dirimu. 

5. Jutek dalam tutur kata dan perbuatan 

Jika 5 Kebiasaan Ini Dikurangi, Kamu Pasti Banyak Temannya!Ilustrasi pria kuat (pixabay.com/Free-Photos)

Walau biasanya orang yang demikian selalu bersembunyi di balik istilah "biar kelihatan jutek tapi tidak fake", namun tetap saja tutur kata yang baik dengan nada dan intonasi ringan adalah hal yang disukai orang lain. Tak perlu dengan nada bicara yang sok dan menggurui orang lain. Bersikaplah sama kepada semua orang tanpa melihat statusnya.

Jangan dengan atasan bicaranya sopan sekali, namun dengan orang bawah bicara seakan-akan kamu yang memberi mereka makan. Kamu perlu ingat, bahwa mulut bisa jadi harimaumu. 

Gimana nih, ternyata tak sulit kan jika ingin memiliki teman yang banyak? Hanya tinggal kamu mau tidak mencoba mengurangi lima kebiasaan tersebut. Jangan sampai hidupmu kesepian karena sikapmu yang membuat orang takut berteman denganmu, ya.

Baca Juga: 5 Ciri bahwa Kamu Memiliki Lingkaran Pertemanan yang Sehat

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya