Comscore Tracker

5 Keuntungan jika Kamu Menyadari Nilai Diri Sendiri, Self Love Banget!

Punya value, tapi sudah sadar, belum?

Setiap manusia yang lahir di dunia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu termasuk orang yang menghargai diri sendiri, pastilah tidak asing dengan istilah value atau nilai diri sendiri. Dengan sadar akan value, sebenarnya kamu sudah sangat mengenal diri sendiri. 

Namun, tidak semua orang mengerti benar tentang nilai diri yang mereka miliki. Sebab, terlalu sibuk mencari jawaban atas ketidak sempurnaan yang dimiliki. Namun, kalau kamu termasuk orang yang sadar akan value diri sendiri, maka lima keuntungan ini akan serta merta mengikuti. Apa saja?

1. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi 

5 Keuntungan jika Kamu Menyadari Nilai Diri Sendiri, Self Love Banget!ilustrasi tersenyum (pixabay.com/RAEng_Publications)

Kalau kamu merasa sering kehilangan rasa percaya diri, mungkin penyebabnya adalah belum mengenal nilai diri sendiri. Kamu tentunya harus benar-benar mengetahui apa saja yang dimiliki, baik dan buruknya, baru setelah itu akan memiliki kepercayaan diri saat berinteraksi dengan orang lain. 

Jika kamu sadar akan value dalam diri sendiri, mau berhadapan sama orang sahebat apa pun, maka pasti dirimu tetap memiliki rasa kepercayaan diri. Karena kamu sadar betul tentang kapasitas serta kekurangan dalam diri sendiri. Jadinya, akan selalu percaya diri.

2. Punya standar dalam berperilaku dan bagaimana diperlakukan 

5 Keuntungan jika Kamu Menyadari Nilai Diri Sendiri, Self Love Banget!ilustrasi kerumunan (pixabay.com/StockSnap)

Orang yang sadar akan nilai dirinya biasanya akan membentuk sebuah standar bagaimana dia akan memperlakukan orang lain dan bagaimana orang lain harus memperlakukannya. Karena berperilaku adalah bagian dari harga diri seseorang. Normalnya, orang akan memperlakukan orang lain, sebagaimana dia diperlakukan.

Maka dari itu, orang yang sadar tentang nilai dirinya akan membuat sebuah standar perilaku. Ini akan membuat orang juga segan dalam berinteraksi denganmu. Jadi, tidak semua orang akan semena-mena dalam memperlakukanmu. Begitu pun kamu, punya pakem dalam berperilaku. 

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Talk Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

3. Tidak mudah merasa insecure 

5 Keuntungan jika Kamu Menyadari Nilai Diri Sendiri, Self Love Banget!ilustrasi merenung (pixabay.com/StockSnap)

Sebab orang yang mengenal dirinya sadar, bahwa kekurangan selalu berdampingan dengan kelebihan, maka dari itu walau punya kekurangan, kamu tidak akan mudah merasa insecure. Kalau selama ini kamu mudah sekali merasa insecure, mungkin karena dirimu belum begitu mengenal diri sendiri. 

Misalnya saja kamu memang bukan berasal dari keluarga yang berkecukupan. Namun secara akademis, kamu mampu bersaing dengan orang lain. Inilah yang akan membuat kamu ingat ketika hendak minder sama orang, bahwa walau ada kekurangan, masih ada kelebihan yang bisa mengangkat derajatmu. 

4. Mudah menentukan tipe pasangan ideal 

5 Keuntungan jika Kamu Menyadari Nilai Diri Sendiri, Self Love Banget!ilustrasi pasangan (pixabay.com/AdinaVoicu)

Kalau kamu sudah sadar akan nilai dirimu, pastinya dalam memilih pasangan kamu sudah tahu jelas tipe seperti apa yang akan cocok sama kamu. Akan sangat sulit memilih kandidat pasangan kalau sama diri sendiri saja kamu masih bingung. Maka dari itu, jangan pikir cari pasangan dulu sebelum benar-benar mengetahui value dalam diri.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, value ini akan membuat calon gebetan juga menghargai dirimu. Jangan sampai kesannya kamu tidak punya standar dan hidupnya terombang-ambing sama omongan orang lain. Sisi menarikmu bisa hilang seketika.

5. Tidak mudah untuk menyerah 

5 Keuntungan jika Kamu Menyadari Nilai Diri Sendiri, Self Love Banget!ilustrasi bekerja di kantor (pixabay.com/PaulLeng)

Perasaan ingin menyerah pasti senantiasa mengikuti. Apalagi jika masalah dirasa silih berganti dan tidak mudah untuk dilewati. Namun, ketika kamu sudah sadar akan value diri sendiri, ketika perasaan ingin menyerah muncul, pasti itu akan segera musnah. Ibaratnya, value adalah modal dalam menjalankan usaha.

Selama modal itu masih ada, walau masalah dan cobaan datang, kamu akan tetap berusaha dan bertahan. Sebab hal yang terpenting adalah tetap bertahan, bukan seberapa berat masalah itu sendiri. Semua itu akan terasa mudah ketika kamu sadar akan nilai diri sendiri.

Jadi, apakah saat ini kamu sudah sadar akan nilai diri sendiri? Walau orang lain berkata negatif tentang dirimu, ketika sadar punya sisi positif, maka pasti kamu bisa bertahan. Hal yang terpenting kamu harus sadar bahwa walau banyak kelemahan, tapi pasti ada kelebihan yang bisa membuatmu percaya diri. 

Baca Juga: 5 Self Love yang Jadi Tanda Orang Toksik, Sering Gak Disadari!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya