Comscore Tracker

5 Langkah Awal Meringankan Beban, Dibawa Santai Aja, Guys!

Hal ini membantu kamu mengurangi stres, lho

Permasalahan hidup zaman now yang paling banyak dirasakan anak muda adalah ketidak bahagiaan. Bukannya tidak bisa, namun terkadang sulit buat memutuskan bahagia. Ini disebabkan banyak hal, mulai dari insecure sampai karena kencangnya arus media sosial. Di mana sekarang kamu bisa melihat hidup seseorang secara mudah. 

Nah, alhasil dari situ kamu mulai membandingkan hidup dengan orang lain. Mulai merasa hidup tak adil, karena ada yang beruntung dan tidak. Kebahagiaan pun akhirnya sulit dirasakan. Tapi, berikut adalah lima langkah untuk mulai meringankan hidup sendiri. Cobain, deh.

1. Menerima siapa dirimu terlebih dahulu 

5 Langkah Awal Meringankan Beban, Dibawa Santai Aja, Guys!ilustrasi anak muda (pixabay.com/yogendras31)

Terkadang kamu selalu gembar-gembor bisa menerima pasangan yang notabenenya adalah orang lain. Tapi, belum tentu kamu bisa menerima diri sendiri. Padahal ini adalah yang terpenting dalam menjalani hidup. Kamu perlu kenal siapa dirimu sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan.

Hal ini memang sulit dilakukan. Tapi kalau kamu mulai mencoba untuk bisa menerima, pasti akan terasa efeknya. Salah satu di antaranya kamu bisa lebih fokus sama kelebihan daripada kekurangan. Dengan demikian kamu bisa fokus mengembangkan diri. 

2. Mengetahui medan pertandingan yang sesuai dirimu

5 Langkah Awal Meringankan Beban, Dibawa Santai Aja, Guys!ilustrasi olahraga (pixabay.com/StockSnap)

Kadang kamu merasa tidak bahagia karena tidak tahu dimana medan pertempuran yang sesungguhnya. Misalnya passion kamu sebenarnya di dunia seni. Tapi, karena orang-orang banyak yang bisnis kafe, akhirnya tanpa bekal apa pun kamu ikut-ikutan bikin kafe. Alhasil kalau hasilnya kalah jauh, dirimu tak bahagia.

Jadi dirimu harus mengetahui dimana sebenarnya bidang yang diinginkan. Jangan sampai harus ikut-ikutan orang lain karena merasa banyak orang yang melakukan. Kebahagiaan itu lahir dari dalam diri sendiri, bukan dari apa yang banyak dilakukan orang lain.

Baca Juga: Ingat 5 Hal Ini untuk Meringankan Beban Psikismu

3. Memilih hal yang memang ada dalam kendalimu dan yang tidak

5 Langkah Awal Meringankan Beban, Dibawa Santai Aja, Guys!ilustrasi menulis (pixabay.com/iqbalnuril)

Dalam hidup ini, ada hal yang memang ada dalam kendalimu, seperti emosimu, bakat, pekerjaan yang kamu lakukan dan sebagainya. Tapi, jangan lupa bahwa ada juga hal yang berada di luar kendalimu. Misalnya saja pendapat orang lain tentangmu, hasil pekerjaanmu, respons orang terhadap dirimu, dan sebagainya.

Hal ini tentunya harus kamu pilah-pilah. Jangan memikirkan apa yang memang berada di luar kendalimu. Fokus dan pikirkan yang memang menjadi tanggung jawabmu. Karena kalau dirimu fokus sama pendapat orang, hidup akan terasa berat karena tidak akan ada habisnya. 

4. Mensyukuri hal kecil setiap hari

5 Langkah Awal Meringankan Beban, Dibawa Santai Aja, Guys!ilustrasi kebahagiaan (pixabay.com/Free-Photos)

Bersyukurlah jika kamu disapa orang lain, tidak telat datang ke kantor, bisa makan siang bersama kawan, dan lain-lain. Yang awalnya kamu pikir itu adalah hal biasa saja. Tapi coba renungkan dengan baik, hal itu patut disyukuri juga. Karena semua berjalan dengan baik.

Bahkan kalau kamu tersandung tapi tak sampai jatuh ke tanah, itu pun wajib kamu syukuri. Karena mensyukuri hal-hal yang kecil bisa melatih dirimu jadi manusia yang bersyukur. Tidak terpaku sama anugerah besar saja. Karena setiap hari pun banyak yang harus kamu syukuri.

5. Meninggalkan mentalitas korban

5 Langkah Awal Meringankan Beban, Dibawa Santai Aja, Guys!ilustrasi kekebalan (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Mentalitas korban ini akan sangat membebani hidupmu. Karena kamu akan merasa sebagai korban dari kejahatan atau ketidak adilan dunia. Padahal, hidup itu tidak selalu bertemu dengan hal-hal baik saja. Ada kalanya hidup menemui hal buruk dan itu bukan berarti dunia jahat sama kamu.

Jangan sekali pun merasa beban diri paling besar. Sebaliknya hadapi supaya beban itu cepat berlalu darimu. Kalau kamu hanya fokus sama mengasihani diri sendiri, maka hidup pasti akan terasa sangat berat dan tak adil buatmu.

Jadi, memulai hidup yang lebih ringan itu bisa saja, kok. Intinya kamu harus kenal dengan diri dan menerima baik dan buruknya semua hal yang terjadi. Dengan demikian dirimu akan lebih siap dan positif karena menyadari ada banyak hal lain yang bisa disyukuri. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurang

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya