Comscore Tracker

5 Cara Simple Memupuk Rasa Toleransi dalam Dirimu, Gak Ribet Sumpah!

Untuk bisa bertoleransi adalah pilihanmu

Orang kadang terlalu sulit untuk bisa mengatakan kata yang satu ini. Bukan karena tidak bisa bicara, namun terjadi perang batin di dalam dirinya ketika melihat situasi yang berada di luar nalarnya. 

Padahal untuk bisa bertoleransi dengan sesama, tak diperlukan kuliah khusus atau gelar tertentu karena itu adalah keputusan pribadi. Nah, berikut 5 cara simple untuk bisa toleransi. Let's check the point.

1. Jangan merasa menanggung beban dosa semua orang

5 Cara Simple Memupuk Rasa Toleransi dalam Dirimu, Gak Ribet Sumpah!pixabay.com/KlausHausmann

Minimnya toleransi yang kadang terjadi dikarenakan sekelompok orang merasa akan keterancaman dunia jika orang yang memiliki perbedaan pandangan dengannya, tidak mengikuti apa yang mereka yakini. Padahal, tak ada satu titah tertentu bahwa dosa orang yang tak dikenal akan jadi dosa kamu juga. Jadi, mulailah berpikir akan kesalahanmu sendiri dan tidak menghakimi orang yang masih berseberangan, ya.

2. Jangan biasakan untuk selalu terlibat dengan masalah orang lain

5 Cara Simple Memupuk Rasa Toleransi dalam Dirimu, Gak Ribet Sumpah!pixabay.com/duy_ittn

Budaya gotong royong masyarakat Indonesia sangat dibanggakan oleh kita semua. Namun, budaya ini tentu harus melihat tempat dan kondisinya. Tidak semua masalah orang lain menuntut kita bergotong royong membantunya. Lain halnya jika memang orang lain tersebut menceritakan dan meminta bantuan kepada kita. Namun, selebihnya usahakan jangan suka mencampuri urusan orang yang tidak merugikan diri kita sebenarnya. 

Baca Juga: 5 Makna Toleransi Ini Perlu Kamu Camkan, Bukan Sekadar Menghormati

3. Tanamkan nilai kemanusiaan di atas embel-embel tertentu

5 Cara Simple Memupuk Rasa Toleransi dalam Dirimu, Gak Ribet Sumpah!pixabay.com/TeroVesalainen

Terlepas dari apa pun warna kulit, suku, bahasa, dan agama yang kita miliki, kita semua tetap sama, yakni kita adalah manusia. Manusia memiliki haknya atas kehidupan yang nyaman dan aman. Maka dari itu, lepaskanlah embel-embel di atas ketika kita berinteraksi dengan orang lain. Pandanglah mereka sebagai sesama manusia dengan kita.

4. Bergaullah sebanyak mungkin dengan berbagai jenis orang

5 Cara Simple Memupuk Rasa Toleransi dalam Dirimu, Gak Ribet Sumpah!freepik.com

Ayo, keluar dari rumahmu dan temuilah banyak orang di luar sana. Bangun komunikasi dan interaksi untuk bisa punya teman yang banyak di lingkungan sosial kamu. Dengan demikian kamu akan merasakan manisnya rasa kebersamaan dalam perbedaan. Betapa bahagianya kita saling mengunjungi teman saat hari besar agama mereka. Dengan pergaulan yang luas, pemikiranmu akan lebih terbuka dalam menilai sesuatu.

5. Pandanglah perbedaan sebagai warna kehidupan

5 Cara Simple Memupuk Rasa Toleransi dalam Dirimu, Gak Ribet Sumpah!pixabay.com/xusenru

Tak ada manusia yang memiliki pola pikir yang sama denganmu, bahkan saudara kembar identik sekalipun memiliki pola pikir yang berbeda. Lantas tak perlu kamu susah payah untuk menyamakan semua hal. Pandanglah perbedaan sebagai warna dalam kehidupan kamu, agar tidak membosankan. Bukankah lebih baik memiliki banyak jenis pakaian daripada 1 jenis pakaian?

Nah, guys, itu dia 5 cara simple untuk memupuk rasa toleransi dalam diri kita masing-masing. Jangan rusak suasana yang sudah damai hanya karena perbedaan pandangan masyarakat ya!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengajarkan Toleransi pada Anak Sedini Mungkin

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya