Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menghadapi Rencana yang Berantakan Akibat COVID-19

Menghadapi perubahan dari rencana semula

Seiring merebaknya virus corona di Indonesia, maka banyak pula rencana yang terpaksa harus dibatalkan. Liburan, pernikahan bahkan pekerjaan. Kerugian materi pun tak bisa dimungkiri membuat kita sedikit kesal dengan situasi ini. 

Walau bagaiamanapun, kita tidak bisa mengubah keadaan. Nah, berikut 5 cara bijak menghadapi rencana yang gagal akibat virus corona. Let's check the point.

1. Jangan fokus pada kesedihannya

5 Cara Bijak Menghadapi Rencana yang Berantakan Akibat COVID-19Dok.Pribadi/Laurensius Aldiron

Memang seperti yang dikatakan di awal, pasti kalian sedih, marah dan kesal. Tapi kalian pun gak tahu harus menumpahkannya kepada siapa, karena kamu juga tahu ini adalah bencana dunia. Namun di sini, kamu harus segera sudahi kesedihan kamu.

Kembalilah berpikir rasional. Toh, dengan meratap terus menerus, tidak akan mengembalikan rencana kamu yang semula. Semakin kamu sedih terus, semakin susah pula kamu untuk move on.

2. Usahakan hibur diri sendiri terlebih dahulu

5 Cara Bijak Menghadapi Rencana yang Berantakan Akibat COVID-19Dok.Pribadi/Laurensius Aldiron

Setelah sedih bisa kamu atasi, ayo coba hibur diri kamu sendiri di rumah. Cari sarana hiburan dengan mungkin menonton film, mendengarkan musik ataupun memasak. Dengan demikian kamu akan merasa lebih baik. Jangan sok kuat dengan tidak menghiraukan hati kamu yang sakit. Cara mengobatinya saat ini, hanya kamu dan hal yang kamu senangi yang bisa mengobatinya.

Baca Juga: 7 Pelampiasan Stres Ini Hanya Akan Bikin Kamu Semakin Stres

3. Berhenti menyalahkan orang atau keadaan

5 Cara Bijak Menghadapi Rencana yang Berantakan Akibat COVID-19pixabay.com/JerzyGorecki

Namanya manusia, kalian pasti lebih suka ada yang bertanggung jawab atas kerugian kamu. Lebih lagi, kamu jangan pernah mencoba menyalahkan siapa pun, orang sekitar atau pemerintah atas hancurnya rencana kamu. 

Semakin kamu menyalahkan, semakin kamu tidak bisa move on dan akan kembali down. Mirisnya, kamu juga tidak akan dapat respon dari penyalahanmu terhadap orang lain.

4. Coba cari jalan tengah dan koordinasikan dengan pihak terkait

5 Cara Bijak Menghadapi Rencana yang Berantakan Akibat COVID-19pixabay.com/StartupStockPhotos

Semisal kamu masih bisa mengatur ulang rencana kamu, setidaknya kamu bisa menjadwalkan ulang lagi dan koordinasikan dengan pihak terkait. Yakinlah bahwa semua akan mengerti, karena ini merupakan wabah internasional. 

Jika memungkinkan kamu hanya perlu menunggu hingga situasi aman, ya kalian tunggu saja sampai harinya tiba. Namun, jika terpaksa ditiadakan, berbesar hatilah, karena ini untuk kepentingan kesehatan bersama.

5. Tetap patuhi himbauan pemerintah dan bersabar

5 Cara Bijak Menghadapi Rencana yang Berantakan Akibat COVID-19pexels.com/Abdulrahman Abu Shaer

Jangan sekali-kali nekat dan coba menantang pemerintah. Ingat, jika kamu egois dan memaksakan kehendak kamu dengan melakukan hal-hal yang sejatinya dilarang, seperti memgumpulkan masa, maka kamu sama saja memperpanjang rantai COVID-19 dan tentu malah kamu yang akan menanggung akibatnya. 

Nah guys, itu dia 5 cara bijak menghadapi rencana yang jadi gagal karena wabah COVID-19. Semoga keadaan cepat membaik dan kalian bisa melakukan hal yang sudah kalian rencanakan, ya.

Baca Juga: 7 Film Drama Komedi yang Akan Mencerahkan Hari-harimu di Rumah

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya