Comscore Tracker

Menghindari 5 Sikap Ini Berarti Menyelamatkan Dirimu dari Bullying

Terkadang sikap kita sendiri jadi penyebabnya

Kasus bully akhir-akhir ini cukup sering terdengar terjadi di beberapa daerah. Tidak hanya kota besar, namun bullying bisa terjadi di manapun. 

Memang bullying bukan merupakan sebuah tindakan yang dapat diprediksi kepada siapa akan terjadi. Namun, ternyata ada beberapa sikap yang rentan membuat kita di bully. Apa saja?

1. Terlalu menyombongkan diri

Menghindari 5 Sikap Ini Berarti Menyelamatkan Dirimu dari BullyingPexels/Tess Emily Seymour

Mungkin saja kamu anak orang kaya atau kamu memiliki kemampuan khusus yang bisa membuatmu terkenal di sekolah. Namun, jangan sampai kamu jadi sombong atas karunia dari Tuhan tersebut.

Orang - orang yang tidak menyukaimu justru malah semakin ingin membully kamu jika kamu memiliki sikap sombong. Maka, bersikaplah rendah hati dan tidak usah show off berlebihan ya. 

2. Suka menyendiri

Menghindari 5 Sikap Ini Berarti Menyelamatkan Dirimu dari Bullyinguk.style.yahoo.com

Orang - orang yang suka membully suka menyasar orang yang dianggap lemah dengan salah satu cirinya adalah suka menyendiri dan tidak suka bergaul dengan lingkungan sekitarnya. 

Hal ini bisa terjadi karena mereka menganggap tidak akan ada orang yang membela kamu, karena kamu tidak suka bergaul. Maka, walaupun kamu introvert, setidaknya milikilah beberapa teman di sekolah agar kamu tidak dicap sebagai anak yang anti sosial.

3. Terlalu ambisius

Menghindari 5 Sikap Ini Berarti Menyelamatkan Dirimu dari Bullyingunsplash.com/Tim Gouw

Ambisi adalah hal yang wajar dimiliki oleh seseorang. Bahayanya jika ambisi berubah menjadi ambisius. Kamu tidak hanya akan mengganggu lingkungan sekitar dengan sikap ambisusmu itu, namun juga para pembully

Orang yang suka membully umumnya suka bertindak sok kuasa dan sok jago. Maka mereka sangat tidak menyukai orang yang ambisius, karena dianggap menyaingi mereka. Maka sebaiknya kamu mengurangi sikap ambisius mulai dari sekarang ya. 

Baca Juga: Yang Perlu Kita Bicarakan Saat Membincangkan Bullying

4. Terlalu mudah marah atau emosional

Menghindari 5 Sikap Ini Berarti Menyelamatkan Dirimu dari Bullyingtheladders.com

Terkadang, reaksi marah atau kesal adalah reaksi yang diharapkan oleh orang yang suka membully. Beberapa suka memang memancing amarah dari korbannya. 

Maka, jika kamu termasuk orang yang emosional, maka sebaiknya kamu kurangi dari sekarang jika tidak ingin menjadi korban bullying

5. Suka cari perhatian

Menghindari 5 Sikap Ini Berarti Menyelamatkan Dirimu dari Bullyingpixabay.com/thisismyurl

Seseorang yang suka bertindak alay untuk mendapatkan perhatian dari khalayak sekitar juga rentan menjadi korban bully. Ini lagi - lagi terjadi karena pembully biasanya suka menyadarkan korbannya jika mereka adalah power yang kuat. 

Sehingga jika si korban ini cenderung suka cari perhatian, maka akan rentan menjadi sasaran orang yang suka membully. 

Nah guys, itu dia 5 sikap yang rentan menjadi korban bullying. Kita tidak pernah tau kapan bullying akan terjadi dan dengan siapa kita dibully. Maka dari itu, dengan menghindari 5 sikap di atas, kita bisa meminimalisir terjadinya bully di lingkungan sekitar.

Baca Juga: 5 Penyebab Bullying Masih Sering Terjadi pada Anak-anak di Sekolah

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya