Comscore Tracker

Walau Lagi Single, Jangan Sampai Kamu Merasakan 5 Hal Ini!

Single bukan berarti menderita, kok #IDNTimesLife

Kamu mungkin tidak pernah berencana untuk jadi single dalam waktu yang agak lama. Namun, terkadang apa yang direncanakan tidak selamanya sesuai dengan kenyataan. Faktanya saat ini kamu tetap sendiri. Walau sudah membuka hati kepada beberapa orang, namun rasanya sulit menemukan yang pas. Alhasil predikat jomlo masih melekat pada dirimu.

Namun, walau masih jomblo atau single sampai sekarang, jangan pernah kamu merasakan lima hal ini. Coba, deh direnungkan. 

1. Merasa hidup tidak bahagia 

Walau Lagi Single, Jangan Sampai Kamu Merasakan 5 Hal Ini!Ilustrasi kesedihan (pixabay.com/StockSnap)

Memang tak dapat dimungkiri bahwa saat kamu sedang sendiri, biasanya perasaan galau akan menghampiri. Namun, jangan sampai perasaan itu muncul setiap saat. Walau single, kamu masih bisa bahagia. Karena kebahagiaan datang dari dalam diri sendiri. Kamulah pemegang kendalinya.

Sebanyak apa pun orang yang berada di dekatmu, jika dalam hatimu tak mampu bahagia, juga tak akan membuat kebahagiaan datang. Jadi, dirimulah yang bisa memutuskan untuk bisa bahagia dengan atau tanpa pasangan. 

2. Merasa diri tidak menarik sehingga tak layak dicintai 

Walau Lagi Single, Jangan Sampai Kamu Merasakan 5 Hal Ini!Ilustrasi mabuk (pixabay.com/rebcenter-moscow)

Perasaan ini akan muncul seiring dengan lamanya masa single itu. Masa ini disebut juga sebagai saat insecure diri. Kamu mungkin mulai merasa tampilan fisik kurang menarik, sehingga tak ada orang yang mau serius denganmu. Padahal, ada kok yang tampilan fisiknya biasa saja tapi dia memiliki pasangan yang baik.

Semua hanya tentang waktunya. Waktumu bukanlah waktu Tuhan. Boleh saja merawat dan mengusahakan supaya tampilan fisik menarik. Namun, jangan pernah mengutuk diri sendiri, menilai diri bahwa kamu tidak menarik. Ini hanya masalah waktu.

Baca Juga: 5 Hal Istimewa yang Hanya Dirasakan Saat Masa Jomblo, Bebas!

3. Menurunkan standar dalam mencari pasangan 

Walau Lagi Single, Jangan Sampai Kamu Merasakan 5 Hal Ini!Ilustrasi insecure (pixabay.com/Free-Photos)

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mungkin akan berkomentar bahwa mungkin standarmu ketinggian dalam mencari pasangan. Padahal faktanya, tidak ada standar yang ketinggian. Hanya realistis atau tidak. Jika memang kamu merasa layak mendapat kriteria tersebut, jangan ragu sedikit pun.

Setiap orang berhak mendapat pasangan yang terbaik--dan kamu salah satunya. Jangan lantas mengobral cinta dan menurunkan harga diri hanya untuk mendapatkan pasangan. Yang ada malah kamu hanya jadi teman satu malam saja. 

4. Iri kepada orang lain sehingga bersikap dingin kepada orang sekitar 

Walau Lagi Single, Jangan Sampai Kamu Merasakan 5 Hal Ini!Ilustrasi wanita marah (pixabay.com/RobinHiggins)

Walau single, jangan pernah bosan dalam berbuat baik dan ramah kepada orang lain. Orang lain tidak memiliki masalah apa pun terhadap kondisimu saat ini. Bersikap dingin terhadap orang lain malah akan menjauhkan dirimu dari jodoh yang sudah disiapkan. Karena tak akan ada orang yang mau dengan pasangan yang jutek. Jadi, jangan lelah untuk bersikap positif terhadap orang sekitar, ya.

5. Pasrah dan menganggap kamu tidak akan pernah mendapat pasangan 

Walau Lagi Single, Jangan Sampai Kamu Merasakan 5 Hal Ini!Ilustrasi pria skeptis (pixabay.com/engesser44)

Yang terakhir, kamu merasa bahwa sampai kapan pun, tidak akan ada orang yang akan menemani hidupmu. Secara fakta, memang ada orang yang ditakdirkan untuk hidup melajang, jika Tuhan berkehendak. Namun, jangan punya pikiran itu dulu sebelum kamu benar-benar menemukan kebahagiaan dalam hidup sendiri.

Selama masih ada waktu dan nafas yang keluar dari dalam hidungmu, jangan berhenti untuk menyerah. Percayalah, jodoh terbaik memang tidak akan cepat datangnya. Supaya kamu benar-benar belajar sikap dan karakter seseorang yang perlu kamu hindari dalam hidup. 

Jadi, walau single jangan sekali-kali mengutuk diri sendiri. Ini hanya masalah waktu dan kamu tetap harus berusaha. Tetap pegang standar dalam mencari pasangan. Percayalah yang terbaik segera manantimu di akhir pencarian. Semangat, ya.

Baca Juga: 5 Amalan yang Bisa Dilakukan agar Cepat Dapat Jodoh, Jangan Lupa Salat

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya