Comscore Tracker

5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam Hidupmu

Kamu harus tau limit dalam hidupmu

Guys, pada hakekatnya manusia itu tidak pernah merasa cukup. Ilmu ekonomi pun mengatakan semakin tinggi pendapatan seseorang, maka semakin besar pula pengeluaran orang tersebut. 

Namun, jika kamu selalu merasa kurang, maka kamu sendiri akan kesusahan sampai kapan pun. Nah, berikut lima hal pentingnya membuat standar cukup dalam hidupmu. 

1. Mengajari kamu rasa bersyukur

5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam Hidupmuwanderlustworker.com

Bersyukur, kata yang mungkin sering kali kita katakan, namun kita lupa untuk mempraktikkannya. Rasanya manusia zaman sekarang itu sulit sekali bersyukur akibat melihat kehidupan orang yang mungkin jauh lebih kaya dan terkenal.

Padahal, jika kamu masih bisa bangun di pagi hari saja, rasa syukur itu sudah seharusnya terucap olehmu. Kadang syukur dikaitkan dengan pencapaian besar, namun kita lupa banyak pula hal kecil yang harus kita syukuri. Sudah bersyukur hari ini? 

2. Membuatmu memiliki waktu untuk menikmati hasil pencapaianmu

5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam HidupmuIDN Times/Laurensius Aldiron

Setiap hari kita bekerja untuk mengumpulkan harta demi katanya kebahagiaan. Namun, kita lupa kapan memiliki waktu atas puluhan saldo ATM yang bisa kamu nikmati? 

Berbeda jika kamu membuat standar cukup bagimu, kamu akan tau kapan harus bekerja dan kapan kamu akan menikmati hasil jerih payahmu. Berapa banyak sih sekarang orang kaya yang akhirnya pergi ke luar negeri, namun untuk berobat? 

Baca Juga: 10 Mindset Agar Hidup Bahagia yang Justru Sering Dilupakan Orang

3. Menghindari stress yang bisa mengganggu kehidupanmu

5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam Hidupmusfatulparintilor.ro

Manusia pasti memiliki potensi mengalami stress. Namun, kebanyakan stress itu dibuat sendiri oleh manusia, akibat tak memiliki standar cukup dalam hidupnya. Selalu merasa kurang, selalu merasa orang lain lebih kaya.

Jika terus demikian maka stress pasti adalah sahabat karibmu. Sedangkan, banyak efek negatif akibat stress baik ke kesehatan tubuh maupun mentalmu. Come on, hidup ini singkat, guys! Jangan sampe stress, ya. 

4. Membatasi kamu dari hedonisme

5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam Hidupmufreepik.com

Nah, ini biasanya penyakit anak muda yang mulai bermunculan zaman sekarang. Terlalu hedon dan akhirnya boros. Apalagi sekarang difasilitasi dengan pinjaman online yang memudahkan orang untuk berutang.

Guys, hedonisme itu adalah penyakit yang sangat sulit untuk dihilangkan. Kamu akan membuat hidupmu dan juga keluargamu menjadi tidak bahagia jika kamu terus menerus boros dan berutang. Sebaiknya jika bibit hedonisme itu mulai tumbuh, segera kamu basmi ya guys!

5. Mengajarimu tentang berbagi dengan sesama

5 Manfaat Pentingnya Membuat Standar Kecukupan dalam Hidupmuuckg.co.nz

Mengerti standar cukupmu setelah kamu membuatnya, tentunya akan membuatmu sadar jika kamu sudah mencapainya, maka kamu bisa membantu orang di sekitarmu dan menjadi berkat bagi mereka.

Itu karena orang yang membuat standar cukup adalah orang yang tidak serakah. Sehingga, tangannya akan selalu siap membantu orang lain yang membutuhkan.

Nah, itu dia pentingnya membuat "standar cukup" dalam hidup kamu. Berpeganglah pada istilah "di atas langit, masih ada langit", sehingga baiknya tetaplah kamu menginjak bumi dan menikmati panoramanya dengan oksigen yang tentunya tersedia secara cuma-cuma.  

Baca Juga: 5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anak

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya