Comscore Tracker

5 Hal yang Tak Perlu jadi Kekhawatiranmu jika Ingin Bahagia

Karena ini semua ada di luar kendalimu

Banyak hal dalam hidup ini yang kadang tak sesuai dengan ekspektasi atau keinginan dirimu. Jujur, siapa yang sering merasakan hal ini? Ya, memang manusia sulit untuk bisa puas dengan apa yang mereka dapatkan. Ketika ada hal lain yang lebih baik, pastinya naluri manusia selalu ingin jadi seperti yang lainnya juga.

Alhasil banyak orang di zaman sekarang sangat sulit buat bahagia. Padahal, banyak hal juga dalam hidup yang patut disyukuri. Nah, kalau kamu ingin bahagia dalam hidup, sebenarnya cukup tak perlu mengkhawatirkan lima hal ini secara berlebihan. Apa saja?

1. Pendapat orang lain terhadapmu 

5 Hal yang Tak Perlu jadi Kekhawatiranmu jika Ingin Bahagiailustrasi rapat (pixabay.com/Cozendo)

Penilaian orang atau pendapat mereka terhadapmu adalah hal yang ada di luar kendali dirimu. Sebaik apa pun kamu sama mereka, jika dari awal memang mereka tak suka sama kamu, hal ini tidak akan berarti buat mengubah penilaian mereka. Solusinya, tetaplah berbuat hal yang baik sesuai dengan dirimu. 

Orang baik tak perlu alasan untuk melakukan kebaikannya. Dikarenakan, mereka memang terlahir seperti itu. Jadi, tak peduli orang akan menilai seperti apa, kamu harus tetap berbuat baik. Jangan mengharapkan orang akan selalu mengagumi dirimu. 

2. Bentuk fisikmu

5 Hal yang Tak Perlu jadi Kekhawatiranmu jika Ingin Bahagiailustrasi selfie (pixabay.com/Sammy-Sander)

Memang ini sangat sulit buat tidak dikhawatirkan. Apalagi memasuki usia di mana naluri mencari jodoh sangat menggebu-gebu. Tapi, belajarlah buat menerima dan merawat apa yang sudah diberikan dan diciptakan Tuhan pada kamu. Toh, Kamu boleh merawatnya, karena dunia kecantikan semakin maju.

Jadi, kamu tak perlu khawatir orang tak akan suka dirimu karena fisik. Setiap orang punya pasarnya masing-masing. Ada yang suka orang sedikit berisi, ada yang suka kulit eksotis, dan sebagainya. Maka dari itu kenapa harus khawatir? Bukannya hanya perlu mencari yang suka tipe seperti kamu?

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!

3. Seberapa banyak yang sudah kamu kumpulkan dari kerja keras

5 Hal yang Tak Perlu jadi Kekhawatiranmu jika Ingin Bahagiailustrasi keuangan (pixabay.com/HeungSoon)

Setiap orang itu memulai sesuatu dari start yang berbeda-beda. Tak mungkin semua orang itu memulai dari bawah. Karena pada nyatanya ada juga orang yang hidupnya lebih beruntung karena lahir di keluarga yang berada. Jadi tak perlu khawatir sudah berapa banyak yang kamu kumpulkan.

Kalau memang belum banyak tapi kamu bisa menjadi tulang punggung keluarga, hal itu juga merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Karena yang terpenting adalah bukan seberapa banyak yang sudah kamu kumpulkan, tapi seberapa banyak yang bisa kamu nikmati. 

4. Ketakutan kalau ditinggal orang yang kamu cintai

5 Hal yang Tak Perlu jadi Kekhawatiranmu jika Ingin Bahagiailustrasi hubungan asmara (pixabay.com/brenkee)

Ditinggal baik karena perpisahan, perselingkuhan atau bahkan kematian, juga merupakan hal di luar kendalimu. Maka sebanyak apa pun kamu takutkan dan khawatirkan, malah akan semakin membuat dirimu stres sendiri. Bahagia pun akhirnya sulit buat dirasakan.

Jadi, kamu harus menerima bahwa ada kekuasaan lain yang menentukan masa dirimu bersama dengan orang yang disayang. Jika memang dia harus pergi, berarti kamu dinilai mampu untuk bisa melewati masa sulitnya nanti.

Jadi, jangan khawatir, karena lebih baik menikmati masa bersama orang yang disayang sebaik mungkin. 

5. Promosi dalam karier

5 Hal yang Tak Perlu jadi Kekhawatiranmu jika Ingin Bahagiailustrasi seragam (pixabay.com/Utility_Inc)

Apa pun saat ini pekerjaanmu, syukuri dan nikmatilah. Apalagi jika kamu bisa mengerjakan apa yang memang menjadi hobi dan kesukaan. Sehingga bekerja itu rasanya seperti menjalani hobi setiap hari. Jadi, tak perlu khawatir masalah promosi dan tingkatan karier. Waktu yang akan membuat dirimu semakin layak buat menjabat di posisi tertentu.

Fokusmu harusnya sama kebahagiaan dan rasa nyaman saat menjalani pekerjaan tersebut. Bukan sama posisi tertentu. Bagus memang untuk motivasi, tapi kalau kamu belum siap untuk posisi yang lebih tinggi jangan kecewa juga. Karena pengalaman yang akan membuatmu naik jabatan. 

So, apakah kamu masih sering mengkhawatirkan lima hal di atas? Yuk, coba untuk lebih santai dan berpikir positif. Waktu hidup tak ada yang pernah tahu. Jalani hidup dengan kebahagiaan walau kadang memang ada rasa khawatir. Tapi, percayalah Tuhan tak ingin kamu hidup dalam kecemasan. 

Baca Juga: 5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhana

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya