Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan ketika Sadar Terjebak Zona Nyaman!

#ANGPOIN Pertanyaannya berani atau tidak?

Suatu fase kehidupan selalu memberikan satu kesan yang akan kamu rasakan. Seyogyanya dalam menjalaninya, harus dengan semaksimal mungkin. Misalnya kalau waktunya belajar, belajarlah sebaik mungkin. Kalau waktunya kerja, kerjakan dengan maksimal.

Namun dalam suatu momen, kadang kamu merasa kalau selama ini terjebak dalam zona nyaman. Berikut lima cara yang bisa dilakukan jika merasakan demikian. 

1. Pastikan memang zona nyaman itu memang pas untukmu

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan ketika Sadar Terjebak Zona Nyaman!pixabay.com/expresswriters

Misalkan saja, kamu seorang karyawan. Setiap harinya pekerjaannya tidak terlalu banyak, bahkan waktunya kebanyakan nganggur. Tentunya kamu akan dibuat nyaman dengan keadaan ini. Namun, apakah itu sudah menjadi suatu hal yang kamu dambakan? 

Tidak inginkan lebih menantang diri dan menggunakan ilmu yang sudah dipelajari selama ini? Itu harus kamu pertimbangkan, apalagi jika masih muda.

2. Ada kemauan untuk berubah

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan ketika Sadar Terjebak Zona Nyaman!pixabay.com/cuncon

Tak ada suatu hal yang bisa dikerjakan jika tidak didasari dari kemauan pribadi. Walau sudah sadar lagi terjebak di zona nyaman, kalau tidak ada kemauan berubah, maka hal itu akan percuma. 

Merubah suasana yang sudah menjadi rutinitas tentu tidak mudah. Butuh penyesuaian kembali. Namun, jika kamu yakin ini demi kebaikan masa depan, kenapa tidak berani dilakukan?

Baca Juga: 5 Caranya Supaya Bisa Keluar dari Zona Nyaman, Hidup Bebas Stagnan!

3. Sadari konsekuensi dari perubahan tersebut 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan ketika Sadar Terjebak Zona Nyaman!pixabay.com/stevedimatteo

Bisa jadi perubahan itu malah akan lebih membuatmu mengeluarkan tenaga dan usaha yang lebih banyak dari biasanya. Namun, jika memang ini yang terbaik buatmu, semua hanya perlu waktu penyesuaian untuk melakukan. Sekali lagi, butuh niat dan kemauan seperti poin sebelumnya. 

4. Jangan langsung menilai buruk perubahan yang sedang terjadi 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan ketika Sadar Terjebak Zona Nyaman!pixabay.com/Pexels

Biasanya saat pada kondisi baru ternyata kamu jadi lebih capek atau lebih sibuk dari biasanya, secara tidak sadar kamu jadi malah menyalahkan diri sendiri dan menyesal telah berubah.

Menilai terlalu awal jika kamu salah mengambil keputusan rasanya tidak bijak karena semua butuh proses adaptasi. 

5. Lebih dengar hati nurani daripada pendapat orang lain

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan ketika Sadar Terjebak Zona Nyaman!pixabay.com/DanaTentis

Sadar akan situasi hidupmu itu rata-rata disadari oleh diri sendiri. Orang mungkin menilai kamu sekarang sudah di posisi yang tepat. Namun, jika dari hati tak sependapat, kamu tentu harus mendengarkan suara hati sendiri. Jangan biarkan orang lain yang akhirnya membuat keputusan atas dirimu. 

Terjebak dalam zona nyaman bisa cepat atau lambat sadarnya. Namun, itu semua tergantung dengan diri sendiri. Mau berubah atau memang sudah merasa pas dan nyaman. Semuanya harus dipertimbangkan secara masak sebelum melakukannya. 

Baca Juga: 5 Hikmah Kalau Kamu Berani Keluar dari Zona Nyaman & Mencoba Hal Baru

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya